DAMPAK COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI Mts Al-ASYHAR BUNGAH GRESIK

Authors

  • Isa Anshori UIN SUNAN AMPEL SURABAYA, Indonesia
  • Zahro'ul Illiyyin UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v3i2.803

Abstract

Coronavirus merupakan sebuah wabah yang tidak terduga yang dapat dikatakan sebagai krisis kesehatan, pada saat ini sosial distancing sangat digunakan untuk memutuskan rantai penularan wabah ini sehingga untuk melakukan segala pekerjaan dan pendidikan. Perkembangan  teknologi sangat berpengaruh untuk dapat membantu aktivitas agar tetap berjalan semestinya, meskipun dilakukan hanya dari rumah saja. setiap orang diharuskan untuk dapat menggunakan teknologi yang setiap harinya terus berkembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari informasi bagaimana dampak wabah covid 19 ini dapat mempengaruhi pendidikan islam di Mts Al-Asyhar Bungah Gresik, dan cara menyikapi sebagai tenaga pendidikan dan siswa untuk menghadapi pandemi yang sedang terjadi saat ini. Metode yang digunakan yaitu dengan studi literatur yang dilakukan dengan cara mencari beberapa sumber dari jurnal, artikel, dan berita. dan penelitinnya menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk mencari informasi kendala dan dampak dari Covid 19 terhadap kegiatan proses belajar mengajar di sekolah Mts Al-Asyhar.  Hasil dari penelitian ini yaitu manajemen dalam lembaga pendidikan sangat berperan penting dalam mengatur pendidikan yang harus tetap mempertahankan mutu sumber daya manusia yang berkualitas meskipun dalam situsi pandemi yang terjadi saat ini dengan melakukan pembelajaran secara online dengan menggunakan teknologi yang saat ini telah berkembang

References

Agus Purwanto dkk. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasarâ€. Journal of education, psychology, and counselling. Vol 2 (1). 2020

Ahmad falah. “STUDI ANALISIS ASPEK-ASPEK KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 01 KARANGMALANG GEBOG KUDUSâ€. Vol 3 (1). 2015

Isa Anshori. “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah†Islamic Education Journal 1 (2). Desember 2017

Karolin Rista dan Eko April Ariyanto. “Pentingnya Pendidikan & Meningkatkan Motivsi Belajar Anakâ€. jurnal Abdikarya. Vol 1(2). Desember 2018.

Kasmawati. “IMPLEMENTASI PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMâ€. JURNAL IDAARAH. Vol III (1). juni 2019

Manda. “ FUNGSI PENGORGANISASIAN DAN EVALUASI PESERTA DIDIKâ€, Journal of islamic Education Management. Vol 1 (1). oktober 2016

Moh. Ainin dkk. “Eksplorasi Program Pembinaan Pelaksana pendidikan pendekatan School Based Management pada Madrasah Tsanawiyah kawasan pinggiran, pedesaan, dan terpencil di Jawa Timurâ€. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN. Vol 20 (1). April 2013

Sigit Priatmoko. “MEMPERKUAT EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA 4.0â€. jurnal studi pendidikan islam. Vol 1 (2). Juli 2018.

Syamsuddin. “PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKANâ€. JURNAL IDAARAH. Vol 1 (1). Juni 2017

Wahyu Aji Fatma Dewi. “DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASARâ€. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 (1). April 2020

Published

2020-07-22

How to Cite

Anshori, I., & Illiyyin, Z. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI Mts Al-ASYHAR BUNGAH GRESIK. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 181–199. https://doi.org/10.30868/im.v3i2.803

Citation Check