STRATEGI PENGEMBANGAN SEKOLAH BERBASIS CORE COMPETENCIES: MENGINTEGRASIKAN KEUNGGULAN INTERNAL

Authors

  • Gozali Gozali STIQ Assyifa Subang, Indonesia
  • Aceng Amrullah MAS Nurulhuda Cisurupan Garut, Indonesia
  • Ahmad Hadis Zenal Mutaqin MAN 2 Cianjur, Indonesia
  • Badrudin Badrudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Ara Hidayat Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i01.7988

Keywords:

Core Competencies, Manajemen Strategik, Pengembangan Sekolah, Mutu Pendidikan, Sekolah Islam Terpadu

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan di sekolah menjadi kebutuhan mendesak untuk menghadapi tantangan global. Strategi berbasis core competencies menawarkan pendekatan yang efektif untuk memaksimalkan keunggulan internal, seperti sumber daya manusia unggul, program pendidikan inovatif, dan hubungan erat dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan manajemen strategik berbasis core competencies dalam pengembangan sekolah, khususnya di lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait strategi pengelolaan sekolah. Proses analisis dilakukan dengan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola dalam penerapan strategi dan faktor-faktor pendukung serta penghambat implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa core competencies memainkan peran penting dalam mendukung strategi pengembangan sekolah. Sumber daya manusia yang kompeten, program berbasis nilai, dan infrastruktur modern menjadi kekuatan utama yang membedakan sekolah dari institusi lain. Strategi yang diimplementasikan meliputi optimalisasi program pendidikan, penguatan kolaborasi dengan masyarakat, dan inovasi dalam pengelolaan sumber daya. Namun, beberapa hambatan teridentifikasi, seperti keterbatasan dana, resistensi terhadap perubahan, dan kurangnya evaluasi sistematis. Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukan kepemimpinan yang visioner, pelatihan berkelanjutan, dan monitoring berbasis data. Kesimpulannya, implementasi strategi berbasis core competencies tidak hanya meningkatkan mutu pendidikan tetapi juga menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Temuan ini memberikan panduan praktis bagi sekolah dalam menyusun strategi pengembangan berbasis kekuatan internal mereka serta kontribusi teoretis dalam pengelolaan pendidikan strategis. Penelitian ini merekomendasikan evaluasi berkala dan pelibatan seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan keberhasilan implementasi strategi.

References

Akareem, Husain Salilul, and Syed Shahadat Hossain. 2016. “Determinants of Education Quality: What Makes Students’ Perception Different?” Open Review of Educational Research 3 (1): 52–67. https://doi.org/10.1080/23265507.2016.1155167.

Alvarenga, Jeferson Carvalho, Robson Rosa Branco, André Luis Azevedo Guedes, Carlos Alberto Pereira Soares, and Wainer da Silveira e Silva. 2019. “The Project Manager Core Competencies to Project Success.” International Journal of Managing Projects in Business 13 (2): 277–92. https://doi.org/10.1108/IJMPB-12-2018-0274.

Basri, Suherman Hasan. 2023. “Laporan Tahunan SMAIT As-Syifa Wanareja Tahun Anggaran 2022.” Subang.

Campion, Michael C., Donald J. Schepker, Michael A. Campion, and Juan I. Sanchez. 2020. “Competency Modeling: A Theoretical and Empirical Examination of the Strategy Dissemination Process.” Human Resource Management 59 (3): 291–306. https://doi.org/10.1002/hrm.21994.

Creswell, John W. 2015. Educational Research - Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative and Qualitative Research. AORN Journal. 5th ed. Vol. 62. Pearson Education, Inc.

Deming, W. Edwards. 2018. Out of the Crisis. Dallas: The MIT Press. https://doi.org/10.7551/mitpress/11457.001.0001.

Dewi, Ni, I Ketut Merta, and I Nyoman Suparta. 2023. “The Role of Leadership Capabilities in Mediating Job Satisfaction and Core Competence on Business Performance.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 11 (2): 437–44. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.2083.

Elsye, R. 2020. “Improvement of Community Economy through Community Empowerment in the Cultivation of Competitive Ornamental Fish in Bogor Regency.” Talent Development & Excellence 12 (1): 3883–3898. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=s3h&AN=144307426&l.

Fauji, Imam, Gozali, Aan Hasanah, and Bambang Samsul Arifin. 2024. “Implikasi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Bidang Pendidikan Islam.” Jurnal Teknologi Pendidikan 13 (1). https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/download/17553/5620.

Fidler, Brian. 2002. Strategic Management for School Development, Leading Your School’s Improvement Strategy. New Delhi: Paul Chapman Publishing.

Fitri, Agus Zaenul, and Nik Haryanti. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, Dan Reseach and Development. Malang: Madani Media.

Fitri Kautsar, Cynthia. 2023. “Implementation of a Steam-Based Project-Based Learning Model to Develop 21st Century 4C Competencies.” EDUTEC : Journal of Education And Technology 6 (4). https://doi.org/10.29062/edu.v6i4.551.

González-Pérez, Laura Icela, and María Soledad Ramírez-Montoya. 2022. “Components of Education 4.0 in 21st Century Skills Frameworks: Systematic Review.” Sustainability 14 (3): 1493. https://doi.org/10.3390/su14031493.

Gozali, Imam Sibaweh, Adang Hambali, and Hasan Basri. 2024. “Theological Foundation Of Multicultural Education : Analyzing Islamic Teachings In The Indonesian.” Raushan Fikr 13 (2): 341–53. https://doi.org/10.24090/jimrf.v13i2.11867.

Hasanah, Aan, Bambang Syamsul Arifin, Aang Mahyani, and Aji Saepurahman. 2022. “Landasan Teori Pendidikan Karakter.” Jurnal Sains Sosio Humaniora 6 (1): 725–36. https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.20165.

Hidayat, Imam Machali Ara. 2015. The Handbook Of Education Management, Teori Dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah Di Indonesia. Yogyakarta.

Indrawan, Lendik Dicky, and Vanda Rezania. 2022. “Implementation of Core Competencies (Spiritual) in Online Learning in Elementary Schools.” Indonesian Journal of Education Methods Development 17 (3). https://doi.org/10.21070/ijemd.v19i.660.

Mcmillan, James, and Sally Schumacher. 2014. Research in Education Evidence-Based Inquiry. 7th ed. London: Pearson Education Limited.

Muhab, Sukro dkk. 2023. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Edited by Harlis Kurniawan. 5th ed. Depok: JSIT Indonesia Publishing.

Paramita, Heny, Damyanti, Wulandari, and Marini. 2024. “Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Manajemen Pendidikan : Memenuhi Tuntutan Pendidikan Abad 21” 2 (5): 190–95. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/1692/1641.

Prahalad, C. K. 2017. “The Fortune at the Bottom of the Pyramid.” Booz Allen Hamilton, 2017. https://doi.org/10.4324/9781351279086-45.

Prahalad, Coimbatore Krishnarao, and Gary Hamel. 1990. “The Core Competence of the Corporation.” Harvard Business Review. 1990. https://hbr.org/1990/05/the-core-competence-of-the-corporation.

Proxsis Consulting. 2024. “Pengembangan Core Competencies Sebagai Kekuatan Jangka Panjang Perusahaan.” Proxsis Strategi Bisnis. 2024. https://strategy.proxsisgroup.com/insight/pengembangan-core-competencies-sebagai-kekuatan-jangka-panjang-perusahaan/.

Sasoko, Deradjat Mahadi, and Imam Mahrudi. 2023. “Teknik Analisis SWOT Dalam Sebuah Perencanaan Kegiatan.” Jurnal Perspektif-Jayabaya Journal of Public Administration 22 (1): 8–19.

Schiuma, Giovanni, Eva Schettini, Francesco Santarsiero, and Daniela Carlucci. 2022. “The Transformative Leadership Compass: Six Competencies for Digital Transformation Entrepreneurship.” International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research 28 (5): 1273–91. https://doi.org/10.1108/IJEBR-01-2021-0087.

Siti Khotijah, Badrussholeh, and Moch. Isa Anshori. 2023. “Kompetensi Organisasi : Studi Literature.” Jurnal of Management and Social Sciences 1 (3): 194–207. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i3.175.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta.

Published

2025-01-31

How to Cite

Gozali, G., Amrullah, A., Mutaqin, A. H. Z., Badrudin, B., & Hidayat, A. (2025). STRATEGI PENGEMBANGAN SEKOLAH BERBASIS CORE COMPETENCIES: MENGINTEGRASIKAN KEUNGGULAN INTERNAL. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(01), 463–476. https://doi.org/10.30868/im.v8i01.7988

Citation Check