IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPTQ AL-HIDAYA BOGOR

Authors

  • Muhammad Hidayat Ginanjar Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Miftah Miftah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Wahyudin Wahyudin Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rifqi Hidayat International Islamic University, Pakistan

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v8i01.7979

Keywords:

Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana prasarana sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Lingkup penelitian mecakup antara lain: (1) Perencanaan, (2) Penggunaan, (3) Pengawasan (4) Inventarisasi, (5) Penghapusan.. Hasil penelitian menunjukan, antara lain: (1) Perencanaan sarana dan prasarana di SMPTQ Al-Hidayah Bogor dilakukan dengan teliti untuk memastikan semua kebutuhan pendidikan terpenuhi. Proses ini melibatkan berbagai pihak dan mencakup analisis mendalam untuk memastikan sarana dan prasarana yang tepat guna mendukung pembelajaran, (2) Penggunaan sarana dan prasarana di SMPTQ Al-Hidayah Bogor diatur dengan baik untuk mendukung proses belajar mengajar dan praktek keahlian. Meskipun fasilitas seperti ruang kelas dan laboratorium telah digunakan secara efektif, evaluasi berkala diperlukan untuk mengatasi kekurangan dan memastikan bahwa semua sarana mendukung kualitas pembelajaran secara optimal, (3) Pengawasan sarana dan prasarana di SMPTQ Al-Hidayah Bogor dilakukan secara rutin dengan melibatkan berbagai pihak untuk memastikan semua fasilitas dalam kondisi baik dan layak digunakan, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, (4) Inventarisasi di SMPTQ Al-Hidayah Bogor membantu mengelola sarana dan prasarana dengan efisien. Sistem ini memudahkan identifikasi barang yang perlu diperbaiki atau diganti, mendukung perencanaan dan penghematan biaya, (5) roses penghapusan sarana dan prasarana di SMPTQ Al-Hidayah Bogor mengikuti prosedur yang ketat untuk memastikan transparansi. Barang-barang yang tidak layak pakai didokumentasikan dan dihapuskan dengan cara yang sesuai, menjaga integritas dan akuntabilitas.

References

Anggoro, Y., & Hadianto, A. (2021). Manajemen Fasilitas dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana. Media Nusa.

Arifin, Z., & Utami, N. (2021). “Optimalisasi Inventarisasi Sarana Pendidikan untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dan Kebijakan Publik, 13(2), 143-156.

Barnawi. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Hadi, S., & Indriani, M. (2019). “Peran Kolaboratif dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah: Studi Kasus di Sekolah Menengah.” Jurnal Manajemen Pendidikan,.

Hidayat Rizandi, Muhammad Arrazi, Asmendri, & Milya Sari. (2023). Pentingnya Manajeman Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 47–59. https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.745

Junaidi. (2011). Desain Pengembangan Mutu Madrasah (Konsep Rancangan Pengembangan Sekolah). In Perencanaan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Sekolah. PT. Teras.

Nurhayati, A., & Susanto, H. (2017). Analisis Kelemahan dan Peluang dalam Manajemen Sekolah untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 75-88.

Pratama, A., & Syafii, M. (2017). Efektivitas Penggunaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pendidikan 19(4), 256-268.

Ramadhani, I., & S. (2021). Sistem Pengawasan dan Evaluasi Sarana Prasarana Sekolah Menengah untuk Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Aset. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Ramayulis. (2019). Ilmu Pendidikan Islam (1 (ed.)). Kalam mulia.

Sari, N., & Ardiansyah, F. (2018). Evaluasi Penggunaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Dan Kebijakan Pendidikan, 23(3), 201-214.

Setiawan, B., & Handayani, W. (2015). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Urnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 137-150.

Setiawati, R., & Santoso, B. (2021). Evaluasi dan Pengelolaan Aset Sekolah. Grasindo.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Suryadi, A., & Mulyono, D. (2018). Manajemen Penggunaan Sarana dan Prasarana Sekolah: Tinjauan Terhadap Efisiensi dan Efektivitas.

Suryosubroto, B. (2009). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta.

Syahril, A., & Kusuma, D. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Wahyudi, I., & Nuraini, S. (2019). Pengelolaan Aset dan Inventaris SekolahS. Deepublish.

Wahyudi, D. (2017). Peran Komunitas dalam Pendidikan. Gadjah Mada University Press.

Wijayanti, N., & Santoso, B. (2020). “Manajemen Inventarisasi Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Efektivitas Penggunaan Aset Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan, 28(3), 145-159.

Wulandari, E., & Hartono, R. (2020). Peran Ketua Sarana dan Prasarana dalam Pengelolaan Aset Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 18(2), 103.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Ginanjar, M. H., Miftah, M., Wahyudin, W., & Hidayat, R. (2025). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPTQ AL-HIDAYA BOGOR. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(01), 467–488. https://doi.org/10.30868/im.v8i01.7979

Citation Check