PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROFESIONALITAS GURU DI MTS MUHAMMADIYAH 7 KLEGO
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v8i01.7782Keywords:
Peran, Kepala Sekolah, Profesionalitas GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Muhammadiyah 7 Klego. Kepala sekolah memiliki peran yang penting dalam meningkatkan profesionalitas guru diantaranya sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, serta inovator dan motivator. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui obervasi, wawancara, serta studi dokumen sehingga diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan kepala sekolah menjalankan peran dalam meningkatkan profesionalitas guru melalui program-program, seperti study banding, pengiriman guru kedalam kegiatan diklat, serta mengundang pembicara untuk memberikan pembinaan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran. Proses pengawasan juga menjadi peran yang cukup penting dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru dengan memperhatikan kebutuhan guru, memberikan layanan, bimbingan, arahan dan penghargaan. Selain hal-hal tersebut, terdapat peran kepala sekolah yang juga cukup memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan profesionalitas guru melalui bagaimana kepala sekolah mampu bersikap fleksibel dalam menjalankan perannya, serta bersikap royal kepada guru. Sehingga diperoleh kesimpulan, peran kepala sekolah memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menungkatkan profesionalitas guru untuk memenuhi standar minimum yang dibutuhkan untuk menjadi pendidik professional.
References
Arfah, Minati, and Sambas Ali Muhidin. 2018. “Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Smk Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen Di Kota Bandung.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3 (2): 42. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11763.
D, Hamidah, and Julkifli. 2021. “Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dan Supervisor Di Lingkungan Sekolah.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 10 (2): 41.
Dina, A, D Yohanda, J Fitri, and ... 2022. “Teori Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Edukasi Nonformal 1 (1): 149–58.
Fitrah, Muh. 2017. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Penjaminan Mutu 3 (1): 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90.
Fitri, FITRIANI. 2019. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Membina Profesionalisme Guru.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8 (1): 730–43. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v8i1.415.
Herry, Herry, Bukman Lian, and Yessi Fitriani. 2020. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Komitmen Guru Terhadap Kinerja Profesional Guru.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4 (2): 1658–66. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.630.
Kusmiati, Ai, Sofyan Sauri, and Helmawati Helmawati. 2022. “Manajemen Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” Jurnal Pendidikan Indonesia 3 (07): 672–82. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i07.1176.
Manaf, Abdul, Dosen Stais, and Lantaboer Bekasi. 2017. “Hubungan Pemberdayaan Guru Terhadap Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan.” Tanzhim 1 (02): 108–18. http://103.20.188.221/index.php/tanzhim/article/view/47.
Muh, Anshar. 2022. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMPNegeri 1 Talaga Jaya.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (6): 1349–58.
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya
Norniati, Norniati. 2023. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.” ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin 1 (5): 375–83. https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.527.
Prasetia, Muhammad Eka. 2021. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling.” Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam 5 (2): 165. https://doi.org/10.29240/jbk.v5i2.3035.
Rifki Solana, Muhammad, and Dea Mustika. 2023. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Pendidikan.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4 (1): 406–18. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.231.
Rusdiana, Erus. 2018. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Educator Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.” IJEMAR (Indonesian Jounal of Education Management & Administration Review) 2 (1): 232–36.
Saefudin. 2023. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah 1 (1): 1–14. https://doi.org/10.61444/jmpt.v1i1.2.
Supartilah, Supartilah, and Pardimin Pardimin. 2021. “Peran Kepala Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Media Manajemen Pendidikan 4 (1): 138–49. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.9892.
Sutiono, Dr. 2021. “Profesionalisme Guru.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 4 (2): 16–25. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i2.1569.
Syarifah, Syarifah, and Afifatul Hasanah. 2020. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan 1 (1): 63. https://doi.org/10.24014/japkp.v1i1.9214.
Yulmasita Bagou, Dewi, and Arifin Suking. 2020. “Analisis Kompetensi Profesional Guru.” Jambura Journal of Educational Management 1 (September): 122–30. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522.
Yusup, Mustopa. 2015. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pemelajaran.” Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana 9 (1): 95–100. https://doi.org/10.33369/mapen.v9i1.1103.
Zhahira, Jeihan. 2022. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Journal of Educational Research 1 (1): 85–100. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Shevia Fera Ningrum, Triono Ali Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).