NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS

Authors

  • Achmad Asrori Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung , Indonesia
  • Sunarto Sunarto Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7617

Keywords:

Keagamaan, Moderasi, Karakter

Abstract

Isu tentang moderasi Islam sering terdengar sejak berbagai peristiwa kekerasan maupun terorisme yang dituduhkan kepada umat Islam. Benar tidaknya urusan itu, tentu itu urusan lain yang kadang-kadang menjerumus kepada persoalan politik. Penelitian ini mengeksplorasi peran nilai-nilai moderasi beragama dalam meningkatkan karakter religius individu. Moderasi beragama, yang mencakup prinsip-prinsip toleransi, keseimbangan, dan keterbukaan dalam praktik keagamaan, dianggap esensial dalam pembentukan karakter religius yang inklusif dan harmonis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan observasi terhadap pemuka agama, pendidik, serta peserta didik di berbagai institusi pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai moderasi beragama secara signifikan mempengaruhi penguatan karakter religius, memperbaiki hubungan antar umat beragama, serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama secara lebih komprehensif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum pendidikan agama untuk membangun karakter religius yang lebih toleran dan terbuka. Implikasi dari hasil penelitian ini menekankan perlunya kebijakan pendidikan yang mendukung moderasi beragama sebagai bagian dari pengembangan karakter religius di institusi pendidikan

References

A. Shihab, I. I. (n.d.). (Bandung: Mizan, 1999).

Afriansyah, T. R. (n.d.). “‘Deretan Rektor Perempuan Di Indonesia, Ova Emilia Salah Satunya.’” Kompas.Com, May 2022.

Ahmad Darmadji. (n.d.). “Pondok Pesantren Dan Deradikalisasi Islam Di Indonesia”,. Jurnal Millah, (Vol. 11, No. 1, Tahun 2011).

Ahmad Syarif Yahya. (n.d.). Ngaji Toleransi (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017).

Ahmad Tafsir. (n.d.). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung: Rosdakarya, 2008).

Amin, A. R. M. (n.d.). “Prinsip dan Fenomena Moderasi Islam dalam Tradisi Hukum Islam”, Jurnal Al-Qalam, Desember 2014.

Atmosudirdjo, P. (n.d.). Administrasi Dan Management Umum. 9th ed. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1982.

Bailey, F. G. H. and M. (n.d.). Cornell University Press, 1988.

Bright, David S, Anastasia H Cortes, Eva Hartmann, Praveen Parboteeah, Jon L Pierce, Monique Reece, A Shah, S Terjesen, J W Weiss, and O. (n.d.). Principles of Management. Online Access: Center for Open Education Open Textbook Library. OpenStax, Rice University, 2019.

Burns, J. M. L. L. (n.d.). Oxford, England: Harper & Row, 1978.

Carter, Nancy, Denise Bryant-Lukosius, Alba DiCenso, Jennifer Blythe, and A. J. N. (n.d.). “The Use of Triangulation in Qualitative Research.” Oncology Nursing Forum 41, no. 5.

Darji Darmodirhajo, A. (n.d.). Nilai-Nilai Pancasila Dalam Sistem Hukum Indonesia (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996).

Departemen Agama RI. (n.d.). Moderasi Islam (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al- Qur’an, 2012).

Efendi, N. (n.d.). Islamic Educational Leadership : Praktik Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kalimedia, 2017.

Elly M Setiadi. (n.d.). Ilmu Sosial Budaya Dasar (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006).

F. K Kalidjernih. (n.d.). Kamus Study Kewarganegaraann, Perspektif Sosiologikal Dan Political (Bandung: Widya Aksara, 2010).

Given, L. (n.d.). “The SAGE Encyclopedia of Qualitative Research Methods.” Thousand Oaks, California, 2008. https://doi.org/10.4135/9781412963909.

H. Una Kartawisastra. (n.d.). Strategi Klarifikasi Nilai (Jakarta: P3 Dekdikbud, 1980).

Hornsby, Oxford Advanced Learners Dictionary Of Current English, F. E. (n.d.). (Oxford: Oxford Unity Press, 1995).

Ihsan, F. (n.d.). Dasar-Dasar Kependidikan (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997).

J.P Chaplin. (n.d.). Kamus Lengkap Psikologi (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005) 256.

John Scott. (n.d.). teori sosial: Masalah-Masalah Pokok dalam Sosiologi(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012).

Kartini Kartono dan Dali Gulo. (n.d.). Kamus Psikologi (Bandung: Pionir Jaya, 2000).

Lexy J, M. (n.d.). Metodelogi ppenelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Miftahul Jannah. (n.d.). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang Ditetapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren cindai Alus Martapura, dalam All-Madrasah: Jurnal Pendididkan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 4, No. 1, Juli-Desember 2019,.

Muchlis M. Hanafi. (n.d.). Moderasi Islam, (Ciputat: Diterbitkan Oleh Ikatan Alumni Al-Azhar dan Pusat Studi Al-Qur‟an, 2013).

Muhaimin, A. M. and. (n.d.). Pemikiran Pendidikan Islam(Bandung: Trigenda Karya, 1993).

Nurul H. Maarif. (n.d.). Islam Mengasihi Bukan Membenci (Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2017).

Rahmat Mulyana. (n.d.). Mengartikakulasikan Pendidikan Nilai (Bandung: Alfabeta, 2004).

Rianawati. (n.d.). Implementasi Nilai-Nilai Karakter pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Tingkat SLTA, (Pontianak: IAIN Pontianak Press, 2014),.

Riduan. (n.d.). Metode dan Tehnik Menyusu Tesis. Bandung : Alfabeta,2006.

Sanusi, D. M. (n.d.). Antara Jihad Dan Terorisme, (Makasar: Pustaka As- Sunnah, 2011).

Suharsimi Arikunto. (n.d.). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi V, Jakarta : Rineka Cipta,2010.h.120.

Yasid, A. (n.d.). Islam Moderat (Jakarta: Erlangga, 2014).

Yusuf Qardawi. (n.d.). Islam Jalan Tengah, diterjemahkan oleh Alwi A.M, Edisi. 3 (Bandung:PT Mizan, 2017).

Published

2024-12-02

How to Cite

Asrori, A., & Sunarto, S. (2024). NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001), 27–42. https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7617

Citation Check