MANAJEMEN EVALUASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP ASPEK RELIGIOSITAS PESERTA DIDIK DI MTS AL-WASHLIYAH LEUWIDAMAR-LEBAK
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7591Keywords:
Manajemen Evaluasi, Kurikulum Merdeka, ReligiositasAbstract
Penelitian ini membahas mengenai manajemen evaluasi Kurikulum Merdeka terhadap aspek religiositas peserta didik di MTs Al-Washliyah Leuwidamar. Pokok permasalahan yang diangkat adalah sejauh mana Kurikulum Merdeka mampu memengaruhi peningkatan aspek religiositas siswa, serta bagaimana manajemen evaluasi diterapkan dalam mengukur keberhasilan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas Kurikulum Merdeka dalam membentuk karakter religius peserta didik, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam proses evaluasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif Deskriptif, yang mana dilakukan untuk mengukur hubungan dan pengaruh antara implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Aspek Religiositas Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan kontribusi positif terhadap penguatan aspek religiositas peserta didik. Namun, terdapat beberapa kendala dalam manajemen evaluasi, seperti kurangnya instrumen evaluasi yang terfokus pada aspek religiositas, dan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memahami secara mendalam konsep Kurikulum Merdeka. Meskipun Kurikulum Merdeka berpotensi meningkatkan aspek religiositas peserta didik, efektivitasnya sangat dipengaruhi oleh manajemen evaluasi yang baik. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan lebih lanjut dalam instrumen evaluasi dan peningkatan kapasitas tenaga pendidik untuk mendukung optimalisasi evaluasi kurikulum tersebut.
References
Adil, Ahmad. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori Dan Praktik.
Adnan, Adnan, Anis Zohriah, and Abdul Muín. 2024. “Evaluasi Kinerja Tenaga Pendidik.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7(2):1463–68.
Alfikri, Mochamad Yogie, Sri Handayani, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi, Agama Islam, Negeri Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, and Provinsi Riau. 2024. “Tantangan Dan Peluang Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah : Menuju Madrasah Unggul Yang Berdaya Saing.” 1(2):698–702.
Anastasia suci Sukmawati, Dkk. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif.
Ardiansyah, Risnita, and M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1(2):1–9. doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.
Astawan, Nyoman, and I. Ketut Muada. 2019. “Kajian Aspek Naratif Dan Religiusitas Gaguritan Arjuna Wiwaha.” Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni 8(1):1–20. doi: 10.5281/zenodo.3602548.
Faridahtul Jannah, Thooriq Irtifaq’ Fathuddin, Putri Fatimatuus Az Zahra. 2022. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022.” Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan 4(2):55–65.
Fasya, A. H., A. Nurseha, and A. Saputra. 2024. “Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama Di Kabupaten Subang.” Risalah, Jurnal Pendidikan … 10(2):536–43.
Hermawati, Kiki Ayu. 2021. “Implementasi Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti: Analisis Pada Materi Pembelajaran Toleransi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6(1):56–72. doi: 10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6159.
Idris, Syarifuddin, and Rabiatul Adawiah. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Indonesia.” 19(1):30–43.
Jauzy, Muhammad Hafidz Al, Hendi Perdana, and Ilham Ramdani. 2024. “Implementasi Manajemen Evaluasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SMK Muhammadiyah Delanggu.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis) 2(2):86–95.
Kulsum, Ummi, and Abdul Muhid. 2022. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Digital.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 12(2):157–70. doi: 10.33367/ji.v12i2.2287.
Lestari, Diah, Masduki Asbari, and Eka Erma Yani. 2023. “Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2(6):85–88.
Maliki, Putriani L., and Alfian Erwinsyah. 2020. “Evaluasi Manajemen Pembelajaran Di Madrasah.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 10(1):24–37. doi: 10.35673/ajmpi.v10i1.854.
Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, Netty Heriwati, and Henrika Turnip. 2022. “Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.” Mahesa Centre Research 1(1):80–86. doi: 10.34007/ppd.v1i1.174.
Manora, Hecksa, Nevi Laila Khasanah, and Ertati Ertati. 2023. “Implementasi Manajemen Evaluasi Pembelajaran Terpadu Untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).” Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(2):141–50. doi: 10.37092/bouseik.v1i2.646.
Marisa, Mira. 2021. “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ Di Era Society 5.0.” Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora) 5(1):72. doi: 10.36526/js.v3i2.e-ISSN.
Maulida, Utami. 2022. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 5(2):130–38. doi: 10.51476/tarbawi.v5i2.392.
Muhammad Afriansyah Novianto, and Munirul Abidin. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Kedungkandang Malang.” Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(2):241–51. doi: 10.54396/alfahim.v5i2.728.
Muhammad Didin Hafi Duddin. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah.”
Muslimin, Ikhwanul. 2023. “Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Lembaga Pendidikan Islam: Studi Kasus Di Madrasah Se-Jawa Timur.” FAJAR Jurnal Pendidikan Islam 3(1):31–49. doi: 10.56013/fj.v3i1.2010.
Mustamiin, Muhamad, Iryanto, Eka Ismantohadi, and Mohamad Andi. 2021. “Pengembangan Sistem Manajemen Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi Dengan Online Judge.” Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA 5(3):64–71.
Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):7174–87. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3431.
Rosyadi, Imron, Kusbaryanto Falasifah, and Ani Yuniarti. 2019. “Literatur Review Aspek Spiritualitas/ Religiusitas Dan Perawatan Berbasis Spiritual/ Religius Pada Pasien Kanker.” Jurnal Kesehatan Karya Husada 1(7):110–29.
Sari, Mutia, Habibur Rachman, Noni Juli Astuti, Muhammad Win Afgani, and Rusdy Abdullah Siroj. 2022. “Explanatory Survey Dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3(01):10–16. doi: 10.47709/jpsk.v3i01.1953.
Selvi Handayani, Eka, Ardiyanto Saleh Modjo, Achmad Junaedi, Trisna Rukhmana, Al Ikhlas, Universitas Hafshawaty Zainul Hasan, JL Raya Condong, Kec Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Stkip Muhammadiyah Sungai Penuh, Jl RE Martadinata No, Kec Sungai Penuh, and Kota Sungai Penuh. 2024. “Pendidikan Karakter Dalam Membangun Moderasi Beragama Generasi Milenial.” Dulalowo Tim., Kec. Kota Tengah 06(02):15490–94.
Setiawati, T., and N. U. Nuha. 2023. “Strategi Guru Pai Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Melalui Penerapan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Siswa Smpn 2 Sumberasih ….” IMTIYAZ: Jurnal … 7:81–92.
Seviyanti. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Negeri Dan Swasta.” Pengembangan Buku Ajar Berbasis Al-Quan Dan Hadist 1(1):1–12.
Suci Uswatun Hasanah1, Rusdin Rusdin2 &. Ubadah Ubadah. 2022. “Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Di Era Society 5 . 0 : Sebuah Kajian Literatur.” 1:1–5.
Sugiyono, Prof. Dr. 2023. Mix Method. Edisi 2: C. edited by M. . Dr. Ir. Sutopo. Bandung: Alfabeta. Cv.
Suratno, Joko, Diah Prawitha Sari, and Asmar Bani. 2022. “Kurikulum Dan Model-Model Pengembangannya.” Jurnal Pendidikan Guru Matematika 2(1):67–75.
Suryadin, Asyraf, Winda Purnama Sari, and Nurfitriani. 2022. Evaluasi Program Model CIPP (Context, Input, Process, and Product) Antara Teori Dan Praktiknya. Samudra Biru.
Syahputra, Andrian Wira, and Hendrik A. .. Lao. 2023. “Pengaruh Aspek Religiusitas Terhadap Konsep Moderasi Beragama Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Berbasis Agama Di Kota Kupang.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 7(1):307–18. doi: 10.30601/dedikasi.v7i1.3558.
Taufik, Ahmad, and Nurwastuti Setyowati. 2021. Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.
Ujang Cepi Barlian1, Siti Solekah2, Puji Rahayu3. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Journal of Educational and Language Research 10(1):1–52. doi: 10.21608/pshj.2022.250026.
Vhalery, Rendika, Albertus Maria Setyastanto, and Ari Wahyu Leksono. 2022. “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur.” Research and Development Journal of Education 8(1):185. doi: 10.30998/rdje.v8i1.11718.
Wahib, Abd. 2021. “Manajemen Evaluasi Program Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3(1):91–104. doi: 10.36835/au.v3i1.512.
Wahyudi, Wahyudi, and Cahya Dwi Ariyani. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah.” Jurnal Basicedu 7(6):3692–3701. doi: 10.31004/basicedu.v7i6.6507.
Yayan Sofyan, Encep Syarifuddin, Nana Jumhana, Rijal Firdaos. 2024. “Implementation of the Islamic Religious Education System in Student Character Education at Mardhatillah Al Mumtazah Vocational High School Pandeglang.” 297–304.
Zohriah, Anis. n.d. Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Kepustakaan. Penerbit Adab.
Zoya F. Sumampow1, Bella Felicita Rambitan2, Marisca Sadsuitubun3, Neiles Wakur4, Syerri Yullita Sumua. 2024. “Pembaruan Kurikulum Di Era Digital: Tinjauan Literatur Tentang Strategi Manajemen Dan Evaluasi Yang Efektif.” 19(5):1–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Alsri Nurcahya, Anis Zohriah, Abdul Muin, Encep Syarifudin, Hanafi Hanafi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).