KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Pamela Mutiah Azzahra Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Zaenal Abidin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7575

Keywords:

Kualitas pendidikan, pendidikan agama Islam, kompetensi profesional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran melalui kompetensi profesional guru terhadap kualitas pendidikan agama Islam. Metode penelitian ini dilakukan dengan mencari sumber sumber data di penelitian sebelumnya dan metodenya menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa banyak guru yang masih belum profesional dikarenakan kurangnya pemetaan dalam sekolah sekolah, namun permasalahan permasalahan tersebut bisa ditangani dengan cara menyediakan program program untuk menunjang kompetensi profesional tersebut, karena kompetensi guru yang perlu dimiliki oleh guru PAI ada 6 salah satunya adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional mencakup penguasaan materi ajar, keterampilan pedagogik, dan kemampuan mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi profesional yang ideal bagi guru PAI serta faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kompetensi tersebut. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan program pelatihan guru PAI.

References

Budianti, Y., Dahlan, Z., & Sipahutar, M. I. (2022). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(2), 2565–2571. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2460

Husna, M. N., & Nursikin, M. (2023). Pengembangan profesionalisme guru pai melalui metode fashiha dalam meningkatkan prestasi siswa SMP Ruq Al Falah Salatiga. Jurnal Pengabdian Kepada …, 4(2), 1212–1217. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1032%0Ahttp://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/1032/771

Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(1), 65–75. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Lubis, R. F. (2019). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 16.1 : 152-175.Al-Mutharahah, 6.

Magister, M. G. (2015). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Prambanan Sleman.

Mamlakah, ti. (2023). Guru Profesional : Menggali Kompetensi Dan Mengasah Karakteristik. Adiba: Journal of Education, 3(4), 447–453.

Maulana, T. (2019). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Kompetensi Professional Guru PAI (Studi Penelitian di MA Baabussalaam Kota Bandung). Jurnal Tahdzibi, 4(1), 55. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.1.55-66

Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 54. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058

Nur’aini, D. K., & Ruslau, M. F. V. (2023). Persepsi siswa terhadap kinerja guru matematika pada kompetensi profesional. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 30–41.

Nurarfiansyah, L. T., Kholizah, N. A., Sani, D. A., Sembiring, D. F. Y., Ramadhani, P. S., Dermawan, M. M., Oktaviani, D., & Nasution, I. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Edupedia, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489

Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10, 553–565. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535

Nurtanto Muhammad. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10, 553–565. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535

Nurwahdan, N. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Agama Islam Melalui Pembelajaran Pengamalan. Tsaqafatuna, 2(1), 83–92. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i1.40

Pendidikan, A., Universitas, P., & Kuala, S. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan. 88–95.

SAIHU. (2019). Komunikasi_Pendidik_Terhadap_Anak_Berkebutuhan_Khusus. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, VOL 1, NO. 3, TAHUN 2019 Magister, 1(3), 418–440.

Sulfemi, W. B. (2016). Kompetensi Profesionalisme Guru Indonesia Dalam Menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor, 106, 62–77.

Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(September), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Published

2024-11-30

How to Cite

Azzahra, P. M., & Abidin, Z. (2024). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001), 257–266. https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7575

Citation Check