KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7575Keywords:
Kualitas pendidikan, pendidikan agama Islam, kompetensi profesionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran melalui kompetensi profesional guru terhadap kualitas pendidikan agama Islam. Metode penelitian ini dilakukan dengan mencari sumber sumber data di penelitian sebelumnya dan metodenya menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa banyak guru yang masih belum profesional dikarenakan kurangnya pemetaan dalam sekolah sekolah, namun permasalahan permasalahan tersebut bisa ditangani dengan cara menyediakan program program untuk menunjang kompetensi profesional tersebut, karena kompetensi guru yang perlu dimiliki oleh guru PAI ada 6 salah satunya adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional mencakup penguasaan materi ajar, keterampilan pedagogik, dan kemampuan mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi profesional yang ideal bagi guru PAI serta faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kompetensi tersebut. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan program pelatihan guru PAI.
References
Budianti, Y., Dahlan, Z., & Sipahutar, M. I. (2022). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(2), 2565–2571. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2460
Husna, M. N., & Nursikin, M. (2023). Pengembangan profesionalisme guru pai melalui metode fashiha dalam meningkatkan prestasi siswa SMP Ruq Al Falah Salatiga. Jurnal Pengabdian Kepada …, 4(2), 1212–1217. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1032%0Ahttp://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/1032/771
Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(1), 65–75. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Lubis, R. F. (2019). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 16.1 : 152-175.Al-Mutharahah, 6.
Magister, M. G. (2015). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Prambanan Sleman.
Mamlakah, ti. (2023). Guru Profesional : Menggali Kompetensi Dan Mengasah Karakteristik. Adiba: Journal of Education, 3(4), 447–453.
Maulana, T. (2019). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Kompetensi Professional Guru PAI (Studi Penelitian di MA Baabussalaam Kota Bandung). Jurnal Tahdzibi, 4(1), 55. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.1.55-66
Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 54. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058
Nur’aini, D. K., & Ruslau, M. F. V. (2023). Persepsi siswa terhadap kinerja guru matematika pada kompetensi profesional. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 30–41.
Nurarfiansyah, L. T., Kholizah, N. A., Sani, D. A., Sembiring, D. F. Y., Ramadhani, P. S., Dermawan, M. M., Oktaviani, D., & Nasution, I. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Edupedia, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489
Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10, 553–565. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535
Nurtanto Muhammad. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10, 553–565. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535
Nurwahdan, N. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Agama Islam Melalui Pembelajaran Pengamalan. Tsaqafatuna, 2(1), 83–92. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v2i1.40
Pendidikan, A., Universitas, P., & Kuala, S. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan. 88–95.
SAIHU. (2019). Komunikasi_Pendidik_Terhadap_Anak_Berkebutuhan_Khusus. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, VOL 1, NO. 3, TAHUN 2019 Magister, 1(3), 418–440.
Sulfemi, W. B. (2016). Kompetensi Profesionalisme Guru Indonesia Dalam Menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor, 106, 62–77.
Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(September), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Pamela Mutiah Azzahra, Zaenal Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).