MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI SMPI PK MUHAMMADIYAH DELANGGU: INTERNALIZATION NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK SEBAGAI UPAYA PEMBANGUNAN KARAKTER

Authors

  • Muhammad Arya Yudhistira Program Studi Pendidikan Agamaa Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Triono Ali Mustofa Program Studi Pendidikan Agamaa Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7557

Keywords:

Moral Education, Pencak Silat, Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Abstract

Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, salah satu aspek penting adalah membentuk akhlak dan karakter yang baik. Di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, perhatian terhadap anak sejak usia dini sangat diperlukan agar perkembangan moral mereka dapat terjaga. Pendidikan moral dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler, seperti pencak silat. Tapak Suci Putera Muhammadiyah adalah sekolah pencak silat yang berbasis pada ajaran Islam, yang merujuk pada Al-Qur'an dan As-Sunnah. Tujuan dari pembentukan karakter ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan dan hasil pendidikan di sekolah, yang bertujuan untuk membentuk karakter dan akhlak mulia siswa secara menyeluruh, terintegrasi, dan seimbang. Pengumpulan data secara mendalam menggunakan pendekatan kualitatif memberikan makna baru terhadap data lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dapat menggambarkan fenomena di bidang pendidikan. Nilai-nilai pendidikan moral yang terkandung dalam ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMPI PK Muhammadiyah Delanggu adalah: 1) Akhlak terhadap Allah, 2) Akhlak terhadap sesama manusia, 3) Akhlak terhadap lingkungan. Selain itu, terdapat pula nilai-nilai luhur dalam pencak silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah, khususnya dalam ikrar yang berbunyi: "Dengan IMAN dan AKHLAQ saya menjadi kuat, tanpa IMAN dan AKHLAQ saya menjadi lemah." Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan moral dalam kegiatan ekstrakurikuler di Tapak Suci Putera Muhammadiyah di SMPI PK Muhammadiyah Delanggu melalui dua tahap, yaitu: a) Tahap pengenalan dan pemahaman, b) Tahap pelaksanaan.

References

‘Azzam Mushafiy, Ammaruddin. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Ekstrakurikuler Tapak Suci Putera Muhammadiyah Di Smp Muhammadiyah 6 Tieng, Kabupaten Wonosobo, Skripsi, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2021.

AD/ART Tapak Suci Putra Muhammadiyah

Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-rus Media

Asrina, R., Putra, W., & Ikhlas, A. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Melalui Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci di Pesantren Thawalib Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 15477–15485.

Fuad Ihsan, Dasar-dasar Kependidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997), hlm. 155

Gunawan, Heri. 2012. “Pendidikan Karakter (Konsep dan Mplementasi)”. Alfabeta.Bandung

Hubberman, M. B. M. and. (1994). Qualitative Data Analysis. Sage Publication.

Inayah, Esti. 2019.Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Skripsi.Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Ma’arif, M. (2023). Penguatan Karakter Kedisiplinan Siswa melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Pakem Sleman. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 18–24.

Maulana, R. A., & Khotimah, N. (2022). Values of Character Education in Children’s Pencak Silat Education. Journal Early Childhood Education and Development, 4(2), 44–55.

Muhrin. 2020. Akhlak Kepada Diri Sendiri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam: Vol. 10. No.1

Novan Ardy Wiyana, Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, (Yogyakarta: Sukses Offset, 2012), hlm. 11

Pendidikan Nasional Departemen and Direktorat Jendral Dasar dan Menengah Pendidikan, ‘Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Penddikan Nasional Indonesia’. 2003.

Rachmat Djatnika, Sistem Ethika Islam (Akhlak Mulia), (Jakarta:Pustaka Panjimas. 1996).hlm.11

Slameto, Belajar dan Fator-faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta,2003).hal.32

Tanfidz Keputusan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah, (Yogyakarta: Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2010), hlm. 37

Tirtasari, R., Sukamto, S., & Wakhyudin, H. (2022). Ekstrakurikuler Tapak Suci Dalam Mengembangkan Nilai Karakter Tanggung Jawab Siswa Mi Muhammadiyah Kunduran Blora. Wawasan Pendidikan, 2(2), 469–476. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.9907

Published

2024-12-02

How to Cite

Yudhistira, M. A., & Mustofa, T. A. (2024). MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH DI SMPI PK MUHAMMADIYAH DELANGGU: INTERNALIZATION NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK SEBAGAI UPAYA PEMBANGUNAN KARAKTER. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001), 17–26. https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7557

Citation Check