PERAN PAGUYUBAN ORANG TUA SISWA DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN BERBASIS KOLABORASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7543Keywords:
Paguyuban Wali siswa, Manajemen Kolaboratif, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran paguyuban wali siswa dalam meningkatkan manajemen kolaboratif di MIN 13 Ciamis dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi dari kegiatan paguyuban. Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran paguyuban dalam meningkatkan manajemen berbasis kolaborasi di madrasah ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paguyuban berfungsi sebagai jembatan komunikasi yang efektif antara sekolah dan orang tua, yang meningkatkan keterlibatan orang tua dalam berbagai kegiatan sekolah. Keterlibatan aktif orang tua melalui paguyuban tidak hanya memperkuat hubungan antara sekolah dan wali siswa, tetapi juga berkontribusi pada keberhasilan program pendidikan dan pengembangan karakter siswa. Meskipun ada tantangan seperti keterbatasan waktu bagi orang tua dan perbedaan pandangan mengenai kebijakan pendidikan, muncul dampak positif dari kolaborasi ini terhadap kualitas pendidikan di MIN 13 Ciamis. Temuan ini menegaskan pentingnya paguyuban wali siswa sebagai komponen vital dalam manajemen kolaboratif, yang dapat mendorong keberhasilan pendidikan di tingkat dasar dan diharapkan memberikan wawasan bagi pengembangan model kolaborasi yang lebih baik di sekolah sekolah lainnya.
References
Fatmawati, Eli. 2020. “Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” IBTIDA’ 1 (2): 135–50.
Husain, Rusmin. 2020. “Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Ikhsan, Alim, Andi Nurochmah, and Sumarlin Mus. 2019. “Paguyuban Kelas Di Sd Negeri.” JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 4 (1): 25–32.
Lanamana, Willybrordus, Yohanes Pande, Laurentius Dominicus Gadi Djou, and Kristono Yohanes Fowo. 2020. “Penguatan Poace Menuju Kemandirian Dan Kesejahteraan Anggota Kelompok Tani Dan Ternak Di Desa Randotonda Provinsi NTT.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 4 (6): 1217–29.
Mardianti, Desi. 2024. “Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Sosialisasi Program Tahunan Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner 2 (02): 469–82.
Marlina, Leny. 2015. “Manajemen Sumber Daya Manusia (Sdm) Dalampendidikan.” Istinbath 15 (1): 123–39.
Ningrum, Widya Agustin. 2020. “Pola Komunikasi Orang Tua Dan Wali Kelas Untuk Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Paguyuban Di SDN 1 Nologaten, Ponorogo).” IAIN PONOROGO.
Nugraha, Ariadi, and Fuad Aminur Rahman. 2017. “Strategi Kolaborasi Orangtua Dengan Konselor Dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa.” Jurnal Konseling GUSJIGANG 3 (1).
Nurhakim, Haditsa Qur’ani. 2022. “Hak Asasi Anak Perspektif Islam.” Kartika: Jurnal Studi Keislaman 2 (1): 66–80.
Nurhakim, Haditsa Qur’ani. 2023. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Sekolah.” JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi 22 (2): 303–13.
Nurhakim, Haditsa Qur’ani, Iwan Sanusi, Ulvah Nur’aeni, and Giantomi Muhammad. 2024a. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Menghadapi Perundungan Di Sekolah Tingkat Pertama.” Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 7 (2): 95–102.
Nurhakim, Haditsa Qur’ani, Iwan Sanusi, Ulvah Nur’aeni, and Giantomi Muhammad. 2024b. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Guna Pencegahan Tindak Perundungan Siswa.” Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah 8 (2): 166–78.
Nurhakim, Haditsa Qur’ani, Wildan Yahya, and A Mujahid Rasyid. 2021. “TAHFIDZUL QUR’AN LEARNING MANAGEMENT AT PPI 153 AL-FIRDAUS.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 10 (2): 275–84.
Sayuti, M Sayuti. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Lalabata Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.” Jurnal Edukasi Saintifik 1 (2): 139–48.
Solehudin, Sollah. 2019. “Modernisasi Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Subakti, Hani, Gamar Al Haddar, and Elizabeth Angela Orin. 2021. “Analisis Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Daring Kelas Tinggi Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (5): 3186–95.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Wardani, Dewi Ayu Wisnu. 2023. “Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Siswa.” Jawa Dwipa 4 (1): 1–17.
Wardhiny, Bunga Kusuma. 2014. “Kajian Analisis Resiko Bencana Sesar Dalam Penyusunan Arahan Pemanfaatan Ruang Berbasis Mitigasi Bencana Sesar (Studi Kasus Kecamatan Lembang).”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Haditsa Qurani Nurhakim, Ilyas Rohili, Irwan Ruswandi, Mamat Rahmat, Muhammad Erihadiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).