PERAN PAGUYUBAN ORANG TUA SISWA DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN BERBASIS KOLABORASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Haditsa Qurani Nurhakim Universitas Islam Bandung, Indonesia
  • Ilyas Rohili Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Irwan Ruswandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mamat Rahmat Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Muhammad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7543

Keywords:

Paguyuban Wali siswa, Manajemen Kolaboratif, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran paguyuban wali siswa dalam meningkatkan manajemen kolaboratif di MIN 13 Ciamis dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi dari kegiatan paguyuban. Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran paguyuban dalam meningkatkan manajemen berbasis kolaborasi di madrasah ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paguyuban berfungsi sebagai jembatan komunikasi yang efektif antara sekolah dan orang tua, yang meningkatkan keterlibatan orang tua dalam berbagai kegiatan sekolah. Keterlibatan aktif orang tua melalui paguyuban tidak hanya memperkuat hubungan antara sekolah dan wali siswa, tetapi juga berkontribusi pada keberhasilan program pendidikan dan pengembangan karakter siswa. Meskipun ada tantangan seperti keterbatasan waktu bagi orang tua dan perbedaan pandangan mengenai kebijakan pendidikan, muncul dampak positif dari kolaborasi ini terhadap kualitas pendidikan di MIN 13 Ciamis. Temuan ini menegaskan pentingnya paguyuban wali siswa sebagai komponen vital dalam manajemen kolaboratif, yang dapat mendorong keberhasilan pendidikan di tingkat dasar dan diharapkan memberikan wawasan bagi pengembangan model kolaborasi yang lebih baik di sekolah sekolah lainnya.

References

Fatmawati, Eli. 2020. “Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” IBTIDA’ 1 (2): 135–50.

Husain, Rusmin. 2020. “Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Ikhsan, Alim, Andi Nurochmah, and Sumarlin Mus. 2019. “Paguyuban Kelas Di Sd Negeri.” JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 4 (1): 25–32.

Lanamana, Willybrordus, Yohanes Pande, Laurentius Dominicus Gadi Djou, and Kristono Yohanes Fowo. 2020. “Penguatan Poace Menuju Kemandirian Dan Kesejahteraan Anggota Kelompok Tani Dan Ternak Di Desa Randotonda Provinsi NTT.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 4 (6): 1217–29.

Mardianti, Desi. 2024. “Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Sosialisasi Program Tahunan Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner 2 (02): 469–82.

Marlina, Leny. 2015. “Manajemen Sumber Daya Manusia (Sdm) Dalampendidikan.” Istinbath 15 (1): 123–39.

Ningrum, Widya Agustin. 2020. “Pola Komunikasi Orang Tua Dan Wali Kelas Untuk Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Paguyuban Di SDN 1 Nologaten, Ponorogo).” IAIN PONOROGO.

Nugraha, Ariadi, and Fuad Aminur Rahman. 2017. “Strategi Kolaborasi Orangtua Dengan Konselor Dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa.” Jurnal Konseling GUSJIGANG 3 (1).

Nurhakim, Haditsa Qur’ani. 2022. “Hak Asasi Anak Perspektif Islam.” Kartika: Jurnal Studi Keislaman 2 (1): 66–80.

Nurhakim, Haditsa Qur’ani. 2023. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Sekolah.” JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi 22 (2): 303–13.

Nurhakim, Haditsa Qur’ani, Iwan Sanusi, Ulvah Nur’aeni, and Giantomi Muhammad. 2024a. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Menghadapi Perundungan Di Sekolah Tingkat Pertama.” Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 7 (2): 95–102.

Nurhakim, Haditsa Qur’ani, Iwan Sanusi, Ulvah Nur’aeni, and Giantomi Muhammad. 2024b. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Guna Pencegahan Tindak Perundungan Siswa.” Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah 8 (2): 166–78.

Nurhakim, Haditsa Qur’ani, Wildan Yahya, and A Mujahid Rasyid. 2021. “TAHFIDZUL QUR’AN LEARNING MANAGEMENT AT PPI 153 AL-FIRDAUS.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 10 (2): 275–84.

Sayuti, M Sayuti. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Lalabata Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.” Jurnal Edukasi Saintifik 1 (2): 139–48.

Solehudin, Sollah. 2019. “Modernisasi Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Subakti, Hani, Gamar Al Haddar, and Elizabeth Angela Orin. 2021. “Analisis Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Daring Kelas Tinggi Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (5): 3186–95.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Wardani, Dewi Ayu Wisnu. 2023. “Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Siswa.” Jawa Dwipa 4 (1): 1–17.

Wardhiny, Bunga Kusuma. 2014. “Kajian Analisis Resiko Bencana Sesar Dalam Penyusunan Arahan Pemanfaatan Ruang Berbasis Mitigasi Bencana Sesar (Studi Kasus Kecamatan Lembang).”

Published

2024-11-30

How to Cite

Nurhakim, H. Q., Rohili, I., Ruswandi, I., Rahmat, M., & Erihadiana, M. (2024). PERAN PAGUYUBAN ORANG TUA SISWA DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN BERBASIS KOLABORASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001), 233–246. https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7543

Citation Check