PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU TERHADAP EFISIENSI ADMINISTRASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI UNGGUL DI MTS AL HIDAYAH MARGA AGUNG LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Mustaqim Hasan Institut Agama Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Anita Anita Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7494

Keywords:

Total Quality Management, Administrative Efficiency, Accreditation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Manajemen Mutu Terpadu (TQM) terhadap efisiensi administrasi sekolah dalam meningkatkan akreditasi unggul di MTs Al Hidayah Marga Agung, Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM di MTs Al Hidayah telah membawa dampak positif terhadap efisiensi administrasi, khususnya dalam pengelolaan data siswa, pengarsipan, dan penyusunan laporan akreditasi. Digitalisasi sistem administrasi yang mulai diterapkan telah membantu mempercepat proses dan mengurangi kesalahan dalam pengelolaan administrasi. Selain itu, penerapan TQM juga mempengaruhi pencapaian akreditasi unggul madrasah, di mana sistem administrasi yang lebih terstruktur dan terorganisir memudahkan proses akreditasi. Namun, masih terdapat kendala dalam pelaksanaan TQM, terutama terkait dengan keterbatasan sumber daya manusia yang terampil dalam penggunaan teknologi dan keterbatasan fasilitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan TQM berperan penting dalam meningkatkan efisiensi administrasi dan membantu pencapaian akreditasi unggul, namun diperlukan upaya lebih lanjut untuk pengembangan teknologi dan pelatihan staf.

Author Biography

Mustaqim Hasan, Institut Agama Islam An Nur Lampung

Dosen Manajemen Pendidikan Islam

References

Azizah, L., & Witri, S. (2021). Peningkatan mutu pendidikan melalui penerapan total quality management dalam program akreditasi sekolah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD. Retrieved from http://journal.ipmafa.ac.id/index.php/dawuhguru/article/view/263

Cahyani, G. H. N., & Trihantoyo, S. (2020). Pengaruh Kinerja Dosen Dan Layanan Administrasi Akademik Tenaga Kependidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Jurusan Manajemen …. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan.

Chandra Oktaviani, E. (2022). Efektivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(3), 164–171. https://doi.org/10.5430/JCT.V3N2P25

Creswell, J. W., & Hanson, W. E. (2007). Qualitative research designs: Selection and implementation. The Counseling …. https://doi.org/10.1177/0011000006287390

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. books.google.com. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=DLbBDQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=creswell&ots=-ip96fHOSw&sig=wHIYWRZFbWOxOGkz6W2GoL7nYY4

Deming, W. E. (1987). Improving the ouality of Education: W. Edwards Deming and Effective Schools. Contemporary Education Review. researchgate.net. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Jacob-Stampen/publication/309679058_Improving_the_Quality_of_Education_W_Edwards_Deming_and_Effective_Schools/links/581ce46808ae12715af2134f/Improving-the-Quality-of-Education-W-Edwards-Deming-and-Effective-Schools.pdf

Deming, W. E. (2003). Improvement of quality and productivity through action by management. … Critical Perspectives on Business and Management. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=cGzxgjWUkaYC&oi=fnd&pg=PA255&dq=deming+total+quality+management&ots=1ZgLdcTnyI&sig=yRieJ5IedqsTdh6b6KleacPBUH4

Denico, A. (2024). Optimalisasi Administrasi Pendidikan Islam untuk Pengelolaan PIAUD yang Berkualitas. Jurnal Adzkiya. Retrieved from http://www.jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/adz/article/view/253

Djuanda, I. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Sebagai Pendidik Profesional dalam Mengembangkan Pembelajaran. Alim | Journal of Islamic Education, 1(2), 353–372. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.145

Hurit, R. U., Tahrim, M. P. T., Putri, M. P. R., & Sri, M. (2021). Administrasi Pendidikan. books.google.com. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=pHJXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA67&dq=administrasi+pendidikan&ots=ZDt0GmF8Mw&sig=M715iog5jqhs6Z-O89R7UmTMIGg

Indriyani, L. (2023). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM QUALITY CONTROL AKREDITASI UNGGUL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 TAPUNG KEC. TAPUNG KAB …. repository.uin-suska.ac.id. Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/74663/

Ishikawa, K. (1987). The quality control audit. Quality Progress. nzoq.org.nz. Retrieved from https://www.nzoq.org.nz/qzine/15071402.pdf

Ismaya, A. (2019). Metodologi Penelitian. Syiah Kuala University Press.

Luthra, S., Garg, D., Agarwal, A., & Mangla, S. K. (2020). Total quality management (TQM): Principles, methods, and applications. taylorfrancis.com. https://doi.org/10.1201/9781003053156

Miskel, H. (2004). Theory, research and practice in educational administration. Transl. Seyed Abbaszadeh, Uromiyeh, Publication of ….

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Rahman, L. Z. (2020). Upaya Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Melalui Sistem Akreditasi Dalam Perspektif Total Quality Management (TQM) Di SD Muhammadiyah Karangbendo …. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi …. Retrieved from https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/intelektual/article/view/1270

Sallis, E. (2006). IMPLEMENTING TQM. The Journal of Engineering. journaleet.in. Retrieved from https://journaleet.in/download-article.php?Article_Unique_Id=JEET1327&Full_Text_Pdf_Download=True

Sallis, E. (2014). Total quality management in education. taylorfrancis.com. https://doi.org/10.4324/9780203417010

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. In Bandung:Alfabeta.

Wibowo, A. S., & Andri, A. (2021). Dashboard Business Intelligence Vusialisasi Data Akreditasi Sekolah Pada SMP Negeri 1 Sembawa. Jurnal Nasional Ilmu Komputer. Retrieved from http://www.journal.jis-institute.org/index.php/jnik/article/view/536

Winarti, T. (2020). Penerapan model pembinaan kelompok dan individu untuk meningkatkan nilai akreditasi komponen standar isi bagi sekolah binaan SMP wilayah kecamatan …. Indonesian Journal of Educational Development …. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/800

Yampol, Y., & Polishchuk, S. (2023). The study of the management of the quality of education in institutions of general secondary education: historical aspect. Scientific Journal of Polonia University. researchgate.net. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Yurii-Yampol/publication/371247129_THE_STUDY_OF_THE_MANAGEMENT_OF_THE_QUALITY_OF_EDUCATION_IN_INSTITUTIONS_OF_GENERAL_SECONDARY_EDUCATION_HISTORICAL_ASPECT/links/65315b395d51a8012b54b749/THE-STUDY-OF-THE-MANAGEMENT-OF-

Yosep Belen Keban. (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA SOCIETY 5.0. JURNAL REINHA, 13(1). https://doi.org/10.56358/ejr.v13i1.123

Published

2024-11-30

How to Cite

Hasan, M., & Anita, A. (2024). PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU TERHADAP EFISIENSI ADMINISTRASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN AKREDITASI UNGGUL DI MTS AL HIDAYAH MARGA AGUNG LAMPUNG SELATAN. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001), 217–232. https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7494

Citation Check