PERAN PUSTAKAWAN DAN GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA PADA DAERAH 3T

Authors

  • Dewi Maharani Rachmaningsih Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7479

Keywords:

Librarian, Teacher, Literacy, 3T Region

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memahami kontribusi dan peran pustakawan serta guru dalam meningkatkan literasi siswa di wilayah 3T. Diharapkan temuan dan rekomendasi dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi berharga dalam upaya meningkatkan literasi siswa di daerah terluar, terpencil, dan tertinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pustakawan dan guru dalam meningkatkan literasi siswa di wilayah Terluar, Terpencil, dan Tertinggal (3T). Fokus penelitian ini adalah untuk memahami kontribusi keduanya dalam mengatasi tantangan literasi yang sering dihadapi oleh wilayah terpencil. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pustakawan, guru, dan siswa dari beberapa sekolah di wilayah 3T. Observasi juga dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang interaksi antara pustakawan, guru, dan siswa dalam konteks literasi. Diharapkan temuan dari penelitian ini dapat memberikan wawasan mendalam tentang strategi, hambatan, dan kontribusi pustakawan serta guru dalam meningkatkan literasi siswa di wilayah 3T. Rekomendasi yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi pedoman bagi institusi pendidikan dan pemerintah dalam meningkatkan literasi siswa di daerah terluar, terpencil, dan tertinggal.

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama

Annisya, A., Sayekti, R., & Syam, A. M. (2023). Persepsi Pustakawan Universitas Sumatera Utara Terhadap Program Sertifikasi Uji Kompetensi. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(2), 83-93.

Dalimunthe, M. A., Pallathadka, H., Muda, I., Devi Manoharmayum, D., Habib Shah, A., Alekseevna Prodanova, N., Elmirzayevich Mamarajabov, M., & Singer, N. (2023). Challenges of Islamic education in the new era of information and communication technologies. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1). https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608

Dalimunthe, M.A. (2022). Keterampilan Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Malaysia di Kota Medan. Langgas: Jurnal Studi Pembangunan 1 (2), 82-89

Dalimunthe, M. A., Syam, A. M., Suhendar, A., & Al-Mujtahid, N. M. (2024). Deconstructing Islamic Cyberculture: Mitigating Inferiority and Cancel Culture in Virtual Space. OPINI: Journal of Communication and Social Science, 1(2), 12-26.Haider, Juta (2022). Responsibility and crisis of information. Paradoxes of Media and Information Literacy. https://e-resources.perpusnas.go.id:2070/handle/20.500.12657/53690

Dalimunthe, M. A., Syam, A. M., Suhendar, A., & Ritonga, A. R. (2024). Optimizing Local Regulations in Creating a Balance of Human Health and Environmental Preservation. KOLABORASI: Journal of Multidisciplinary, 1(1), 1-12.

Hermawan, R & Zen. (2006). Etika Kepustakawanan: Suatu Pendekatan Terhadap Kode Etik Pustakawan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto

Irwan., Desnelita, Y., Susanti, W., Rizal, F., & Ritonga, A. R. (2023). The Implementation of Collaborative Project Based Learning Model with Inquiry Process using E-Learning in Higher Education. Educational Administration Theory and Practice, 29(1), 90–101. Available at: 10.48047/rigeo.11.09.187

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. https://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks%20Aktivitas%20Literasi%20Membaca%2034%20Provinsi

Manurung, AK., Sayekti, R & Syam, AM. (2024). Analisis Pemanfaatan Jurnal Elektronik Sebagai Sumber Belajar Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 10 (17), 178-186

Miftahur. (2022). Peran Perpustakaan Daerah Dalam Membangun Budaya Literasi Masyarakat. Basicedu. 10.31004/basicedu.v6i2.2282

Nurhayani, N., Syam, A. M., & Fahri, Z. (2024). Strategi Pustakawan Dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Di SMA Negeri 4 Kota Tebing Tinggi. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 3(6), 11-20.

Ohorella, N. R., Fauziah, D., & Dalimunthe, M. A. (2024). Brand Awareness Communication Strategy in Setujuan Coffee Marketing on Instagram Social Media. KomunikA, 20(02), 46-57.Prastowo,A. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press

Pratiwi, R. A., Ritonga, S., & Syam, A. M. (2024). Strategi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Layanan Kepada Anak Tunanetra Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri (SDLBN) 117709 Kampung Baru Labuhan Batu. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(1), 272-288.

Rahmah, S., Sayekti, R., Syam, A.M. (2024). Pemanfaatan Jurnal Terakreditasi Nasional Dalam Penulisan Tugas Akhir Oleh Mahasiswa UIN Sumatera Utara. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2 (8), 368-376.

Ridlo, M. R., Gunawan, A., Dewiyana, H., Nasution, L. H., & Ritonga, A. R. (2023). Persepsi Pemustaka Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Pelalawan Dalam Penggunaan Opac. Warta Dharmawangsa, 17(2), 580-601.Ritonga, A., Dalimunthe, M., Veronica, A., Ginting, L. (2023). The Effectiveness of Social Media As A Promotional Medium Of The University Of Sumatera Utara (USU) Library. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) 6 (3), 16-20.

Ritonga, A., Thamrin, M., Siahaan, H., Dalimunthe, M., & Nur’aini, N. (2024). Promotion of ecotourism and communication policy in increasing tourists in Indonesia. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(8), 4764. doi:http://dx.doi.org/10.24294/jipd.v8i8.4764

Ritonga, A. R., Veronica, A., Ginting, L. D. C. U., Dalimunthe, M. A., & Nasution, L. H. (2024). Library promotion in the development of the Universitas Sumatera Utara towards a world-class university. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(6), 4149.

Rusdi, M., Sebayang, V.A., Kholil, S., & Syam, A.M. (2024). Islam and the Ethics of War: Deconstructing Jihad through the Principle of Humanism in Theological Discourses

Salim, Rohman, F. ., & Andinata Dalimunthe, M. . (2024). Innovation in Education: The Influence of Leadership, Organizational Culture, Work Motivation, and Organizational Commitment on the Performance of State and Private Madrasa Ibtidaiyah Teachers in Medan. Educational Administration: Theory and Practice, 30(2). https://doi.org/10.52152/kuey.v30i2.697Silvana, H. (2018). Peran Guru Pustakawan dalam Peningkatan Minat Baca Siswa pada Program Literasi Informasi. Edutech: Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17509/e.v17i2.14101

Salsabila, G., Achiriah, A., & Syam, A. M. (2023). Peran Perpustakaan Lingkaran Dalam Meningkatkan Literasi Budaya Masyarakat Di Desa Denai Lama. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 5(2).

Syam, A. M. (2022). Library Promotion Strategy in the Covid-19 Pandemic Period at Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Serdang Bedagai. International Journal of Cultural and Social Science, 3(2), 88-95.

Wahyuningsih. (2019). The Implementation of Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Program in Elementary School. KnE Social Sciences. https://kneopen.com/KnE-Social/article/view/4684/.

Published

2024-11-30

How to Cite

Rachmaningsih, D. M. (2024). PERAN PUSTAKAWAN DAN GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA PADA DAERAH 3T. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001), 247–256. https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7479

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.