MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER GEN-Z MUSLIM DI SD PLUS AL-KAUTSAR MALANG

Authors

  • Aninda Tri Safinatun Najah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Laila Nur Wahyuni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Wijianti Retno Cahyani UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Devi Pramitha UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7464

Keywords:

manajemen kurikulum, pendidikan karakter, generasi z muslim

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kebutuhan akan penguatan karakter siswa Gen-Z Muslim melalui manajemen kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islami. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan manajemen kurikulum dalam mendukung penguatan karakter siswa di SD Plus Al-Kautsar Malang melalui tiga aspek utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga fokus utama dalam manajemen kurikulum di SD Plus Al-Kautsar Malang. Pertama, perencanaan kurikulum melibatkan integrasi nilai-nilai karakter Islami yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus Gen-Z Muslim. Kurikulum ini dirancang secara tematik, menggabungkan pelajaran agama dan pendidikan karakter dalam berbagai mata pelajaran. Kedua, pelaksanaan kurikulum meliputi kegiatan pembiasaan sehari-hari seperti salat berjamaah, membaca Al-Qur'an, serta program-program penguatan karakter seperti Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang juga mendukung pembentukan sikap mandiri dan berintegritas. Ketiga, evaluasi kurikulum dilakukan secara sistematis dengan metode penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik, termasuk evaluasi perilaku sehari-hari siswa oleh guru dan orang tua. Kesimpulannya, implementasi manajemen kurikulum di SD Plus Al-Kautsar secara efektif mendukung penguatan karakter Gen-Z Muslim, yang tercermin dari konsistensi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembelajaran

References

Perspektif Islam.” Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 9 Januari 2023, 36–47. doi:10.58561/jkpi.v2i1.56.

Amar, Abu. “Konsep Implementasi Model Dan Integrasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah.” IBTIDA’ 1, no. 1 (18 April 2020): 101–14. doi:10.37850/ibtida.v1i1.126.

Bachtiar, Bachtiar. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Kebutuhan Peserta Didik Dan Kehidupan Global Dalam Konteks Indonesia.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 4, no. 2 (3 Oktober 2020): 449–60. doi:10.33487/edumaspul.v4i2.2977.

Brown, Abram. “Everything You’ve Wanted To Know About Gen Z But Were Afraid To Ask.” Forbes, 2020.

Cahyono, Anang Sugeng. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia.” Publiciana 9, no. 1 (2016): 140–57. doi:10.36563/publiciana.v9i1.79.

Dewi, Syafuroh. “Manajemen Kurikulum Pendidikan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pringsewu.” Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2020. http://repository.radenintan.ac.id/12162/.

Fauzan. Kurikulum dan pembelajaran. GP Press, 2017. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36899.

Fitria, Nurin. “Nilai-nilai pendidikan karakter dalam Surah Luqman ayat 12-19: Perspektif Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir.” Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2022. http://etheses.uin-malang.ac.id/40013/.

Francis, Tracy, dan Fernanda Hoefel. “‘True Gen’: Generation Z and Its Implications for Companies,” 2018.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Hamalik, Oemar. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Pt Remaja Rosdakarya, 2009.

Hamdi, Mohamad Mustafid. “Evalusi kurikulum pendidikan.” Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020): 66–75.

Insani, Naila, Yayang Furi Furnamasari, dan Dinie Anggraeni Dewi. “Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Upaya Menghadapi Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (10 Desember 2021): 8937–41. doi:10.31004/jptam.v5i3.2402.

Kemendiknas. Pendidikan Karakter Untuk Bangsa. PN Balai Pustaka, 2011.

Sehat Negeriku. “Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia,” 7 Oktober 2021.

Kurniawaty, Julia Bea. “Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Di Tingkat Sekolah Dasar.” JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan 1, no. 2 (30 Juni 2022). doi:10.30998/.v1i2.986.

Linnes, Cathrine, dan Brian Metcalf. “iGeneration And Their Acceptance of Technology.” International Journal of Management & Information Systems (IJMIS) 21, no. 2 (1 Desember 2017): 11–26. doi:10.19030/ijmis.v21i2.10073.

Magdalena, Ina, Hadana Nur Fauzi, dan Raafiza Putri. “Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya,” 2020.

Marzuki. “Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Karakter 3, no. 1 (25 Februari 2012). doi:10.21831/jpk.v0i1.1450.

Najah, Aninda Tri Safinatun, dan Hikmah Dewi Febriyanti. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Inovasi Manajemen Kurikulum di SMA Al Fattah Sidoarjo.” INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan) 1, no. 4 (2023): 1102–11.

“Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016,” 2016.

Purwanto, Yedi, dan Shohib Khoiri. “Studi Agama & Etika Islam dan Keberagamaan Mahasiswa ‘Z’ Generation: Kajian di Lingkungan Kampus ITB Bandung.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 24, no. 2 (15 Desember 2016): 423–50. doi:10.21580/ws.24.2.1182.

Putra, Yanuar Surya. “Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi.” Among Makarti 9, no. 2 (3 Mei 2017). doi:10.52353/ama.v9i2.142.

Quraisy, Sherly, Khoirul Holis, dan Mohammad Hasan. “Pemikiran Pendidikan Abu Hamid Muhammad Bin Muhammad Al-Ghazali.” Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 3, no. 1 (11 Juni 2023): 58–63. doi:10.57251/ped.v3i1.959.

Resya, Kusuma Ningtyas Pramita. “Evaluasi pembelajaran dalam ranah aspek kognitif pada jenjang pendidikan dasar pada MI Assalafiyah Timbangreja.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 2 (2023).

RI, Kementerian Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya. PT. Sinergi Pustaka Indonesia, 2012.

Rofi’ie, Abdul Halim. “PENDIDIKAN KARAKTER ADALAH SEBUAH KEHARUSAN.” Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter 1, no. 1 (16 Maret 2019): 113–28. doi:10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7.

Sa’dullah, A. “The Importance Of The Role Of An Appropriate Curriculum In Education.” Proceeding Of International Conference On Education, Society And Humanity 1, no. 1 (30 Mei 2023): 409–14.

Salabi, Agus Salim. “Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah.” Education Achievement: Journal of Science and Research, 2020. doi:10.51178/jsr.v1i1.177.

Shidqi Luthfir Rahman. “Manajemen Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Alam Cendekia Bogor.” Doctoral, Universitas Negeri Jakarta, 2021. http://repository.unj.ac.id/14249/.

Sukmawati, Henny. “Peranan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum.” Ash-Shahabah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9, No. 1 (19 Februari 2023): 90–95. doi:10.59638/ash.v9i1.324.

Supriyanto. Filsafat Akhlak Ibnu Miskawaih. Banyumas: CV. Rizquna, 2022. https://repository.uinsaizu.ac.id/18446/.

Surani, Dewi. “Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, no. 1 (31 Mei 2019): 456–69.

Sutrisno, Sutrisno, Isrohmawati Isrohmawati, Emi Bahrul Munif, Jemmy Jemmy, dan Abdul Wahab. “Instilling Character Education Through Habituation at School with the Help of Parents.” Journal Emerging Technologies in Education 1, no. 6 (26 Desember 2023): 386–97. doi:10.55849/jete.v1i6.532.

Vreuls, Joyce, Marcel van der Klink, Mieke Koeslag-Kreunen, Slavi Stoyanov, Henny Boshuizen, dan Loek Nieuwenhuis. “Responsive curriculum development: which factors support breaking through institutional barriers?” Journal of Vocational Education & Training 0, no. 0 (t.t.): 1–29. doi:10.1080/13636820.2023.2270470.

Wahyudin, Dinn. “Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Profesi Guru (Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia).” Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran 46, no. 2 (15 Desember 2016): 259–70. doi:10.21831/jk.v46i2.11625.

Widyawati, Eni Rahayu, dan Sukadari Sukadari. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Alat Pembelajaran Kekinian Bagi Guru Profesional IPS Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0.” Proceedings Series on Social Sciences & Humanities 10 (24 Juli 2023): 215–25. doi:10.30595/pssh.v10i.667.

Zaqiah, Qiqi Yuliati, Yeti Heryati, dan Ibrahem Narongraksakhet. “Implementation of The Thematic-Integrative Learning to Enhance Students Skill in The 4.0 Era.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (31 Desember 2021): 243–54. doi:10.15575/jpi.v7i2.15220.

Zubaedi, Zubaedi. Buku Desain Pendidikan Karakter Konsepsinya Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Vol. 3. Kharisma Putra Utama, 2013. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4419/.

Published

2024-11-30

How to Cite

Najah, A. T. S., Wahyuni, L. N., Cahyani, W. R., & Pramitha, D. (2024). MANAJEMEN KURIKULUM UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER GEN-Z MUSLIM DI SD PLUS AL-KAUTSAR MALANG. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001). https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7464

Citation Check