PENDAMPINGAN PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP SUPERVISI INERJA KEPALA SEKOLAH DAN GURU SMP DALAM EMBELAJARAN DI KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7204Keywords:
Pendampingan, Supervisi, Evaluasi Kinerja Kepala SekolahAbstract
Kepala Sekolah dalam menjalankan tugasnya tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan pengawas sekolah. Pengawas sekolah berkewajiban mendampingi kepala sekolah untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Kepala sekolah berperan membawa keberhasilan dalam memandu, membangun, memberi motivasi, menjalin jaringan komunikasi, dan memberi supervisi yang efektif. Tujuan dari karya tulis ini yaitu menggambarkan pelaksanaan pendampingan pengawas melalui analisis teori dan dengan melalui pendekatan empiris. Pelaksanaan pendampingan berkaitan dengan institusi atau organisasi. Kajian ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu : 1) Pendahuluan, yang berisi uraian permasalahan terkait dengan pendampingan terhadap evaluasi kinerja kepala sekolah dan guru, 2) Pembahasan, menguraikan pengertian supervisi pendapat para ahli yang didukung data dan informasi empiris kemudian dikontruksikan oleh penulis sehingga lebih spesifik pada jenis dan fungsi pendampingan yang ingin dicapai. 3) Penutup, Pendampingan pengawas terhadap supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan evaluasi kinerja kepala sekolah dalam supervisi pembelajaran di Korwil Bidik Kecamatan Ciledug.
References
Admodiwirio, Soebagio. Manajemen Pendidikan Indonesia, Cet. I; Jakarta: Ardadizya, 2000.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, Cet. VIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Agama Islam, Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Anoraga, Panji. Perilaku Keorganisasian, Jakarta: Pustaka Jaya, 2008
Aqib, Zainal. Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah, Bandung: Irama Widya, 2006.
Asf, Jasmani dan Syaiful Mustofa. Pendampingan Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas dan Guru. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Bernawi dan Mohammad Arifin, Kinerja Guru Profesional, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2012
Danim, Sudarwan. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta,2010. Darmadi, Hamid. Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan Implemen-
tasi, Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2010.
. Inovasi Pendidikan dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga
kependidikan. Cet. I; Bandung, Pustaka Setia, 2002.
Davies, Ivor K. Pengelolaan Belajar, Jakata: Rajawali Pers, 1987.
Departemen Agama RI, Al-Qur’a>n dan Terjemahnya. Bandung: Haekal Media Centre, 2009.
Kementerian Agama RI, Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah, 2010.
. Kementerian Agama RI Permenag Nomor 2 Tahun 2012, tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama pada Sekolah, 2012.
Kementerian Pendididikan Nasional RI, Buku Kerja Pengawas Sekolah, Cet. II; Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, 2011.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, Cet. IV; Jakarta: PN Balai Pustaka, 2007.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga Cet.
II; Jakarta: PN Balai Pustaka, 2002
. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah , Jakarta: Sinar Grafika, 2007.
Direktorat Tenaga Kependidikan, Penilaian Kinerja Guru, Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Depdiknas, 2008.
Hadi Purnama, Waluyo. Belajar Membelajarkan, Cet II; Yogyakarta: Media Pustaka Kencana, 2008
Ibrahim, R. dan Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Idris, “Pengaruh Pendampingan Tehadap Peningkatan Kemampuan Profesionalisme Guru pada Madrasah Aliyah di Watampone”, Tesis, PPS. UIN. Makassar, 2008.
Kementerian Agama RI, Permenag Nomor 2 Tahun 2012, tentang Pengawas
Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama pada Sekolah, 2012.
Kemendiknas RI, Buku Kerja Pengawas Sekolah, Cet. II; Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, 2011.
M. Echols, John dan Hasan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. Cet. XXIX; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.
Mangkunegara, A. Anwar Prabu, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Rosda Karya, 2000.
Mappanganro, Pemilikan Kompetensi Guru, Makassar: Alauddin Press, 2010 Mulyasa, E. Uji Kompetensi Guru dan Penilaian Kinerja Guru, Cet. Bandung:
Remaja Rosdakarya, 2013.
. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajran yang Kreatif dan Menyenangkan (Cet. XIX; Badung: Rosda Karya, 2010.
Nazir, Mohammad. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.
Nurdin, Muhammad. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Presma Sophe, 2004.
Parenrengi, Arsyad “Pengaruh Kinerja Pengawas terhadap Kinerja Guru PAI pada Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah di Kab. Sinjai”, Disertasi, PPS. UIN. Makassar, 2007
Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Pendampingan Pendidikan , Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Prabumangkunegara, A.Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perusahaan
Bandung: Remaja Rosda karya, 2004.
Prawirosentono, Suyuti. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan,Yogyakarta:BPFE,1999.
Prawirosentono, Suyadi. Kebijakan Kinerja Karyawan , Yogyakarta: BPFE, 1999. Prayitno dan Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling , Cet. II; Jakarta:
Rineka Cipta, 2004.
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Pendampingan Pendidikan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Republik Indonesia, Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Cet. IV; Citra Umbaran, 2006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Abdurakhman Abdurakhman, M. Nasor, Andarir Andarir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
 
						




