PENDAMPINGAN PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP SUPERVISI INERJA KEPALA SEKOLAH DAN GURU SMP DALAM EMBELAJARAN DI KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON

Authors

  • Abdurakhman Abdurakhman Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • M. Nasor UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Andarir Andarir Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7204

Keywords:

Pendampingan, Supervisi, Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah

Abstract

Kepala Sekolah dalam menjalankan tugasnya tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan pengawas sekolah. Pengawas sekolah berkewajiban mendampingi kepala sekolah untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Kepala sekolah berperan membawa keberhasilan dalam memandu, membangun, memberi motivasi, menjalin jaringan komunikasi, dan memberi supervisi yang efektif. Tujuan dari karya tulis ini yaitu menggambarkan pelaksanaan pendampingan pengawas melalui analisis teori dan dengan melalui pendekatan empiris. Pelaksanaan pendampingan berkaitan dengan institusi atau organisasi. Kajian ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu : 1) Pendahuluan, yang berisi uraian permasalahan terkait dengan pendampingan terhadap evaluasi kinerja kepala sekolah dan guru, 2) Pembahasan, menguraikan pengertian supervisi pendapat para ahli yang didukung data dan informasi empiris kemudian dikontruksikan oleh penulis sehingga lebih spesifik pada jenis dan fungsi pendampingan yang ingin dicapai. 3) Penutup, Pendampingan pengawas terhadap supervisi yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan evaluasi kinerja kepala sekolah dalam supervisi pembelajaran di Korwil Bidik Kecamatan Ciledug.

References

Admodiwirio, Soebagio. Manajemen Pendidikan Indonesia, Cet. I; Jakarta: Ardadizya, 2000.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, Cet. VIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Agama Islam, Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Anoraga, Panji. Perilaku Keorganisasian, Jakarta: Pustaka Jaya, 2008

Aqib, Zainal. Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah, Bandung: Irama Widya, 2006.

Asf, Jasmani dan Syaiful Mustofa. Pendampingan Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas dan Guru. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Bernawi dan Mohammad Arifin, Kinerja Guru Profesional, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2012

Danim, Sudarwan. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta,2010. Darmadi, Hamid. Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan Implemen-

tasi, Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2010.

. Inovasi Pendidikan dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga

kependidikan. Cet. I; Bandung, Pustaka Setia, 2002.

Davies, Ivor K. Pengelolaan Belajar, Jakata: Rajawali Pers, 1987.

Departemen Agama RI, Al-Qur’a>n dan Terjemahnya. Bandung: Haekal Media Centre, 2009.

Kementerian Agama RI, Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah, 2010.

. Kementerian Agama RI Permenag Nomor 2 Tahun 2012, tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama pada Sekolah, 2012.

Kementerian Pendididikan Nasional RI, Buku Kerja Pengawas Sekolah, Cet. II; Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, 2011.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, Cet. IV; Jakarta: PN Balai Pustaka, 2007.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga Cet.

II; Jakarta: PN Balai Pustaka, 2002

. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah , Jakarta: Sinar Grafika, 2007.

Direktorat Tenaga Kependidikan, Penilaian Kinerja Guru, Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Depdiknas, 2008.

Hadi Purnama, Waluyo. Belajar Membelajarkan, Cet II; Yogyakarta: Media Pustaka Kencana, 2008

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Idris, “Pengaruh Pendampingan Tehadap Peningkatan Kemampuan Profesionalisme Guru pada Madrasah Aliyah di Watampone”, Tesis, PPS. UIN. Makassar, 2008.

Kementerian Agama RI, Permenag Nomor 2 Tahun 2012, tentang Pengawas

Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama pada Sekolah, 2012.

Kemendiknas RI, Buku Kerja Pengawas Sekolah, Cet. II; Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, 2011.

M. Echols, John dan Hasan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. Cet. XXIX; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Mangkunegara, A. Anwar Prabu, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Rosda Karya, 2000.

Mappanganro, Pemilikan Kompetensi Guru, Makassar: Alauddin Press, 2010 Mulyasa, E. Uji Kompetensi Guru dan Penilaian Kinerja Guru, Cet. Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2013.

. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajran yang Kreatif dan Menyenangkan (Cet. XIX; Badung: Rosda Karya, 2010.

Nazir, Mohammad. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Nurdin, Muhammad. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Presma Sophe, 2004.

Parenrengi, Arsyad “Pengaruh Kinerja Pengawas terhadap Kinerja Guru PAI pada Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah di Kab. Sinjai”, Disertasi, PPS. UIN. Makassar, 2007

Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Pendampingan Pendidikan , Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Prabumangkunegara, A.Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perusahaan

Bandung: Remaja Rosda karya, 2004.

Prawirosentono, Suyuti. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan,Yogyakarta:BPFE,1999.

Prawirosentono, Suyadi. Kebijakan Kinerja Karyawan , Yogyakarta: BPFE, 1999. Prayitno dan Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling , Cet. II; Jakarta:

Rineka Cipta, 2004.

Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Pendampingan Pendidikan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Republik Indonesia, Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Cet. IV; Citra Umbaran, 2006.

Published

2024-11-30

How to Cite

Abdurakhman, A., Nasor, M., & Andarir, A. (2024). PENDAMPINGAN PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP SUPERVISI INERJA KEPALA SEKOLAH DAN GURU SMP DALAM EMBELAJARAN DI KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(001), 201–216. https://doi.org/10.30868/im.v7i001.7204

Citation Check