PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS XI MAS AL JUNAIDIYAH
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7200Keywords:
tudent facilitator, explaining, Learning outcomes, IPSAbstract
Memperlihatkan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi kesuksesan proses belajar adalah peran guru. Banyak guru masih mengaplikasikan metode ceramah dan pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centered), Proses pembelajaran seperti hal ini tidak dapat dianggap sebagai metode pengajaran yang efektif. Oleh karena itu, diperlukan tindakan konkret oleh guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Tindakan tersebut mencakup penerapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model student facilitator and explaining. Tujuan penelitian yang dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah Kuantitatif eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MA Al Junaidiyah yang berjumlah 26 siswa. Sampel pada penelitian ini dalah kelas XI1 dan XI2. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memberikan tes soal kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajara student facilitator and explaining hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran IPS. Nilai rata-rata post-test menunjukkan bahwa nilai dari kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control yaitu sebesar 76,66 kelas eksperimen dan 61,66 untuk kelas control.
References
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.
Astriani, M., Indriani, C., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Pada Kondisi Tatap Muka Terbatas Mata Pelajaran Biologi Di Man 1 Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 74. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i1.5306
Dalimunthe, M. A., Pallathadka, H., Muda, I., Devi Manoharmayum, D., Habib Shah, A., Alekseevna Prodanova, N., Elmirzayevich Mamarajabov, M., & Singer, N. (2023). Challenges of Islamic education in the new era of information and communication technologies. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1). https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608
Dalimunthe, M.A. (2022). Keterampilan Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Malaysia di Kota Medan. Langgas: Jurnal Studi Pembangunan 1 (2), 82-89
Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631–1638.
Gompi, M., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Sisiwa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3287–3295. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1739
Halik A, Israwaty & Monalisa. 2019. Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan. 7(2), 126.
Indainanto, Y. I., Dalimunthe, M. A., Sazali, H., Rubino, & Kholil, S. (2023). Islamic Communication in Voicing Religious Moderation as an Effort to Prevent Conflicts of Differences in Beliefs. Pharos Journal of Theology, 104(4). https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.415
Irwan., Desnelita, Y., Susanti, W., Rizal, F., & Ritonga, A. R. (2023). The Implementation of Collaborative Project Based Learning Model with Inquiry Process using E-Learning in Higher Education. Educational Administration Theory and Practice, 29(1), 90–101. Available at: 10.48047/rigeo.11.09.187
Johnson, M., et al. (2020). Effectiveness of student facilitator and explaining model in improving learning outcomes in IPS subjects. Journal of Educational Psychology and Pedagogy, 22(3), 341-356.Jones, S. L., & Caraway, K. (2017). Enhancing learning through student facilitator and explaining model in social studies classrooms. Journal of Educational Research, 45(2), 213-228.
Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59
Permata, S., & Ahman, E. (2022). Komparasi employee engagement saat WFO dan WFH. Inovasi, 18(2), 326–332. https://doi.org/10.30872/jinv.v18i2.10552
Ritonga, A.R., Frimansyah., Zein, A., Syam, A.M., Ohorella, N.R. (2024). Misconceptions of Jihad: A Constructivist Review of the Meaning of Struggle in Islam in the Modern Era: Analysis of the verses al-Amwaal wa al-Nafs. Pharos Journal of Theology. 105(1), pp. 1–13. Available at: https://doi.org/10.46222/pharosjot.1053
Ritonga, A.R., Dalimunthe, M.A., Veronica, A., Ginting, & L. D. C. U (2023). The Effectiveness of Social Media As A Promotional Medium Of The University Of Sumatera Utara (USU) Library. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) 6 (3), 16-20
Rubino, R., Ritonga, A.R., Madya, E.B. & Ritonga, H.J. (2023).The Ethics of the Apostle Da'wah in the Qur'an and its Application in Social Media. Pharos Journal of Theology, 104(2).https://www.pharosjot.com/uploads/7/1/6/3/7163688/article_10_vol_104_2__indonesia_correct.pdf
Sayekti, R., Batubara, A. K., Aditya, M., Purwaningtyas, F., & Syam, A. M. (2021). When the" Library as Place" Matters: A Case Study of an Academic Library. Library Philosophy & Practice.
Sikumbang, A. T., Dalimunthe, M. A., Kholil, S., & Nasution, N. F. Digital Da'wah Indonesia Ulema in the Discourse of Theology. Pharos Journal of Theology. 105(1). 1-14. https://doi.org/10.46222/pharosjot.1051
Smith, J., & Johnson, A. (2019). The impact of student facilitator and explaining model on academic achievement in secondary schools. International Journal of Educational Psychology, 36(4), 567-581.
Suhendar, A., Azis, D., Yusoff, M. Z. M., & Utami, A. R. (2024). Optimizing citizenship education for ecological awareness: Analysis of the effectiveness of the lihat sampah ambil (LISA) program in environmental conservation. Journal of Professional Learning and Sustainable Education, 1(1), 17-26.
Suhendar, A., Dalimunthe, M. A., Chairunnisa, V., & Rambe, R. F. A. K. (2024). Local government efforts to prevent bullying in learning environments. Journal of Teaching and Learning Environments, 1(1), 36-45.
Suhery, Putra, T., & Jasmalinda. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.
Syam, A. M. (2023). User Perceptions of The Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan Library Related to Library Facilities and Infrastructure. International Journal of Cultural and Social Science, 4(1), 6-14.
Syam, A. M. (2023). Utilization of electronic journals as a learning resource for students Poltekkes Kemenkes of North Sumatera. Contagion: Scientific Periodical Journal of Public Health and Coastal Health, 3(2), 124-143
.Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).