MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENCAPAI MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI DI MTsN 2 PALUTA

Authors

  • Vena Annisa Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Amiruddin Siahaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Makmur Syukri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7196

Keywords:

Principal's Management, Madrasah Mandiri, High-Achieving Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kepala madrasah dalam mencapai madrasah mandiri berprestasi di MTsN 2 Paluta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah MTsN 2 Paluta menerapkan manajemen yang efektif melalui visi dan misi yang jelas, perencanaan yang matang, pelaksanaan yang terorganisir, serta monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan. Kepemimpinan kepala madrasah yang visioner, inspiratif, dan demokratis menjadi faktor kunci dalam memotivasi guru dan staf untuk meningkatkan kinerja dan mencapai prestasi. Madrasah ini juga menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, seperti orang tua siswa, komite madrasah, dan instansi terkait. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kepala madrasah yang efektif merupakan faktor penting dalam mencapai madrasah mandiri berprestasi. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan madrasah di Indonesia, khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan madrasah.

References

Abdillah Pius dan Prasetya Danu. (2009). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta.

Ahmad Susanto. (2018). Konsep,Strategi,Dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Depok : Prenadamedia group.

Anwar Prabu. Mangkunegara. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet ke-7. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Rosda Karya.

Daryanto. (1998). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirjen Kelembagaan Agama lslam Direktorat Madrasah dan PAI di Sekolah Umum, Sejumlah Madrasah: Pertumbuhan, Dinamika, dan Perkembangannya di Indonesia. Departemen Agama Rl, 2004

Djamarah, Syaiful Bahri. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis, Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Mulyasa (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya

E. Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya

F. Luthans. (2005). Organizational Behavior. New York: McGraw-hill. 2005.

Gaspersz, Vincent. (2005). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemeritah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hadijaya, Yusuf. (2013). Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidik Efektif, Medan: Perdana Publising.

Hafid Abbas. (1998). Pengembangan IAIN dan STAIN dalam Memasuki Abad 21: Sebuah Pemikiran Konseptual. Seri VIII. Lekmr.

Hamalik, Oemar Hamalik. (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya

Handoko, Hani. (2002). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu S. P. ( 2007). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah Jakarta : Bumi Aksara.

Hidayar, Rahmat dan Candra Wijaya. (2017). Ayat-ayat Alquran Tentang Manajemen. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Iron Ariin. (1998). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Malang: IKIP.

Jerome S. Arcaro, (2007). Pendidikan Berbasis Mutu (prinsip-prinsip perumusan dan tata langkah penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komari, Aan Komari dan Cepi Triana. (2006). Visioneriy Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Lazaruth, Soewadji. (1984). Kepala Madrasah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Made Pidarta. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta:PT.Rineka Cipta

Mitchell, T. R . (1978). People in Organizational Understanding The Behavior, terj. Sodarmayanti. Kogakhusa, McGraw-Hili.

Muhammad Nur, dkk. (2019). “Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SDN Dayah Guci Kabupaten Pidie” Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 4 No. 1, Summer Februari 2019

Mujamil Qomar. (2008). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Munir, Abdullah. (2008). Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Munir, Abdullah. (2008). Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mutohar, P. M. (2013). Manajemen Mutu Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Nana Syaodih Sukmadinata, dkk, (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (konsep, prinsip, daninstrument). Bandung: PT. Refika Aditama.

Nanang Fattah. (2004). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, Soekijo. (1992). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prawirosentono, Suyadi. (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan. Jakarta: Bina Aksara.

Priansa, Donni Juni dan Risma Somad. (2014). Manajemen Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Provus, M. (2015). The Disrepancy Evaluation Model dalam Presentasi Makalah Kumahani Bt Ku Mat Desa. Penerjemah; Jamil Ahmad.

Purwanto, Ngalim. (2003). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rodaskarya.

Qomar, Mujamil. (2008). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Rahman. (2007). Manajemen Kinerja Dosen di Perguruan. Bandung: Rosdakarya.

Ramayulis & Mulyadi. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Republik Indonesia. PERMENAG, No. 29 Tahun 2014 Tentang Kepala Madrasah. Jakarta: Menteri Agama RI.

Robert Bacal. (2005). Performance Management. Jakarta: Terjemahan PT Gramedia Pustaka.

Ruslan, Rosaly. (2010). Metode Penelitian Public Relation dan komunikasi. Cet.V. Jakarta: PT Raja GrafindoPersado.

Ruyatnasih, Yaya dan Liya Megawati. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV Absolute Media.

Sahertian, Piet A. (1981). Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sallis, E. (2003). Total Quality Management in Education. London : Coghan Page Educational Management Series.

Satori, Djam’an Satori dan Aan Komariah. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. III. Jakarta: PT Raja Grafindopersada.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Prodoktifitas Kerja. Jakarta: STIE YKPN.

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Refika Aditama, Bandung.

Siagian, S. P. (2001). Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Simamora, Hery. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: YKPN.

Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM (Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Teori, Dimensi Pengukuran dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharsaputra, Uhar Suharsaputra. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Supardi. (2013). Profesionalisme Guru. Cet. 6. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suparlan. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dari Teori sampai Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional: pedoman kinerja, kualifikasi & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Syafaruddin dan Anzizhan. (2004). Sistem Pengambilan Keputusan dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Syafaruddin dan Anzizhan. (2004). Sistem Pengambilan Keputusan dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Tilaar, H.A.R. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tim Penyusun Standar Kompetensi. (2007) Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Yogyakarta: PustakaYustisia.

Usman, Husaini. (2008). Management. Jakarta:PT. Bumi Aksara.

Veithzal Rivai. (2004). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Persada.

Wahdjosumidjo. (1999). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahdjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahyudi, Imam. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru,Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wijaya, A, Cece. (1991). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda karya

Winoto, Suhadi. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Bildung.

Yamun, Martinis dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yuliana. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditiya Media

Zakiyudi, Ais. (2020). Evaluasi Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Sekolah Wirausaha Indonesia. Cakrawala-Jurnal Humaniora. 2579-3314, 20 (1)

Published

2024-07-29

How to Cite

Harahap, V. A., Siahaan, A., & Syukri, M. (2024). MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENCAPAI MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI DI MTsN 2 PALUTA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7196

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.