PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA KONFLIK DI SEKOLAH MTS HUBBUL WATHON
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7175Keywords:
Managerial Role, Conflict, PrincipalAbstract
Kepala Sekolah butuh mengelola konflik ini supaya tidak merugikan proses pembelajaran. Kedudukan manajerial Kepala Sekolah sudah tumbuh dari semata- mata pengelola administratif jadi pemimpin yang mempunyai tanggung jawab lebih besar dalam membangun budaya sekolah yang inklusif serta efisien, tercantum menanggulangi konflik di antara anggota komunitas sekolah. Tata cara riset yang digunakan penulis merupakan deskriptif kualitatif yang mengacu pada uraian mengenai. Kedudukan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengelola Konflik Di Sekolah Mts Hubbul Wathon ini bisa digolongkan ke dalam riset deskriptif kualitatif, karena informasi yang diperoleh lewat fenomena, pengamatan dan wawancara dari dinamika realita yang terjalin sebetulnya di lapangan buat setelah itu dideskripsikan. Dalam mengelola konflik di Sekolah MTS Hubbul Wathon, kedudukan manajerial kepala sekolah jadi kunci dalam menghasilkan area sekolah yang harmonis serta produktif.
References
Abrori, M., & Muali, C. (2020). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. JUMPA: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 1-16.
Budiarti, B., Haryati, T., & Yuliejantiningsih, Y. (2023). Peran Komite Sekolah Dalam Implementasi Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah Di Tk Perjuangan Desa Kluwih Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 12(2).
Daud, Y. M. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Manajerial Sekolah. Intelektualita, 12(1).
Fiandi, A., & Junaidi, J. (2023). Manajemen Konflik Dalam Perspektif Lembaga Pendidikan Islam. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 1-8.
Guntur, I., & Pasek, M. E. (2022). Pengaruh Stres Dan Konflik Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai Kantor Desa Tegal Harum Denpasar Barat (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Hadi, S. (2020). Model pengembangan mutu di lembaga pendidikan. Pensa, 2(3), 321-347.
Ismanto, H., Murtafiah, N. H., & Lestari, S. (2022). Implementasi Peran Komite Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Di Sma Negri 1 Bakauheni Lampung Selatan. Unisan Jurnal, 1(1), 491-501.
Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), 333-342.
Lisnawati, R. (2017). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kinerja Guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(2), 143-149.
Nurhuda, S. R. (2021). Peran Public Relations dalam Penyelesaian Konflik Internal di MAN 2 Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Simbolon, A. (2018). Pengaruh Persepsi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, Dan Alttruistik Terhadap Disiplin Kerj Guru Smk Sub Rayon 06 Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).
Tambunan, A. M., AY, M. H., & Degeng, I. N. S. (2017). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Konflik Menyikapi Dampak Negatif Penerapan Full Day School. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 848-852.
Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).