PROGRAM BIMBINGAN KARIR ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PROKRASTINASI AKADEMIK TINGKAT SMK
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v3i2.716Abstract
Dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan formal peran peserta didik menjadi salah satu faktor penting terlaksanannya kegiatan pembelajaran, dengan katalain peserta didik memiliki peran penting dalam terselenggaranya pendidikan. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, pendidikan di Indonesia semakin memiliki beragam masalah, terutama masalah pada peserta didik yang salah satunya adalah masalah prokrastinasi akademik pada peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi program bimbingan karir Islami untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa prokrastinasi akademik tingkat SMK. Program tersebut difokuskan kepada para prokrastinator khususnya di kelas XII yang akan menghadapi dunia bersaing yang sesungguhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research, dengan peneliti langsung kelapangan untuk melihat fenomena, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu program bimbingan dan konseling karir dari sekolah yang diteliti masih belum dituangkan ke dalam bentuk program secara khusus, dengan kata lain layanan bimbingan karir masih tersirat. Dari temuan tersebut maka, peneliti membuat produk dalam bentuk program khusus layanan bimbingan dan konseling karir Islami untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa prokrastinasi, dengan tujuan layanan bimbingan dan konseling karir Islam dapat diperhatikan secara khusus, untuk memebantu peserta didik/konseli memecahkan masalah karirnya
Kata Kunci: Minat Berwirausaha, Program Bimbingan Karir Islami, Prokrastinasi Akademik
References
Apriani, P., Rahman, I. K., & Hamdani, I. (2018). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Tawazun, 11(1), 42–51.
Fahmi, R., & Amanda, T. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Integrated Journal of Business and Economics (IJBE), 2(1), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.571256
Fathmah, A., Suteja, J., & Muzaki. (2019). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir Islam Terhadap Peingkatan Pemahaman Siswa Di Dalam Pemilihan Karir (studi kasus pada kelas XI SMA Negeri 1 Gegesik). Bimbingan Dan Konseling Islam, (Bimbingan dan Konseling KArir Islam), 1–15.
Faujiah, R. A., Rahman, I. K., & Yono, Y. (2018). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Religiusitas Siswa di SMA Negeri 10 Bogor. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 510–520. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.3952
Fitria, K. N. (2016). Layanan Bimbingan Karir dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Di SMK/SMF “Indonesia†Yogyakarta. 2002(1), 1–136. https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188
Frendi Fernando, I. K. R. (2016). KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) UNTUK MEMBANTU MENYEMBUHKAN PERILAKU PROKRASTINASI MAHASISWA. Edukasi, 2(2), 215–236. https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188
Gumilang, R. M. (2015). Perencanaan karir calon pensiunan dalam perspektif bimbingan dan konseling islam ( Studi kasus di yayasan taman siswa jetis yogyakarta).
Huda, A. N. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Karir Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Enterpreunership Peserta Didik di SMK PGRI 4 Bandar Lampung Tahn ajaran 2018/2019. (Bimbingan Karir), 1–106.
Indrizal, E. (2016). DISKUSI KELOMPOK TERARAH Focus Group Discussion (FGD) (Prinsip-Prinsip dan Langkah Pelaksanaan Lapangan). FISIP Universitas Andalas, Padang, 75–82.
Munawaroh, M., Alhadi, S., & Saputra, W. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p026
Mutia, T. (2019). Arsip Program Bimbingan dan Konseling SMK 1 dan 3 Negeri Bogor.
Pamungkas, N. D. (2019). BIMBINGAN KARIR UNTUK MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP PADA KORBAN KEKERASAN BERBASIS GENDER DI APPS SRAGEN. IAIN Surakarta, (Bimbingan karir), 1–67.
Rahman, I. K., Indra, H., & Kasman, R. (2018). PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BEHAVIOUR OF ACADEMIC PROCRASTINATION AND GUIDANCE AND COUNSELING SERVICES. Tadbir Muwwahid, 2(2), 111–119.
Rosmiati, R., Junias, D. T. S., & Munawar, M. (2015). Sikap, Motivasi, Dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1), 21–30. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.21-30
Sugiyono. (2010). Metoe Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wanto, H., & Halimah, S. (2018). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Kecerdasan Emosional. Studi Agama Dan MAsyarakat, 14(1), 53–63. https://doi.org/10.23971/jsam.v14i1.perguruan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).