PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 11 TAKENGON
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7097Keywords:
Leadership, Principal, Quality Of EducationAbstract
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sekolah yang bermutu tinggi sangat ditentukan oleh kepemimpinan pendidikan yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah. Kepala Sekolah harus mengembangkan program program baru sebagai sebuah inovasi dalam pengelolaan proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik utama dalam mengumpulan data yaitu observasi dan wawancara yang mendalam. Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan sangat penting dan kompleks. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki tanggung jawab dalam mengkoordinasikan upaya meningkatkan pembelajaran yang bermutu di sekolah
References
Agustin, A., & Purwanto, M. B. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA. LIMEEMAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Volume, 1(2), 55–64.
Akmalia, R., Simangunsong, A. S., Azzahrah, N., & Halawa, S. (2023). Upaya Peningkatan Standar Mutu Standar Mutu Pendidikan Di Sma Al-Hidayah Medan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1783–1791.
Dermawan, O. (2020). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Metro Lampung. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(1), 72–81. https://doi.org/10.24235/jiem.v4i1.6828
Dwi, A. J., Sari, R., & Giatman, M. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 329–333.
Efendi, F., Sunaryo, H., & Harijanto, D. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah melalui Komitmen Kerja terhadap Kinerja Guru Merdeka Belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 19–32. https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.60605
Endaryono, B. T. (2019). Implementasi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Melalui Melalui Sistem Nilai. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 1(1), 91–97. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v1i1.19
Fiannisa, M., Datuk, B., & Rambe, M. F. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Mediasi. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 7(1), 43–58.
Jaya, N., Mukhtar, A., & UA, A. N. A. (2020). Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi, Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1393
Latifah, N. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 175–183.
Lestari, L. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Ta’dibiya, 3(2), 111–131.
Mardizal, J., Anggriawan, F., Ghazali, A., Haddar, G. Al, Padang, U. N., Widya, U., Mahakam, G., Bina, U., Informatika, S., & Primagraha, U. (2023). Model Kepemimpinan Transformational , Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4 . 0. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994– 3003.
Marpaung, F. N., Nadeak, B., & Naibaho, L. (2023). Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3761–3772.
Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Quality, 7(2), 48. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039
Mujadi, H. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Tajinan Kabupaten Malang). Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.32478/leadership.v3i1.874
Munirom, A. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0A https://doi.org/
Muslim, B., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 149–158. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5586
Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.938
Rifki Solana, M., & Mustika, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Pendidikan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406–418. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.231
Rojaki, M., & Yuliana, B. (2023). Komponen Penentu Keberhasilan Pendidikan Kejuruan. EduCurio Journal, 2(1), 19–27.
Sahabuddin. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 21 Makassar. Jurnal AAl-Qiyam, 3(1), 97–109. https://ojs.staialfurqan.ac.id/alqiyam
Saputra, A. Y., & Ramadan, Z. H. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3946–3954. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5114
Shobri, M. (2020). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Hasan Jufri. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 11–26. https://doi.org/10.37348/cendekia.v3i1.32
Siswopranoto, M. F. (2022). Standar Mutu Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i1.372
Suherman, Farobi, O. Al, Guntara, Y., & Ilham, B. (2024). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior : Kepuasan Kerja , Kompetensi dan Kepemimpinan ( Studi Literature Review ). Jurnla Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 160–166.
Sutikno, Y., Hosan, & Irawati. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Yadi. Jurnal Maitreyawira, 3(April), 1–7.
Sutisna, S. H., Rozak, A., & Saputra, W. R. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(9), 6895–6902.
Syafii, A., Bahar, Shobicah, & Muharam, A. (2023). Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1697–1701.
Syarifah, S., & Hasanah, A. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 1(1), 63. https://doi.org/10.24014/japkp.v1i1.9214
Tamin, S. (2020). Kepala sekolah yang bermutu. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2), 165–192. https://doi.org/10.24853/ma.3.
Wahyudi, A., Nasruallah, M., & Azis, T. N. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Smp Darunnajah 2 Cipining Bogor. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(6), 1873–1880.
Wulandari, A., Eripudin, & Arifannisa. (2018). Sistem Pendidikan Indonesia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Edu Research, 7(2), 9–16
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).