PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 11 TAKENGON

Authors

  • Pitri Ristia Ningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7097

Keywords:

Leadership, Principal, Quality Of Education

Abstract

Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sekolah yang bermutu tinggi sangat ditentukan oleh kepemimpinan pendidikan yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah. Kepala Sekolah harus mengembangkan program program baru sebagai sebuah inovasi dalam pengelolaan proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik utama dalam mengumpulan data yaitu observasi dan wawancara yang mendalam. Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan sangat penting dan kompleks. Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki tanggung jawab dalam mengkoordinasikan upaya meningkatkan pembelajaran yang bermutu di sekolah

References

Agustin, A., & Purwanto, M. B. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA. LIMEEMAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Volume, 1(2), 55–64.

Akmalia, R., Simangunsong, A. S., Azzahrah, N., & Halawa, S. (2023). Upaya Peningkatan Standar Mutu Standar Mutu Pendidikan Di Sma Al-Hidayah Medan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1783–1791.

Dermawan, O. (2020). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Metro Lampung. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(1), 72–81. https://doi.org/10.24235/jiem.v4i1.6828

Dwi, A. J., Sari, R., & Giatman, M. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 329–333.

Efendi, F., Sunaryo, H., & Harijanto, D. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah melalui Komitmen Kerja terhadap Kinerja Guru Merdeka Belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 19–32. https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.60605

Endaryono, B. T. (2019). Implementasi Kepemimpinan Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Melalui Melalui Sistem Nilai. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 1(1), 91–97. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v1i1.19

Fiannisa, M., Datuk, B., & Rambe, M. F. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Mediasi. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 7(1), 43–58.

Jaya, N., Mukhtar, A., & UA, A. N. A. (2020). Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi, Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1393

Latifah, N. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 175–183.

Lestari, L. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Ta’dibiya, 3(2), 111–131.

Mardizal, J., Anggriawan, F., Ghazali, A., Haddar, G. Al, Padang, U. N., Widya, U., Mahakam, G., Bina, U., Informatika, S., & Primagraha, U. (2023). Model Kepemimpinan Transformational , Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4 . 0. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994– 3003.

Marpaung, F. N., Nadeak, B., & Naibaho, L. (2023). Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3761–3772.

Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Quality, 7(2), 48. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039

Mujadi, H. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Madrasah Aliyah Bahrul Ulum Tajinan Kabupaten Malang). Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.32478/leadership.v3i1.874

Munirom, A. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0A https://doi.org/

Muslim, B., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 149–158. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5586

Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.938

Rifki Solana, M., & Mustika, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Pendidikan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406–418. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.231

Rojaki, M., & Yuliana, B. (2023). Komponen Penentu Keberhasilan Pendidikan Kejuruan. EduCurio Journal, 2(1), 19–27.

Sahabuddin. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 21 Makassar. Jurnal AAl-Qiyam, 3(1), 97–109. https://ojs.staialfurqan.ac.id/alqiyam

Saputra, A. Y., & Ramadan, Z. H. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3946–3954. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5114

Shobri, M. (2020). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Hasan Jufri. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 11–26. https://doi.org/10.37348/cendekia.v3i1.32

Siswopranoto, M. F. (2022). Standar Mutu Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i1.372

Suherman, Farobi, O. Al, Guntara, Y., & Ilham, B. (2024). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior : Kepuasan Kerja , Kompetensi dan Kepemimpinan ( Studi Literature Review ). Jurnla Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 160–166.

Sutikno, Y., Hosan, & Irawati. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Yadi. Jurnal Maitreyawira, 3(April), 1–7.

Sutisna, S. H., Rozak, A., & Saputra, W. R. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(9), 6895–6902.

Syafii, A., Bahar, Shobicah, & Muharam, A. (2023). Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1697–1701.

Syarifah, S., & Hasanah, A. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 1(1), 63. https://doi.org/10.24014/japkp.v1i1.9214

Tamin, S. (2020). Kepala sekolah yang bermutu. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2), 165–192. https://doi.org/10.24853/ma.3.

Wahyudi, A., Nasruallah, M., & Azis, T. N. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Smp Darunnajah 2 Cipining Bogor. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(6), 1873–1880.

Wulandari, A., Eripudin, & Arifannisa. (2018). Sistem Pendidikan Indonesia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Edu Research, 7(2), 9–16

Published

2024-07-29

How to Cite

Ningsih, P. R. (2024). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 11 TAKENGON. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7097

Citation Check