IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH, TANTANGAN DAN SOLUSINYA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6887Keywords:
Implementasi, Madrasah, Moderasi BeragamaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi moderasi beragama dan mengekplorasi tantangan dan solusi guru dalam mengimplementasikan moderasi berada di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan metode case study, adapun instrument pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, sedangkan analisis data menggunakan reduksi, display dan pengambilan kesimpulan, dengan lokus penelitian di MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru-guru MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah Bandung menyatakan sangatlah penting mengimplementasikan moderasi beragama, Selain itu para guru telah mendapatkan materi tersebut dan menyampaikannya kepada siswa dalam rangka memberikan pemahaman moderasi beragama kepada mereka. Terdapat tantangan dalam mengajarkan moderasi beragama di madrasah diantaranya adalah tidak tersedia jam khusus untuk materi moderasi beragama, semua yang terlibat di MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah beragama Islam, sehingga praktik interaksi antara orang yang berbeda agama sangat sulit dilakukan, rendahnya aplikasi terhadap norma agama, dan masih terdapat pandangan yang tabu terhadap moderasi beragama. Solusi mengimplementasikan moderasi beragama di madrasah diantaranya adalah mengintegarasikan nilai-nilai moderasi beragama pada mata pelajaran, memberikan ruang diskusi pada siswa tentang moderasi beragama di luar jam formal seperti dalam kegiatan ekstrakulikuler dan rutin seperti upacara, memberikan keteladanan dalam perilaku, dan membuat flyer atau banner tentang nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan madrasah
References
Azzahra, Z. P. A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Teknologi Digital terhadap Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9232–9240.
Chadidjah, sitti ; Agus Kusnayat, Agus ; Uus Ruswandi, Uus & Arifin, B. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI(Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar,Menengah Dan Tinggi). Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 115.
Creswell, J. W. (2015). Educational Research. Pearson.
Elvinaro, Q., & Syarif, D. (2022). Generasi Milenial dan Moderasi Beragama: Promosi Moderasi Beragama oleh Peace Generation di Media Sosial. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(2), 195–218. https://doi.org/10.15575/jispo.v11i2.14411
Hefni, W., & Muna, M. K. (2022). Pengarusutamaan Moderasi Beragama Generasi Milenial melalui Gerakan Siswa Moderat di Kabupaten Lumajang. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 8(2), 163–175. https://doi.org/10.18784/smart.v8i2.1763
Kemenag. (2019). Moderasi beragama kemenag RI. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat (1st ed.). Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Kemenag. (2022). Panduan Pengembangan P5 PPRA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila & Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin). Kementerian Agama.
Khoiriyah, U. (2022). Moderasi Beragama Dalam Menyongsong Masyarakat Era 5.0. IC-TiaRS, 1(Oktober), 432–442.
Mile.Mattew B; Huberman, A Michael;Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. In Sage (Third edit). Sage.
Nurwanda, Y., Milama, B., & Yunita, L. (2020). Beban Kognitif Siswa pada Pembelajaran Kimia di Pondok Pesantren. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2629–2641.
Nyanasuryanadi, P., Kurdi, M. S., & Kurdi, M. S. (2023). Mainstreaming the Value of Religious Moderation by Teachers in the Digital Era. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15, 1357–1368. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3198
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
Radiansyah, D. (2020). PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP REMAJA ISLAM (Studi Kasus di Kampung Citeureup Desa Sukapada). Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 3(2), 76–103. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v3i2.9568
Wahyudi, Dedi & Kurniasih, N. (2021). Literasi Moderasi Beragama Sebagai Reaktualisasi “Jihad Milenial” ERA 4.0. Moderatio, 1(1), 22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).