IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH, TANTANGAN DAN SOLUSINYA

Authors

  • D Abdul Kohar Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Cianjur, Indonesia
  • Cepi Budiyanto STIT Al-Ihsan Baleendah Bandung, Indonesia
  • U Suherman Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Cianjur, Indonesia
  • Mahmud Mahmud UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia
  • Mohamad Erihadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6887

Keywords:

Implementasi, Madrasah, Moderasi Beragama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi moderasi beragama dan mengekplorasi tantangan dan solusi guru dalam mengimplementasikan moderasi berada di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan metode case study, adapun instrument pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, sedangkan analisis data menggunakan reduksi, display dan pengambilan kesimpulan, dengan lokus penelitian di MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru-guru MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah Bandung menyatakan sangatlah penting mengimplementasikan moderasi beragama, Selain itu para guru telah mendapatkan materi tersebut dan menyampaikannya kepada siswa dalam rangka memberikan pemahaman moderasi beragama kepada mereka. Terdapat tantangan dalam mengajarkan moderasi beragama di madrasah diantaranya adalah tidak tersedia jam khusus untuk materi moderasi beragama, semua yang terlibat di MTsN 6 Cianjur dan MTs Al-Ihsan Baleendah beragama Islam, sehingga praktik interaksi antara orang yang berbeda agama sangat sulit dilakukan, rendahnya aplikasi terhadap norma agama, dan masih terdapat pandangan yang tabu terhadap moderasi beragama. Solusi mengimplementasikan moderasi beragama di madrasah diantaranya adalah mengintegarasikan nilai-nilai moderasi beragama pada mata pelajaran, memberikan ruang diskusi pada siswa tentang moderasi beragama di luar jam formal seperti dalam kegiatan ekstrakulikuler dan rutin seperti upacara, memberikan keteladanan dalam perilaku, dan membuat flyer atau banner tentang nilai-nilai moderasi beragama di lingkungan madrasah

References

Azzahra, Z. P. A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Teknologi Digital terhadap Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9232–9240.

Chadidjah, sitti ; Agus Kusnayat, Agus ; Uus Ruswandi, Uus & Arifin, B. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI(Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar,Menengah Dan Tinggi). Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 115.

Creswell, J. W. (2015). Educational Research. Pearson.

Elvinaro, Q., & Syarif, D. (2022). Generasi Milenial dan Moderasi Beragama: Promosi Moderasi Beragama oleh Peace Generation di Media Sosial. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(2), 195–218. https://doi.org/10.15575/jispo.v11i2.14411

Hefni, W., & Muna, M. K. (2022). Pengarusutamaan Moderasi Beragama Generasi Milenial melalui Gerakan Siswa Moderat di Kabupaten Lumajang. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 8(2), 163–175. https://doi.org/10.18784/smart.v8i2.1763

Kemenag. (2019). Moderasi beragama kemenag RI. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat (1st ed.). Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Kemenag. (2022). Panduan Pengembangan P5 PPRA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila & Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin). Kementerian Agama.

Khoiriyah, U. (2022). Moderasi Beragama Dalam Menyongsong Masyarakat Era 5.0. IC-TiaRS, 1(Oktober), 432–442.

Mile.Mattew B; Huberman, A Michael;Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. In Sage (Third edit). Sage.

Nurwanda, Y., Milama, B., & Yunita, L. (2020). Beban Kognitif Siswa pada Pembelajaran Kimia di Pondok Pesantren. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2629–2641.

Nyanasuryanadi, P., Kurdi, M. S., & Kurdi, M. S. (2023). Mainstreaming the Value of Religious Moderation by Teachers in the Digital Era. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15, 1357–1368. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3198

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625

Radiansyah, D. (2020). PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP REMAJA ISLAM (Studi Kasus di Kampung Citeureup Desa Sukapada). Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 3(2), 76–103. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v3i2.9568

Wahyudi, Dedi & Kurniasih, N. (2021). Literasi Moderasi Beragama Sebagai Reaktualisasi “Jihad Milenial” ERA 4.0. Moderatio, 1(1), 22.

Published

2024-07-30

How to Cite

Kohar, D. A., Budiyanto, C., Suherman, U., Mahmud, M., & Erihadiana, M. (2024). IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH, TANTANGAN DAN SOLUSINYA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6887

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.