STRATEGI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA KONFLIK PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6798Keywords:
Konflik Pendidikan, Strategi Manajemen, Kepala SekolahAbstract
Strategi manajemen kepala sekolah memiliki fungsi penting dalam meminimalisir terjadinya konflik serta meningkatkan peluang keberhasilan tujuan sekolah melalui pengendalian konflik pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis identifikasi potensi konflik, klasifikasi potensi konflik dan strategi manajemen kepala sekolah dalam mengelola konflik pendidikan. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun lokasi penelitian ini adalah di SMP Roudlotussalam Watukebo Blimbingsari Banyuwangi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling, wakil kepala bidang kesiswaan dan komite. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data maka peneliti melakukan triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini (1) identifikasi konflik dengan observasi, laporan dan interaksi langsung, (2) mengklasifikasi potensi konflik serius atau tidak, perlu penanganan serius atau tidak, bertujuan untuk mencari solusi dan strategi tepat, (3) manajemen strategi kepala sekolah melalui: Pertama, perencanaan analisis setiap bulan melalui rapat dengan melibatkan kepala sekolah, guru bimbingan konseling, wakil kepala bidang kesiswaan dan komite. Kedua, penyelesaian konflik dengan musyawarah melibatkan mediator (komite). Ketiga, evaluasi konflik melalui rapat setiap bulan untuk menyelesaikan dan mengantisipasi konflik dengan melibatkan pihak terkait.
References
Abdurrahman. 2022. “Strategi Manajemen Konflik untuk Menumbuhkan Budaya Organisasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo.” 3(3): 158–66.
Abra, Nabil Aisar. 2023. “Strategi Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Konflik Siswa di MAS Jeumala Amal Pidie Jaya.” 12(02): 136–52.
Aisah, Siti. 2017. Manajemen Konflik Teori dan Aplikasi. Surabaya: Pustaka Cendekia.
Aimah, Siti. 2021. “Manajemen Mutu Terpadu Di Pesantren.” LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan 15(2): 195–226.
Akdon, 2011. Strategic Management For Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Caudron, Shari. 1998. Keeping team conflict alive, (Vol. 52, Issue 9). Publisher: Association for Talent Development (ATD).
Creswell John W. dan J. David Creswell. 2017. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Long Angels : SAGE Publication. Inc.
Erwin, Ernandha. 2023. “Strategi Sekolah Dalam Mengelola Konflik Di Smp Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene.” 3(1): 15–20.
Ismail, Anang. 2022. “Strategi Kepala Sekolah dalam Mengelola Konflik Internal di SMP NU Bululawang Kabupaten Malang.” Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(3): 160–66.
Isparwoto. 2012. “Komunikasi dalam penyelesaian konflik di sekolah dasar.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 45(3): 273–82.
Kusworo, 2019. Manajemen Konflik Dan Perubahan Dalam Organisasi. Sumedang: Alqaprint Jatinangor.
K. Yin, Robert. 2018. Case Study Research and Aplication; Design and Methods Sex Edition. Los Angeles: Sage Publication.
Kotler. John P. & James L. Heskett, 1998. Corporate Culture and Performance, Alih bahasa: Benyamin Molan. Jakarta: PT Prehalindo.
Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael., dan Saldana, Johnny. 2014. Qualitative data analysis: a methods sourcebook, Third edition. London: SAGE Publications, Inc.
Montanari, J.R.; Daneke, G.A. & Bracker, J.S. (1989). Strategic Management for the Public Sector: Lessons from the Evolution of Private- Sector Planning. In J. Rabin, G.J. Miller & W.B. Hildreth (eds). Handbook of Strategic Management. New York & Base: Marcel Dekker.
Mahmudah, Khaudli. M. Imam. 2021. “Pembinaan Kepada Pengurus Di Ponpes Mukhtar Syafa’at Blokagung Tegalsari Banyuwangi Tentang Kepemimpinan Dalam Islam Menurut Al-Qur’an Dan Hadist.” LOYALITAS, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1): 97.
Mariani, Rina, & Pardi, H. Husnial. 2023. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengelola Konflik Di Madrasah Aliyah Negeri.” Jurnal Manajemen dan Budaya 3(2): 20–31.
Nazarudin, 2020. Manajemen Strategik, Palembang: NoerFikri Offset.
Neliwati, Neliwati, Sri Rahayu Nasution, Yulita Suyatmika, dan Muhammad Fuad Zaini. 2022. “Analisis Konflik Dan Pengaruhnya Terhadap Mutu Pendidikan Di Raudhatul Athfal (Ra) Al-Kahfi Kota Medan.” Research and Development Journal of Education 8(1): 202.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suncaka, Eko. 2023. “Manajemen Konflik Di Sekolah.” Visipena Journal 1(1): 45–55.
Suryadi, Edi, Universitas Jambi, dan Eddy Haryanto. 2021. “Analisis Penyelesaian Konflik di Sekolah Dasar Negeri 20 / 1 Kabupaten Batanghari.” 4(2): 1–15.
Thomas L. Wheelen, J. David Hunger, 1989. Strategic Management And Business Policy, New York : Addison-Wesley Publishing
Wirawan, 2010. Konflik dan Manajemen Konflik (Teori, aplikasi, dan penelitian). Jakarta: Salemba Humanika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).