IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649Abstract
Kurikulum merupakan sebuah hal yang penting didalam melakukan manajemen sekolah, tanpa kurikulum semua kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang di tujukan. Dewasa ini di Indonesia sudah menerapkan kurikulum 2013sebagai bahan panutan dalam melakukan pembelajaran, tetapi terlepas dari itu kurikulum itu sendiri masih memiliki berbagai macam problematika bagi peserta didik. Diantara problem tersebut mengarah pada perkembangan kurikulum yang saat ini belum berorientasi pada kepentingan peserta didik atau peserta didik sebagai subjek (child orientation), tetapi kurikulum dikembangkan kearah peserta didik yang masih menjadi objek, serta beban belajar yang dirasa dianggap terlalu berlebih bagi peserta didik yang membawa pengaruh bagi perkembangan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana kurikulum 2013 tersebut dapat membawa pengaruh terhadap perkembangan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di salah satu sekolah menengah atas di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif yang bersumber dari wakil kepala/waka kurikulum di salah satu Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta.
References
Ana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
Farid Firmansyah.“Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikanâ€. Jurnal Tadrîs. Vol. 2, No. 1,(2007).
Machali, Imam. 2014. “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045â€. Jurnal Pendidikan Islam volume IIII, Nomor 1. Yogyakarta
Manab, Abdul. 2015. Menejemen Kurikulum Pembelajaran di Madrasah. Yogyakarta: Kalimedia
Muhammad Zaini. “Pengembangan Kurikulumâ€. Jurnal TERAS. (2009)
Nana Syaodih Sukmadanita, penegmabangan kurikulum (teori dan praktik), Rosda Bandung, 2017.
Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Rosda Bandung, 2017.
Pardomuan Nauli Josip Mario Sinambela. “Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaranâ€. Jurnal Generasi Kampus, Vol. 6, No. 2, (2013).
Yusrizal Efendi.“Prospek Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesiaâ€.Jurnal Transport, Vol. 1, No.1 (2015).
Zainal Abidin, konsep dan model pengembangan kurikulum , Remaja rosdakarya, Bandung, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).