IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN SISWA

Authors

  • Dwi Fitri Ani UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN, Indonesia
  • Wulan Septi Putri Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Zulfa Hidayatul Khoiriyah Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649

Abstract

Kurikulum merupakan sebuah hal yang penting didalam melakukan manajemen sekolah, tanpa kurikulum semua kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak akan berjalan  sesuai dengan apa yang di tujukan. Dewasa ini di Indonesia sudah menerapkan kurikulum 2013sebagai bahan panutan dalam melakukan pembelajaran, tetapi terlepas dari itu kurikulum itu sendiri masih memiliki berbagai macam problematika bagi peserta didik. Diantara problem tersebut mengarah pada perkembangan kurikulum yang saat ini  belum berorientasi pada kepentingan peserta didik atau peserta didik sebagai subjek (child orientation), tetapi kurikulum dikembangkan kearah peserta didik yang masih menjadi objek,  serta beban belajar yang dirasa dianggap terlalu berlebih bagi peserta didik yang membawa pengaruh bagi perkembangan peserta didik. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengkaji bagaimana kurikulum 2013 tersebut dapat membawa pengaruh terhadap perkembangan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di salah satu sekolah menengah atas di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif yang bersumber dari wakil kepala/waka kurikulum di salah satu Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta.

Author Biography

Zulfa Hidayatul Khoiriyah, Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan Agama Islam

References

Ana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media

Farid Firmansyah.“Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikanâ€. Jurnal Tadrîs. Vol. 2, No. 1,(2007).

Machali, Imam. 2014. “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045â€. Jurnal Pendidikan Islam volume IIII, Nomor 1. Yogyakarta

Manab, Abdul. 2015. Menejemen Kurikulum Pembelajaran di Madrasah. Yogyakarta: Kalimedia

Muhammad Zaini. “Pengembangan Kurikulumâ€. Jurnal TERAS. (2009)

Nana Syaodih Sukmadanita, penegmabangan kurikulum (teori dan praktik), Rosda Bandung, 2017.

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Rosda Bandung, 2017.

Pardomuan Nauli Josip Mario Sinambela. “Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaranâ€. Jurnal Generasi Kampus, Vol. 6, No. 2, (2013).

Yusrizal Efendi.“Prospek Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesiaâ€.Jurnal Transport, Vol. 1, No.1 (2015).

Zainal Abidin, konsep dan model pengembangan kurikulum , Remaja rosdakarya, Bandung, 2011.

Published

2020-01-29

How to Cite

Ani, D. F., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2020). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN SISWA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(01), 29–43. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649

Issue

Section

Artikel

Citation Check