REKONSTRUKSI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DALAM PEMBINAAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

Authors

  • Muani Muani Universitas Wahid Hasyim, Indonesia
  • Nur Cholid Universitas Wahid Hasyim, Indonesia
  • Mahmutarom HR Universitas Wahid Hasyim, Indonesia
  • Imam Khoirul Ulumuddin Universitas Wahid Hasyim, Indonesia
  • Sa'idah Sa'idah Universitas Wahid Hasyim, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6452

Keywords:

Supervisi, Pengawas, Profesionalisme, Guru PAI

Abstract

Penelitian Ini bertujuan mendeskripsikan dan dan mendapat data empirik tentang penerapan supervisi akademik pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah SD,SMP,SMK Kabupaten Grobogan yang belum berjalan Maksimal, kemudian mendeskripsikan dan mendapatkan data empirik tentang faktor penyebab profesional guru Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada pada Sekolah SD,SMP,SMK Kabupaten Grobogan melalui supervisi akademik belum berjalan maksimal, dan mendapatkan data empirik tentang rekonstruksi pelaksanaan supervisi akademik dapat berhasil dalam membina profesionalisme guru PAI di SD,SMP,SMK Kabupaten Grobogan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan penelitian yaitu pendekatan teologis normatif pendekatan yuridis formal pendekatan pedagogik, sumber data yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas pendidikan di SD,SMP,SMK Kabupaten Grobogan kurang berjalan dengan Maksimal  Kedua, Faktor-faktor penyebab pelaksanaan supervisi akademik dalam pembinaan profesionalisme guru PAI yaitu belum berjalan maksimal dari tidak adanya kesiapan guru PAI  dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor dari pengawas sendiri hanya sekedar formalitas dalam pengawasan di kelas tidak pada tahap pembinaan profesionalitas guru PAI di Sekolah. Ketiga Rekonstruksi pelaksanaan supervisi akademik dapat berhasil dalam membina profesionalime guru PAI di SD,SMP,SMK Kabupaten Grobogan bahwa tidak hanya sebatas KKG dan MGMP yang dilaksanakan di SD,SMP,SMA Kabupaten Grobogan. Padahal jika melihat pada tanggung jawab pengawas Guru PAI, seharusnya meningkatkan kinerja pengawas dari segi pembelajaran yang kreatif dan pengembangan keprofesian baik dari jenjang karir dan nilai UKG yang memuaskan. pembinaan supervisi akademik pengawas pada guru PAI ditemukan dari yang tadinya dua jenis kegiatan yang dilakukan harus menyertakan pelaksanaan dalam bidang sertifikasi Guru PAI dan pembinaan pengembangan profesi guru yang menjadi tanggung jawab pengawas

Author Biography

Imam Khoirul Ulumuddin, Universitas Wahid Hasyim

Fakultas Agama Islam

References

Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press.

Baedhowi. 2009. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas. Jakarta: Rineka Cipta

Barizi, Ahmad & Muhammad Idris. 2010. Menjadi Guru Unggul, Jogjakarta: ArRuzz Media.

Cholid, Nur. 2015. Menjadi Guru Profesional. Semarang: CV Presisi Cipta Media.

Guralink, David B. Webster’s New World Dictionary of the American Language, Second College Edition (Williem Collins World Publishing Co, Inc, n.d)

Imron, Ali. 2009. Stilistika: Teori, Metode, dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa. Solo :Cakrabooks.

Ma’arif, Syamsul, dkk. 2012. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia, Bogor : IPB Press.

Makawimbang, J. H. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Masaong, Abdul Kadim. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung: Alfabeta

Mudakir, Ali. 2012. Ilmu pendidikan Islam, Semarang : PKP12 Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Notoatmodjo. Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan Keempat. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Agama RI Nomor 16 Tahun 2010

Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2012

Qardhawi, Yusuf. 2014. Problematika Rekonstruksi Ushul Fiqih, Al-Fiqh Al-Islâmî bayn AlAshâlah wa At – Tajdîd Tasikmalaya.

Sitorus, Awaluddin, dan Hafni Andriani Harahap. 2019. Gerakan Inovasi Mendidik Berkarakter. Lampung: Swalova Publishing.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang bersifat eksploratif enterpretitif dan konstruktif. Bandung. ALFABETA.

Yamin, M. 2006. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Yohanes, Manggar, dkk. 2013. Supervisi akademik. Jawa Tengah: Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS)

Published

2024-07-29

How to Cite

Muani, M., Cholid, N., HR , M., Ulumuddin, I. K., & Sa’idah, S. (2024). REKONSTRUKSI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DALAM PEMBINAAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(02). https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6452

Citation Check