REKONSTRUKSI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DALAM PEMBINAAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i02.6452Keywords:
Supervisi, Pengawas, Profesionalisme, Guru PAIAbstract
Penelitian Ini bertujuan mendeskripsikan dan dan mendapat data empirik tentang penerapan supervisi akademik pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah SD,SMP,SMK Kabupaten Grobogan yang belum berjalan Maksimal, kemudian mendeskripsikan dan mendapatkan data empirik tentang faktor penyebab profesional guru Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada pada Sekolah SD,SMP,SMK Kabupaten Grobogan melalui supervisi akademik belum berjalan maksimal, dan mendapatkan data empirik tentang rekonstruksi pelaksanaan supervisi akademik dapat berhasil dalam membina profesionalisme guru PAI di SD,SMP,SMK Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan penelitian yaitu pendekatan teologis normatif pendekatan yuridis formal pendekatan pedagogik, sumber data yaitu data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas pendidikan di SD,SMP,SMK Kabupaten Grobogan kurang berjalan dengan Maksimal Kedua, Faktor-faktor penyebab pelaksanaan supervisi akademik dalam pembinaan profesionalisme guru PAI yaitu belum berjalan maksimal dari tidak adanya kesiapan guru PAI dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor dari pengawas sendiri hanya sekedar formalitas dalam pengawasan di kelas tidak pada tahap pembinaan profesionalitas guru PAI di Sekolah. Ketiga Rekonstruksi pelaksanaan supervisi akademik dapat berhasil dalam membina profesionalime guru PAI di SD,SMP,SMK Kabupaten Grobogan bahwa tidak hanya sebatas KKG dan MGMP yang dilaksanakan di SD,SMP,SMA Kabupaten Grobogan. Padahal jika melihat pada tanggung jawab pengawas Guru PAI, seharusnya meningkatkan kinerja pengawas dari segi pembelajaran yang kreatif dan pengembangan keprofesian baik dari jenjang karir dan nilai UKG yang memuaskan. pembinaan supervisi akademik pengawas pada guru PAI ditemukan dari yang tadinya dua jenis kegiatan yang dilakukan harus menyertakan pelaksanaan dalam bidang sertifikasi Guru PAI dan pembinaan pengembangan profesi guru yang menjadi tanggung jawab pengawas
References
Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Diva Press.
Baedhowi. 2009. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas. Jakarta: Rineka Cipta
Barizi, Ahmad & Muhammad Idris. 2010. Menjadi Guru Unggul, Jogjakarta: ArRuzz Media.
Cholid, Nur. 2015. Menjadi Guru Profesional. Semarang: CV Presisi Cipta Media.
Guralink, David B. Webster’s New World Dictionary of the American Language, Second College Edition (Williem Collins World Publishing Co, Inc, n.d)
Imron, Ali. 2009. Stilistika: Teori, Metode, dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa. Solo :Cakrabooks.
Ma’arif, Syamsul, dkk. 2012. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia, Bogor : IPB Press.
Makawimbang, J. H. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Masaong, Abdul Kadim. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung: Alfabeta
Mudakir, Ali. 2012. Ilmu pendidikan Islam, Semarang : PKP12 Universitas Wahid Hasyim Semarang.
Notoatmodjo. Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan Keempat. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Peraturan Menteri Agama RI Nomor 16 Tahun 2010
Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2012
Qardhawi, Yusuf. 2014. Problematika Rekonstruksi Ushul Fiqih, Al-Fiqh Al-Islâmî bayn AlAshâlah wa At – Tajdîd Tasikmalaya.
Sitorus, Awaluddin, dan Hafni Andriani Harahap. 2019. Gerakan Inovasi Mendidik Berkarakter. Lampung: Swalova Publishing.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang bersifat eksploratif enterpretitif dan konstruktif. Bandung. ALFABETA.
Yamin, M. 2006. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Yohanes, Manggar, dkk. 2013. Supervisi akademik. Jawa Tengah: Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).