Pemikiran Al-Kindi dan Tantangan Pendidikan Islam Kontemporer

Authors

  • Ahmad Rifai Universitas Islam An-Nur Lampung, Indonesia
  • An An Andari Universitas Islam An-Nur Lampung, Indonesia
  • Elis Solihati STISA Ash-Shofa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6062

Keywords:

Pemikiran, Al-Kindi, Pendidikan Islam Kontemporer, kurikulum

Abstract

Tujuannya adalah untuk menganalisis pemikiran Al-Kindi pada pendidikan Islam, bagaimana ide-idenya terhadap tantangan kekinian pendidikan Islam kontemporer. Dalam studi ini penulis menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan library research (studi kepustakaan), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data melalui bantuan berbagai macam material yang ada. Sumber data primernya adalah buku karya George N. Atiyeh yang berjudul Al-Kindi: The Philosopher of the Arabs. Temuan artikel adalah: Pemikiran Pertama Al-Kindi tentang filsafat keTuhanan, berimplikasi pada asas pertama rumusan kurikulum pendidikan Islam kontemporer adalah asas keTuhanan, Pemikiran Kedua Al-Kindi tentang relasi filsafat dan agama, berimplikasi pada model pendidikan Islam kontemporer yang berparadigma integrasi-interkoneksi sains dan agama., Pemikiran Ketiga Al-Kindi tentang filsafat manusia, berimplikasi pada upaya penciptaan umat muslim yang mampu mengaktualisasikan potensi pikirnya dan mampu merealisasikan akalnya dalam perbuatan nyata, bukan hanya pandai dalam teori. Pada gagasan-gagasan Al-Kindi tentang Tuhan, agama dan filsafat, jiwa dan pikiran, kemudian menganalisis gagasan-gagasan tersebut untuk menemukan relevansinya dalam pendidikan Islam kontemporer. Hasil penelitian ini memberikan arti pentingnya pemikiran Al-kindi dalam pendidikan Islam saat ini terlihat pada desain kurikulum atau materi pembelajaran Islam yang sesuai dengan pemikiran keTuhanan Al-Kindi, pembelajaran abad 21, seperti KMA No.183 Menurut pemikiran filsafat dan agama, tujuan pendidikan Islam sejalan dengan pemikiran jiwa, dan standar kualifikasi lulusan sesuai dengan pemikiran pikiran.

Author Biographies

Ahmad Rifai, Universitas Islam An-Nur Lampung

Islamic Education Management

An An Andari, Universitas Islam An-Nur Lampung

Islamic Education Management

Elis Solihati, STISA Ash-Shofa

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Abboud, T. (2013). Alkindi Perintis Dunia Filosofi Arab. Jakarta: Muara.

Abdullah, T. (2002). Ensiklopedia Tematis Dunia Islam Pemikiran dan Peradaban. Jakarta: Ichtiar Baru.

AL-Najjar, A. (2001). Ilmu Jiwa dan Tasawuf Terj. Hasan Abrori. Jakarta: Pustaka Azzam.

Arafik, H., & Amri, H. (2019). "Menguak hal-hal Penting dalam Pemikiran Filsafat Al-Kindi". Jurnal Salam, 192.

Atiyeh, G. N. (1983). Al-Kindi Tokoh Filosof Muslim Terj. Kasidjo Djojosuwarno. Bandung:

Pustaka.

Daudy, A. (1985). Kuliah Filsafat Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Drajat, A. (2006). Filsafat Islam. Jakarta: Erlangga.

Ismail. (2013). Filsafat Islam. Bandung: ITB Press.

Kamaluddin. (2021). "Al-Kindi Filsafat Agama dan An-Nafs". Jurnal Aqlania, 105.

Kanafi , I. (2019). Filsafat Islam: Pendekatan Tema dan Konteks. Pekalongan: Nasya Ekspanding Management.

Kemenag. (2019). KMA No 183. Jakarta: Kemenag.

Khan, A. M. (2023). Dasar-Dasar Filsafat Islam: Pengantar Ke Gerbang Pemikiran, Terj.

Subarkah. Bandung: Nuansa Cendekia.

Kuswanjono, A. (2006). Ketuhanan dalam Telaah Filsafat Parenial. Yogyakarta: Badan Penerbit Filsafat UGM.

Madani , A. (2015). "Pemikiran Filsafat Al-Kindi". Jurnal Lentera, 108.

Naif, F. (2013). Pemikiran Filosof Muslim dari Al-Kindi Sampai Ibn Arabi. Yogyakarta: Multi Presindo.

Nasr, S. H. (2020). Tiga Mazhab Utama Filsafat Islam Terj. Maimun Syamsuddin. Yogyakarta: Diva Press.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nilyati. (2010). Hubungan Filsafat dan Agama. Jurnal Tajdid,

Norhasanah. (2017). "Pengaruh Konsep Akal dalam Pengembangan Pendidikan Islam". Jurnal Nalar

Nurdin, A. (2002). Dari Penakluk Jerussalem Hingga Angka Nol. Jakarta: Republika.

Nurdin, A. (2002). Dari Penakluk Jerussalem Hingga Angka Nol. Jakarta: Republika.

Nurdin, A. (2002). Dari Penakluk Jerussalem Hingga Angka Nol. Jakarta: Republika.

Pattimahu, M. A. (2017). "Filosof Islam Pertama (Al-Kindi)". Jurnal Kontfrontasi,

Praja, J. S. (2005). Aliran-Aliran Filsafat dan Etika. Jakarta: Prenada Media.

Rahmatiah. (2017). "Pemikiran Tentang Jiwa dalam Filsafat Islam". Jurnal Sulesana, 32.

Roswantoro, A., & dkk. (2015). Filsafat Islam, Trajektori Pemikiran dan Interpretasi. Yogyakarta: FA Press.

Rusli, R. (2021). Filsafat Islam Telaah Tokoh dan Pemikiranya. Jakarta: Kencana.

Santalia, I., & umar. (2022). " Pemikiran Al-Kindi dalam Sebuah Kajian Filsafat". Journal of Social Sience Research , 762.

Sholeh, A. K. (2014). Filsafat Islam dari Kalasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudarsono. (1997). Filsafat Islam. Jakarta: Rineke Cipta.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Supriyadi, D. (2009). Pengantar Filsafat Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Syarif. (1993). Para Filosof Muslim. Bandung: Mizan.

Tiam, S. D. (2015). Histografi Filsafat Islam. Malang: Intans Publishing.

Wahda, J. (2019). "Filsafat Al-Kindi dalam Memahami Theologi". Jurnal Mantiq, 42.

Wijaya, A. (2020). Ragam Epistimologi. Yogyakarta: IRCiSoD.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Published

2024-01-29

How to Cite

Rifai, A., Andari, A. A., & Solihati, E. (2024). Pemikiran Al-Kindi dan Tantangan Pendidikan Islam Kontemporer. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6062

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.