Manajemen Pengembangan Pendidikan Talent Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik di SMA Pesat School of Talent Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5957Keywords:
Manajemen, Talent, Rasa Percaya DiriAbstract
Percaya diri merupakan salah satu modal dalam kehidupan yang harus ditumbuhkan pada diri setiap peserta didik agar di masa mendatang mereka dapat menjadi manusia yang mampu mengontrol berbagai aspek yang ada pada dirinya sebagai kondisi psikologis yang paling berperan dalam menjalani kehidupan seseorang. Orang yang kurang percaya diri umumnya bersikap pasif, diam, tidak bergerak karena pikirannya yang negatif tentang dirinya sendiri maka cenderung merasa rendah diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peran manajemen pengembangan bakat dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik di SMA PESAT School of Talent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang dimaksudkan untuk menggambarkan suatu fenomena yang dialami. Subjek penelitian ini melibatkan wakil kepala bidang pengembangan talent, staf bidang manajemen pengembangan bakat dan minat, dan pelatih. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan antaralain: (1) pengembangan talent berimplikasi dalam meningkatkan rasa percaya diri di kalangan peserta didik, (2) Branding School of Talent di SMA PESAT dinilai sangat efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik dan meningkatnya antusiasme mereka dalam mengikuti berbagai pentas kejuaraan.
References
Agung Utomo, Agung Rimba Kurniawan, Faizal Chan, Tania Juliani, Rosi Dwi Riski, E. I. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai. Jurnal PGSD, 12(2), 166–173. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.166-173
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/7520
Chika Riyanti, R. S. D. (2020). Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive Restructuring. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 569–577. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24198/jppm.v7i3.32150
Darajat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam (Cetakan Ke). Bumi Aksara.
Divya Malika, A. I. (2022). Pengaruh Manajemen Talenta terhadap Kinerja Karyawan pada PT. X. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 43–46. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jrmb.v2i1.933
Gapi, B. (2015). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY, 430–442.
Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Musawa IAIN Palu, 7(2), 265–282. https://www.neliti.com/publications/114008/peran-lingkungan-keluarga-terhadap-perkembangan-anak
Ina Magdalena, Yulia Septina, Rideva Az Zahra, A. D. P. (2020). Cara Mengembangkan Bakat Peserta Didik. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 278–287. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/965
Khairul Huda, E. M. (2020). STRATEGI ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN KREATIVITAS ANAK DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80–87. https://doi.org/https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.670
Krissetyanti, E. P. L. (2013). Penerapan Strategi Manajemen Talenta Dalam Pengembangan PNS. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen PNS, 7(1), 1–15. https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/view/83
Lesmana, R. M. dan I. (2018). PEMIKIRAN PROF. DR. MUJAMIL QOMAR, M.AG. TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Islamic Manajemen: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 291–316.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Peneltian Kualitatif (Revisi). Remaja Rosda Karya.
Muhaimin. (2016). Model Pengembangan Kurikulum. UIN Maliki Press.
Muhammad Hidayat Ginanjar, Muhammad Rusdan Yazid, M. S. (2022). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMK Informatika Bina Generasi 3 Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(02). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/im.v5i2.2780
Nawangsari, S. D. A. E. R. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 23(4), 804–812. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/view/10155
Satriyadi, Nursikah Intan, Suzatmiko Wijaya, Fachruddin Azmi, M. S. (2023). Manajemen Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/im.v6i01.3543
Syamsudin, Muhammad Hidayat Ginanjar, M. Y. (2019). EVALUASI MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP PEMBANGUNAN SATU (PESAT) KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2B), 167–178. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v1i2B.468
Vini Agustiani Hadian, Dewinta Arum Maulida, A. F. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3365
Zuhairini, A. G. (2014). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. In Malang: Universitas Islam Negeri Malang (Revisi). UM Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).