Urgensi Implementasi SIM dan Pengembangan SDM Biro Umrah dalam Upaya Mengoptimalkan Pelayanan di PT Ar-Rahmah Tour Kendal

Authors

  • Ilham Akbar Zulfikar Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
  • Anasom Anasom Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5896

Keywords:

Implementasi SIM, Pengembangan SDM, Pelayanan Biro Umrah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas Pentingnya Implementasi Sistem Informasi Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Biro Umrah. Latar belakang penelitian ialah Ketertarikan peneliti mendirikan Biro Umrah dengan kualitas pelayanan terbaik. Penelitian menggunakan Metode Kualitatif. Data didapatkan melalui Studi Literatur, Observasi dan Wawancara. Setiap perusahaan memiliki karyawan sebagai SDM yang bertugas menjalankan operasional perusahaan. Zaman yang serba teknologi dewasa ini, menuntut penggerak perusahaan semakin kreatif dan terus belajar mengikuti perkembangan zaman. Perusahaan dalam kasus ini Biro Umrah, perlu memiliki sebuah Teknologi SIM dan Sumber Daya Manusia terbaik untuk memberikan kontribusi positif dalam kelancaran operasional. SDM merupakan aset penting perusahaan. Demikian pula dengan adanya SIM di perusahaan dapat membantu SDM dalam melaksanakan tugasnya. SIM harus di dukung oleh SDM yang memiliki kompetensi. Oleh karenanya, SIM dan SDM memiliki urgensi untuk diperhatikan. Implementasi SIM harus diimbangi dengan SDM yang berkualitas. Untuk meningkatkan Kualitas SDM, perusahaan dapat melaksanakan Pengembangan SDM. Peneliti melakukan Studi Kasus di PT Ar-Rahmah Tour Kendal. Melalui penelitian ini, diketahui bahwa Biiro Umrah tersebut telah sukses mengimplementasikan SIM dan pengembangan SDM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi SIM dan Pengembangan SDM sangat penting untuk dilaksanakan karena dapat memberikan pengaruh positif terhadap optimalisasi kualitas pelayanan biro umrah serta kemajuan perusahaan di masa depan.

References

Alandri, F. (2013). Peran Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Lingkungan Kantor Bupati Kabupaten Berau. e-Journal Ilmu Pemerintahan, 1(1).

Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 5(2).

Barus, N. R. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Nasabah Pada PT Bank BNI Syariah Kc. Medan (Doctoral Dissertation, UIN Sumatera Utara Medan).

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenada Media.

Darodjat, T. A. (2015). Konsep-Konsep Dasar Manajemen Personalia Masa Kini. Bandung: Refika Aditama.

Dipang, L. (2013). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kinerja Karyawan pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Djuwita, T. M. (2011). Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja Pegawai. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 10(2).

Effendi, M. (2021). Pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan citra lembaga di lembaga pendidikan islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1).

Fionita, I., & Magdalena, B. (2015). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pada Usaha Kecil Menengah Di Provinsi Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 1(2).

Hambali, I. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1).

Haryanto., Tri, J., Anasom., Syakur, M., Fadhilah, I., & Mustaghfirin. (2021). Panduan Perjalanan Jamaah Haji -Yogyakarta: DIVA Press ISBN 978-623-293-519-8.

Huzain, H. (2021). Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Perbankan Syariah. OSF Preprints.

Ichsan, R. N., & Nasution, L. (2021). Sosialisasi Pelatihan Untuk Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan Di Pdam Tirtanadi Cabang Padang Bulan Medan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).

Jamil, A., Sulthon, M., Murtadho, Ali., & Sattar, A. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Haji & Umroh. — Semarang: Fatawa Publishing ISBN 978-602-0887-86-9.

Kaleb, B. J., Lengkong, V. P., & Taroreh, R. N. (2019). Penerapan Sistem Informasi Manajemen dan Pengawasannya Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Lolowang, M. G., Adolfina, A., & Lumintang, G. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Berlian Kharisma Pasifik Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).

Machmud, R. (2014). Peranan Penerapan Sistem Informasi Manajemen Terhadap Efektivitas Kerja Pagawai Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (Lapastika) Bollangi Kabupaten Gowa. ARTIKEL, 1(233).

Nazaruddin, N., Hidayat, R., & Andreas, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dan Pelayanan Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Daya Saing Biro Perjalanan Haji Dan Umroh Prospektif Ekonomi Syari’ah (Studi Pada PT. Makkah Multazam Safir Dan Al Madinah). Nizham: Jurnal Studi Keislaman, 8(01).

Norfathiyah, S. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Perjalanan Haji dan Umroh (Studi Kasus Pada PT. Albis Nusa Wisata Cabang Kelua).

Rivai, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2).

Rosyad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02).

Sattar, A., D, Murtadho, A., Hasanah, H., & Darissurayya, V. (2021). Implementasi Desain Manasik Haji Alternatif Pembelajaran Manasik Calon Jemaah Haji Kota Semarang. Fatawa Publishing ISBN 978-602-0887-85-2, 2021.

Sedarmayanti, S. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja (Cetakan Kesatu). Bandung: PT. Rafika Aditama.

Sudarmana, L., & Putra, W. S. A. K. (2017). Membangun Sistem Pendukung Keputusan Biro Perjalanan Haji dan Umrah di Yogyakarta Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(1).

Tufa, N. (2018). Pentingnya Pengembangan SDM. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2).

Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Wicaksono, Y. S. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi di SKM Unit V PT. Gudang Garam, Tbk Kediri). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1).

Published

2024-01-30

How to Cite

Zulfikar, I. A., & Anasom, A. (2024). Urgensi Implementasi SIM dan Pengembangan SDM Biro Umrah dalam Upaya Mengoptimalkan Pelayanan di PT Ar-Rahmah Tour Kendal. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5896

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.