Al-Khairiyah Banten: Manajemen Pendidikan Islam di Era Modernisasi Pesantren

Authors

  • Mustopa Mustopa Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • An An Andari Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Elis Solihati STISA Ash Shofa Manonjaya Tasikmalaya, Indonesia
  • Diana Livia STISA Ash Shofa Manonjaya Tasikmalaya, Indonesia
  • Ilma Sripa Nurmila Universitas Galuh Ciamis, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5885

Keywords:

Al Khairiyah Banten, Manajemen Pendidikan Islam

Abstract

Perkembangan Pendidikan Islam yang pesat di abad ini tidak terlepas dari historis yang Panjang dan penuh tantangan. Lembaga dengan manajemen kuat yang mampu bertahan hingga saat ini, salah satunya adalah Al-Khairiyah yang sudah berdiri lebih dari 1 abad. Paper ini akan mengkaji historis, manajemen pendidikan, dan ciri khas Lembaga Pendidikan Al-Khairiyah. Peneliti menggunakan studi deskriptif kualitatif, dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan Langkah pengumpulan data, kategorisasi data, dan menjelaskan data. Al-Khairiyah menjadi Lembaga Pendidikan Islam dengan manajemen yang kuat, terbesar dan tertua di daerah Banten, serta menjadi pusat jaringan madrasah. Al-Khairiyah memiliki peran penting dalam perkembangan pendidikan Islam di Indonesia, sehingga tahun1929 dibentuk cabang-cabang madrasah guna memperkuat manajemen dan keberlangsungan Al-Khairiyah meskipun pendirinya sudah tidak ada. 

Author Biographies

Mustopa Mustopa, Universitas Islam An Nur Lampung

Early Childhood Education

An An Andari, Universitas Islam An Nur Lampung

Manajemen Pendidikan Islam

References

Abdurrahman, Abdurrahman. 2020. “Sejarah Pesantren Di Indonesia.†Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ 4 (1). https://doi.org/10.35897/intaj.v4i1.388.

Abrori, M Sayyidul, and Moh. Solikul Hadi. 2020. “Integral Values in Madrasah: To Foster Community Trust in Education.†Istawa : Jurnal Pendidikan Islam 5 (2). https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i2.2736.

Aisyah, Siti. 2023. “Pendidikan Islam Pada Masa Reformasi (1998-Sekarang).†Journal of Islamic Education El Madani 2 (1). https://doi.org/10.55438/jiee.v2i1.39.

Alfurqan. 2019. “Perkembangan Pesantren Dari Masa Ke Masa.†Hadharah: Jurnal Keislaman Dan Peradaban 13.

Al-Sharif, Rami. 2021. “Critical Realism and Attribution Theory in Qualitative Research.†Qualitative Research in Organizations and Management: An International Journal 16 (1). https://doi.org/10.1108/QROM-04-2020-1919.

Anggrayani, Ani. 2021. “Modernisasi Pendidikan Islam Di Banten: Peran KH. Syam’un Dalam Membangun Pesantren Al-Khairiyah Citangkil Warnasari Cilegon 1916-1942.†Tsaqofah 19 (02). https://doi.org/10.32678/tsaqofah.v19i02.3619.

Anita, Anita, Mustaqim Hasan, Andi Warisno, M. Afif Anshori, and An An Andari. 2022. “Pesantren, Kepemimpinan Kiai, Dan Ajaran Tarekat Sebagai Potret Dinamika Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.†Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 4 (3).

Arif, Mohammad. 2016. “Perkembangan Pesantren Di Era Teknologi.†Jurnal Pendidikan Islam 28 (2). https://doi.org/10.15575/jpi.v28i2.550.

Aslan. 2016. “Pengembangan Kurikulum Ditinjau Dari Tingkat Kabupaten Sambas Pada Daerah Tertinggal Di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Timur.†Madinah: Jurnal Studi Islam 3 (1).

Azizah, Dedeh. 2019. “Teologi Pembebasan Dalam Pendidikan Islam Perspektif Asghar Ali Engineer.†OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam 4 (1).

Chandra, Pasmah. 2020. “Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Meningkatakan Kualitas Madrasah.†Jurnal Aghinya Stiesnu Bengkulu 3 (2).

Darmadji, Ahmad. 2015. “Pengembangan Madrasah Berbasis Manajemen Mutu Total Untuk Meningkatkan Moral Bangsa.†El-Tarbawi 8 (1). https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art1.

Darmawi. 2022. “Penerapan Strategi Belajar Aktif (ActiveE Learning Strategy) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.†Jurnal Pendidikan Islam, Sosial Dan Keagamaan 2 (2).

Daulay, Haidar Putra. 2019. Pendidikan Islam Di Indonesia Historis Dan Eksistensinya. Medan: Prenamedia Group.

Daulay, Muhammad Roihan. 2021. “Sejarah Madrasah Di Indonesia (Pendekatan Sejarah Dan Perkembangannya).†FORUM PAEDAGOGIK 12 (1). https://doi.org/10.24952/paedagogik.v13i1.3611.

Defnaldi, Defnaldi, Yunani Yunani, Andi Warisno, An An Andari, and Afif Anshori. 2023. “The Evolution of Islamic Education Institutions in Indonesia.†JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 8 (1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v8i1.10941.

Faiqoh, Dwi. 2019. “Supervisi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru.†Jurnal Kependidikan 7 (1). https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.1938.

Farabi, Mohammad Al. 2020. “MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA: Kasus Adabiyah School.†Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences 1 (3). https://doi.org/10.30821/islamijah.v1i3.7838.

Fathorrahman. 2017. “Problematika Dualisme Ideologi Dan Kelembagaan Pendidikan Islam.†KABILAH : Journal of Social Community 2 (1). https://doi.org/10.35127/kbl.v2i1.3092.

Febriani, Febriani, Rehani Rehani, and Muhammad Zalnur. 2022. “Proses Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ramayulis.†Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam 3 (2). https://doi.org/10.56874/eduglobal.v3i2.988.

Fikriah. 2019. “Peran Strategis Pengawas Dalam Penjaminan Mutu Madrasah.†Semdi Unaya- desember (2).

Haedar Nashir. 2015. Muhammadiyah a Reform Movement. Muhammadiyah University Press. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Hairullah, Hairullah. 2023. “Reformasi Pendidikan Islam Di Madrasah Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Abad 21 : Peluang Dan Tantangan.†Jurnal Ilmiah Widya Borneo 6 (1). https://doi.org/10.56266/widyaborneo.v6i1.164.

Hasibuan, Zainal Efendi. 2016. “The Portrait of Surau as a Forerunner of Madrasah: The Dynamics of Islamic Institutions in Minangkabau Toward Modernization.†AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 1 (1).

Hidajati, Fitrijah, Desy Wulandari, Abdul Kholiq, and Choirul Mahfud. 2019. “Madrasah Dan Sejarah Sosial Pendidikan Islam.†NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 6 (1). https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.115.

Hidayat, Yayat, Hadiat, Mohamad Yudianto, and Peri Ramdani. 2022. “Tantangan Pesantren Salaf Dan Khalaf Di Era Global.†Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8 (1).

Imam, Mashur, and Moh. Hamzah. 2023. “Problematika Dan Konsepsi Kemandirian Pesantren Salaf.†Nusantara Journal of Islamic Studies 4 (1). https://doi.org/10.54471/njis.2023.4.1.32-47.

Irfan, Z A, M Muslim, and M F Hidayatullah. 2022. “Peran Penting Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Siswa Di SMAN 9 Malang.†… : Jurnal Ilmiah Keagamaan.

Irwin Hidayat. 2019. “Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan.†Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Volume 11 (2 issues per year (June & December)).

Ismail. 2014. “Konsep Pendidikan KH. Ahmad Dahlan (Studi Tentang Filosofi Pendidikan, Tujuan Pendidikan, Model Pendidikan, Dan Pembaharuan Pendidikan).†Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 6 (1).

Jono, Muhamad, Firman, and Rusdinal. 2019. “Peranan Prof. Dr. H. Ramayulis Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Di Sumatera Barat 1945-2015.†Jurnal Pendidikan Tambusai 3 (6).

Julranda, Rizky, Sultan Fadillah Effendi, and Michael Ariel Perdana Zalukhu. 2022. “PENERAPAN HUKUM PROGRESIF SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN HUKUM NASIONAL DALAM RANCANGAN UNDANG-UNDANG MASYARAKAT HUKUM ADAT.†CREPIDO 4 (2). https://doi.org/10.14710/crepido.4.2.171-183.

Karo, Tiy Kusmarrabbi. 2020. “Modernisasi Pendidikan Islam Di Mesir.†WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 2 (2). https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i2.60.

Lalu Abdurrahman Wahid. 2022. “Pendidikan Islam Transformatif Perspektif Azyumardi Azra (Pemikiran Modernisasi Dan Rekonstruksi Pendidikan Islam).†An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam 1 (3). https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i3.25.

Luthfiyani, Anis, and Muhammad Sirozi. 2023. “Politik Pendidikan Islam Di Indonesia Pada Masa Orde Lama.†Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam 10 (1).

Madarik, Muhammad. 2018. “Manajemen Madrasah Dalam Perspektif Islam.†CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman 2 (1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v2i1.25.

Magdalena, Zulfah. 2022. “Personality And Visionary Leadership Sebagai Tonggak Meningkatkan Kualitas Madrasah.†Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 16 (3). https://doi.org/10.35931/aq.v16i3.1029.

Malfi, Febri, Sudirman, Zulmuqim, and Duski Samad. 2023. “Kebangkitan Dan Perkembangan Madrasah Di Indonesia.†Arus Jurnal Pendidikan 3 (1). https://doi.org/10.57250/ajup.v3i1.190.

Mariana, Dielfi, and Achmad Mahrus Helmi. 2022. “Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Di Indonesia.†Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (1).

Mas’ulah, Siti. 2019. “Pesantren Dalam Perubahan Sosial Di Indonesia.†At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 18 (1). https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1613.

Misini, Misini, Zainal Abidin, Andi Warisno, An An Andari, and M Afif Anshori. 2023. “Planning Management Implementation to Improve Graduate Quality.†JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 8 (1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v8i1.10998.

Murtadlo, Muhamad. 2016. “Strategi Pembiayaan Pendidikan Pada Madrasah Swasta Unggulan.†EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 14 (1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v14i1.14.

———. 2018. “Hubungan Mesir-Indonesia Dalam Modernisasi Pendidikan Islam.†Al-Qalam 24 (2). https://doi.org/10.31969/alq.v24i2.530.

Na’im, Zaedun. 2021. “Sejarah Perkembangan Manajemen Lembega Pendidikan Islam.†Journal Evaluasi 5 (1). https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.569.

Perdana, Indra, and Joni Bungai. 2020. “Model Kepemimpinan Dayak Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah.†Equity In Education Journal 2 (2). https://doi.org/10.37304/eej.v2i2.1674.

Permana, Rahayu, and Fahmi Hidayat. 2018. “Kesepakatan PB Al-Khairiyah Cilegon Dengan PT. Krakatau Steel Tahun 1974-1978.†Alur Sejarah: Jurnal Pendidikan Sejarah 3 (1).

Pratiwi, Ketut Wahyu, and I Nyoman Lemes. 2021. “PERLINDUNGAN HUKUM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP TENAGA KERJA PROPERTY DI PT. GRAHA ADI JAYA SINGARAJA.†Kertha Widya 8 (1). https://doi.org/10.37637/kw.v8i1.637.

Rahmat. 2014. “Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sistem Dan Perkembangannya Sebelum Dan Sesudah Kemerdekaan).†Rihlah Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan 1 (01).

Rifa’i, Muh. Khoirul. 2019. “Pengelolaan Majlis Taklim Dan Pengajian Umum.†Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 4 (1). https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i1.60.

Rochmawati, Erna. 2021. “PENINGKATAN KAPASITAS KADER MUHAMMADIYAH DALAM PENANGANAN GEJALA PADA LANSIA DENGAN PENYAKIT KRONIK.†Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.32.202.

Rohman, Fatkhur. 2017. “Pendidikan Islam: Menguak Sejarah Perkembangan Madrasah Hingga Era Nizamiyah.†JJurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan VII (2).

Rohmat. 2019. “Pendidikan Pesantren Salaf.†Tawadhu 3 (2).

Ruslan, Ahmad. 2020. “Falsafah Ajaran Kyai Ahmad Dahlan Dan Etos Pendidikan Muhammadiyah.†CHRONOLOGIA 2 (1). https://doi.org/10.22236/jhe.v2i1.5620.

Samudera, Sahara Adjie. 2023. “Undang-Undang Pesantren Sebagai Landasan Pembaruan Pondok Pesantren Di Indonesia (Studi Kebijakan UU No. 18 Tahun 2019).†Fahima 2 (2). https://doi.org/10.54622/fahima.v2i2.92.

Sinaga, Sopian. 2020. “Modernisasi Pendidikan Islam Landasan Teologis-Filosofis-Historis.†WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 4 (1). https://doi.org/10.51590/waraqat.v4i1.78.

Sukhoiri, Sukhoiri. 2018. “Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Sebelum Madrasah.†Qathrunâ Jurnal Keilmuan Dan Pendidikan 5 (1).

Susilo, Agus Agus, and Ratna Wulansari. 2020. “Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.†Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam 20 (2). https://doi.org/10.19109/tamaddun.v20i2.6676.

Syamsuddin, Fachri. 2004. “Pembaharuan Islam Di Minangkabau Awal Abad XX: Studi Terhadap Pemikiran Syekh Muhammad Jamil Jambek, Syekh Abdullah Ahmad, Dan Syekh Abdul Karim Amrullah.†Disertasi.

Syukri, Muhammad, and Zaenal Abidin. 2019. “STRATEGI KOMUNIKASI PONDOK PESANTREN DARUN NAJAH DUMAN DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS MASYARAKAT DI DESA DUMAN KEC. LINGSAR KAB. LOMBOK BARAT.†KOMUNIKE 11 (2). https://doi.org/10.20414/jurkom.v11i2.2287.

Tarwiyani, Tri. 2016. “TEKNOLOGI DAN TIPE MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF GERHARD E. LENSKI, Sebuah Tinjauan Filsafat Sejarah.†HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah 1 (1). https://doi.org/10.33373/his.v1i1.388.

Umar, Surip. 2023. “Manajemen Entitas Untuk Perkembangan Pondok Pesantren Di Era Society 5.0.†Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education 4 (1). https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i1.304.

Usman. 2017. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL; Tinjauan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.†Jurnal Madania 7 (1): 241–61.

Wiryono, Herry. 2012. “Perkembangan Perguruan Islam Al-Khairiyah Cilegon Banten (1916-1950).†Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya 4 (1). https://doi.org/10.30959/patanjala.v4i1.123.

Published

2024-01-29

How to Cite

Mustopa, M., Andari, A. A., Solihati, E., Livia, D., & Nurmila, I. S. (2024). Al-Khairiyah Banten: Manajemen Pendidikan Islam di Era Modernisasi Pesantren. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5885

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.