Perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Gandri Dalam Meningkatkan Akhlak Beragama
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5877Keywords:
Planning, Merdeka Curriculum, Religious MoralsAbstract
Kurikulum berperan penting sebagai suatu pedoman pembelajaran yang mencakup perencanaan kegiatan pembelajaran dalam rangka memperoleh pengetahuan dan pengalaman melalui serangkaian kegiatan pembelajaran. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan model pembelajaran intrakurikuler yang beragam, serta kontennya lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Gandri dalam meningkatkan akhlak beragama. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode pengambilan data menggunakan tiga cara, yaitu observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil atau kesimpulan dari penelitian ini, bahwa perencanaan implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Gandri dalam meningkatkan akhlak beragama dilaksanakan dengan beberapa tahap perencanaan melakukan analisis capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran sebagai pengembangan alur tujuan pembelajaran, melakukan penyusunan modul ajar dengan mengembangkan alur tujuan pembelajaran yang di dalamnya tercantum tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran yang relevan, materi pembelajaran, dan jenis evaluasi pembelajaran yang digunakan.
References
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
Duwika, K., & Janardana, M. A. (2021). Multimedia Interaktif Model Neurosains dengan Transformasi Mode Daring dan Luring di Era New Normal. Mimbar Ilmu, 26(3), 506–515
Fajrin, A. L., & Sugito, S. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Anak di Masa Pandemi Covid-19: Pembelajaran Daring dan Luring. Jurnal Obsesi, 6(6), 6890 – 6898
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011– 3024
Kemendikbudristek. (2020). Buku Saku: Merdeka Belajar Prinsip dan Implementasi pada Jenjang Pendidikan SMA
Kemendikbud, Pusat Penialaian Pendidikat Balitbang. (2018). Pendidikan di Indonesia Belajar Dari hasil PISA 2018
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (1st ed.). Literasi Nusantara Abadi
Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9
Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912– 3919
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Restu. Jurnal BASICEDU, 6(4), 6313–6319
Rahmadayanti, D., & Agung Hartoyo. (2022). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 1774–7187
Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682–5691
Saputra, M., Nazaruddin, Na’im, Z., Syahidin, Nugroho, P., Maula, I., Hadiningrum, L. P., Budianingsih, Y., Ahyar, D. B., Khaidir, Makmur, & Dahniar. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. In Rusnawati (Ed.), Jurnal Pendidikan Islam (1st ed., Vol. 7, Issue 1). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif (VIII). Bandung: Alfabeta
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hardiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115– 132
Suratno, J., Sari, D. P., & Bani, A. (2022). Kurikulum Dan Model-Model Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1), 67–75
Syaputra, A., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa PandemiCOVID-19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 208– 224
UNICEF Indonesia. (2022). Briefing Note: The impact of COVID-19 and Recovery Strategies. Unicef Indonesia, 1–12
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar†dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).