Perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Gandri Dalam Meningkatkan Akhlak Beragama

Authors

  • Nurdin Hidayat STKIP PGRI Bandar Lampung, Indonesia
  • Agus Pahrudin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Syafrimen Syafril Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Koderi Koderi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Muhammad Akmansyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5877

Keywords:

Planning, Merdeka Curriculum, Religious Morals

Abstract

Kurikulum berperan penting sebagai suatu pedoman pembelajaran yang mencakup perencanaan kegiatan pembelajaran dalam rangka memperoleh pengetahuan dan pengalaman melalui serangkaian kegiatan pembelajaran. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan model pembelajaran intrakurikuler yang beragam, serta kontennya lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Gandri dalam meningkatkan akhlak beragama. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode pengambilan data menggunakan tiga cara, yaitu observasi dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil atau kesimpulan dari penelitian ini, bahwa perencanaan implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Gandri dalam meningkatkan akhlak beragama dilaksanakan dengan beberapa tahap perencanaan melakukan analisis capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran sebagai pengembangan alur tujuan pembelajaran, melakukan penyusunan modul ajar dengan mengembangkan alur tujuan pembelajaran yang di dalamnya tercantum tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran yang relevan, materi pembelajaran, dan jenis evaluasi pembelajaran yang digunakan.

References

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Duwika, K., & Janardana, M. A. (2021). Multimedia Interaktif Model Neurosains dengan Transformasi Mode Daring dan Luring di Era New Normal. Mimbar Ilmu, 26(3), 506–515

Fajrin, A. L., & Sugito, S. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Anak di Masa Pandemi Covid-19: Pembelajaran Daring dan Luring. Jurnal Obsesi, 6(6), 6890 – 6898

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011– 3024

Kemendikbudristek. (2020). Buku Saku: Merdeka Belajar Prinsip dan Implementasi pada Jenjang Pendidikan SMA

Kemendikbud, Pusat Penialaian Pendidikat Balitbang. (2018). Pendidikan di Indonesia Belajar Dari hasil PISA 2018

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (1st ed.). Literasi Nusantara Abadi

Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9

Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912– 3919

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Restu. Jurnal BASICEDU, 6(4), 6313–6319

Rahmadayanti, D., & Agung Hartoyo. (2022). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 1774–7187

Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682–5691

Saputra, M., Nazaruddin, Na’im, Z., Syahidin, Nugroho, P., Maula, I., Hadiningrum, L. P., Budianingsih, Y., Ahyar, D. B., Khaidir, Makmur, & Dahniar. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. In Rusnawati (Ed.), Jurnal Pendidikan Islam (1st ed., Vol. 7, Issue 1). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif (VIII). Bandung: Alfabeta

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hardiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115– 132

Suratno, J., Sari, D. P., & Bani, A. (2022). Kurikulum Dan Model-Model Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1), 67–75

Syaputra, A., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa PandemiCOVID-19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 208– 224

UNICEF Indonesia. (2022). Briefing Note: The impact of COVID-19 and Recovery Strategies. Unicef Indonesia, 1–12

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar†dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133

Published

2024-01-30

How to Cite

Hidayat, N., Pahrudin, A., Syafril, S., Koderi, K., & Akmansyah, M. (2024). Perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Gandri Dalam Meningkatkan Akhlak Beragama. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5877

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.