Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kiyai dan Hubungan Teman Sejawat Terhadap Budaya Pesantren Serta Dampaknya Pada Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Taman Pendidikan Ulama Zuamma (Tapuz) Kota Pariaman Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5765Keywords:
Santri Character, Islamic Boarding School Culture, Kiai Leadership, Peer RelationshipsAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kiyai, hubungan teman sejawat terhadap budaya pesantren terhadap pembentukan karakter. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Modern Taman Pendidikan Ulama Zuama (TAPUZ) yang beralamat di Desa Marunggi Kota Pariaman Sumtera Barat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh santri yang ada di Pondok Pesantren TAPUZ yang berjumlah 285 orang, Adapun jumlah sampelnya adalah sebanyak 115 orang menggunakan Teknik stratified proportional random sampling. Hasil pengolahan data yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara langsung maupun tidak langsung dari variable kepemimpinan kiyai, hubungan teman sejawat, budaya pesantren terhadap pembentukan karakter santri. Â
References
Agung Hidayatulloh, M., & Laily Fauziyah, N. (2021). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kepemimpinan Dan Kerjasama Tim: Kepemimpinan, Komunikasi Efektif, Pendekatan Kepemimpinan Tim, Dan Efektivitas Tim (Suatu Kajian Studi Literature Review Ilmu Manajemen Terapan). Jmpis, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 149–158. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V2i2
Arifin, Z. (2014). Budaya Pesantren Dalam Membangun Karakter Santri. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 6(1), 40–51.
Arifin, Z. (2015). Kepemimpinan Kiai Dalam Ideologisasi Pemikiran Santri Di Pesantren-Pesantren Salafiyah Mlangi Yogyakarta. Inferensi, 9(2), 351. Https://Doi.Org/10.18326/Infsl3.V9i2.351-372
Asmuki, A., & Aluf, W. Al. (2018). Pendidikan Karakter Di Pesantren. Edupedia, 2(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.35316/Edupedia.V2i2.325
Bustanul Arifin, Ali Imron, Achmad Supriyanto, & Imron Arifin. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pada Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lobar. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 73–88. Https://Doi.Org/10.55606/Cendikia.V2i4.452
Curren, R. (2017). Why Character Education? Impact, 2017(24), 1–44. Https://Doi.Org/10.1111/2048-416x.2017.12004.X
Graha, A. N. (2005). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kemampuan Karyawan Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomimodernisasi, 1(2), 75–93. Https://Doi.Org/Https://Search.Crossref.Org/?Q=Jurnal+Ekonomi+Modernisasi&From_Ui=Yes.
Hafizin, Herman. (2022). Merumuskan Visi Dan Misi Lembaga Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 05(01).
Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. Https://Doi.Org/10.32678/Tarbawi.V4i02.1230.
Budi Heriyanto, Agus Sarifuddin, Herman, Ali Maulida, Abdul Jabar. (2022). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak: Studi Hadits Sammillah Wakul Biyaminik Wa Mimma Yalik (Ucapkan Bismillah Dan Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Memakan Makanan Yang Ada Disekitar). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03).
Herman, Hery Saparjan Mursi, Ahmad Khoirul Anam, Ahmad Hasan, Ade Naelul Huda. (2023). Relevansi Dekadensi Moral Terhadap Degradasi Lingkungan. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 8(01).
Holis, N. (2022). Budaya Pesantren Dalam Membangun Karakter Santri Di Pondok Pesantren Nurul Khalil Bondowoso. In Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kh Achmad Siddiq Jember.
Kahar, S., Barus, M. I., & Wijaya, C. (2019). Peran Pesantren Dalam Membentuk Karakter Santri. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal Of Social And Cultural Anthropology), 4(2), 170. Https://Doi.Org/10.24114/Antro.V4i2.11949
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V3i2.142
Nofiaturrahmah, F. (2014). Metode Pendidikan Karakter Di Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Xi(2), 201–216. Https://Ejournal.Uin-Suka.Ac.Id/Tarbiyah/Jpai/Article/View/112-04
Rohdiana, F., Suhartono, & Marlina. (2023). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Santri Pada Pondok Pesantren Darussalamah . Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1 Se-Articles), 15–24. Https://Journal.Unuha.Ac.Id/Index.Php/Jpia/Article/View/1843
Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. 2(1), 257–273. Https://Doi.Org/Https://Search.Crossref.Org/?Q=2620-4355
Sandiah, N. (2017). Model Komunikasi Antar-Teman Sejawat  Oleh: Nasrun Sandiah. Holistik. Journal Of Social And Culture, 103–118. Https://Doi.Org/Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Holistik/Article/View/18957
Syarifah, L., Latifah, N., & Puspitasari, D. (2021). Keteladanan Pengasuh Dan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Santri Tarbiyatul Athfal Tegalrejo Magelang. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 97. Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V5i1.51324
Umam, W. (2020). Kepemimpinan Kiai Dalam Mengembangkan Pondok Pesantren. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 61. Https://Doi.Org/10.51278/Aj.V2i3.60
Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287. Https://Doi.Org/10.21580/Ws.2011.19.2.159
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).