Model Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5319Keywords:
Penjaminan mutu, Audit mutu, PIAUD.Abstract
Penelitian ini dilakukan karena model pengembangan SPMI sangat dibutuhkan dalam penjaminan mutu internal perguruan tinggi. Penelitian ini mengembangkan model sistem penjaminan mutu internal dalam proses pembelajaran yang dibutuhkan oleh program studi. Dengan pendekatan research and development model 4D yaitu analisis, desain, pengembangan, penyebarluasan, penelitian ini mengajukan 4 hasil penelitian: (1) analisis kebutuhan dilakukan melalui pemahaman secara mendalam, mengidentifikasi standar operating prosedur (SOP), melakukan observasi terhadap mekanisme dan prosedur pembelajaran, mengidentifikasi masalah, melakukan wawancara kepada pihak terkait, memilih model penjaminan mutu yang mengikuti alur penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan mutu (PPEPP) dengan memaksimalkan peran gugus kendali mutu, (2) proses pengembangan model dengan membentuk alur sistem, elemen input, proses dan output. Alur penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan mutu (PPEPP) menjadi mutlak dilaksanakan, sebab berhubungan langsung dengan penilaian audit mutu internal maupun audit mutu eksternal oleh LAMDIK. (3) pengujian kelayakan divalidasi oleh 2 narasumber meliputi validasai materi dan validasi desain, dan (4) pengujian kepraktisan mendapatkan skor kepraktisan 1188, dengan persentasenya sebesar 79,3% dengan kategori praktis.
References
Arifudin, Opan. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi). 3(1), 161-169.
Basuki, Sunarno. (2013). Analisis Implementasi Sistem Penjaminan Mutu dan Akreditasi Pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Jurnal Multilateral. 12(2), 167-174.
Berutu, Wahidah Yati Nur. (2020). Analisis Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Kinerja Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU. Jurnal EduTech. 6(2), 181-187.
Fadhli, Muhammad. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 04(02), 171-183.
Handayani, Ni Nyoman Lisna., & Muliastrini, Ni Ketut Erna. (2021). Determinasi Sistem Penjaminan Mutu Internal terhadap Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Pintu: Pusat Penjaminan Mutu. 02(2).
Kurniasih, K., Basir S, B. S., & Badry, A. I. . (2022). Implementation Analysis of the Internal Quality Assurance System using the Balance Scorecard Approach at the College of Police Science. JUDICIOUS, 3(2), 140–148. https://doi.org/10.37010/jdc.v3i2.985.
Mulyasa, E. (2016). Improved Quality Management Based Learning for Preparing The Character of Graduates in Response to Globalization Era. Dhaka, Bangladesh: International Journal of Education and Research; Vol.4 No. 11.
Mulyasa, E., & Aryani, Wiwik Dyah. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Era Merdeka Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 08(2), 933-944.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Ragil, Yoga Aditia., Meilani, Sri Martini., & Akbar, Zarina. (2020). Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 04(2), 567-574.
Rahmatul Aini, S., ndayani, Y. ., Ananto, A. D. ., Juliantoni, Y. ., & Pratama, I. S. . (2021). GAMBARAN IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL PROGRAM STUDI FARMASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MATARAM. Jurnal Kedokteran, 9(4), 274–280. https://doi.org/10.29303/jku.v9i4.488.
Sallis, Edward. (2002). Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd.
Stufflebeam, D.L. dan Shinkfield, A.J. (2005). Systematic Evaluation. Boston: KluwerNijhoff Publishing.
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Trianto, Deni. (2020). Evaluasi Siklus Pelaksanaan Standar Dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Di STT Bethel Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol 6, No 2 (2020), 134-145. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i2.1647.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).