The Role of The School Principal In Improving Teacher Performance During The New Adaptation Period at SMPN 1 Perbaungan
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5300Keywords:
Adaptation to New Habits, School Principals, Teacher PerformanceAbstract
References
Adam, B. (2021). “Peranan Manajemen Strategi dan Manajemen Operasional dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan†Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/Tahdzibi/article/view/8191.
Aktar, S., Amini, A., & Pratiwi, S. N. (2023). “Development and Management of Islamic Education Curriculum in the COVID-19 Pandemic: Case Study at SMP IT Mutiara Kab. Deli Serdang North Sumatra†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02). http://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/4351.
Aslamiyah, N., & Abun, R. (2022). “Profesionalisme Guru Sebuah Tuntutan dalam Era Perubahan Sebagai Wujud Penguatan Manajemen Pendidikan Islam†At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 6(2). http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/view/2378.
Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.
Fadhli, M. (2017). “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan†Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2). http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/295.
Hardiyati, M., Isnaini, F., Apriani, W., Hasanahti, M., & Hasibuan, P. H. (2022). “Strategi Meningkatkan Kinerja Guru yang Profesional†Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 1(1). https://zia-research.com/index.php/cendekiawan/article/view/12.
Hasanah, A. N., Basari, L. M., Irvan, R. A., & Sari, N. (2022). “Kendala yang Dialami Guru dalam Proses Pembelajaran Daring Era Covid-19†Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 1(1). https://zia-research.com/index.php/cendekiawan/article/view/27.
Istiarsono, Z. (2018). “Manajemen Pembinaan Kompetensi Kepribadian dan Kinerja Guru†INTELEGENSIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1). http://intelegensia.web.id/index.php/intelegensia/article/view/59.
Jamila, J. (2020). “Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi pada Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kota Medan)†Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT), 1(1). https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3922.
Kartika, N. K., & Ambara, D. P. (2021). “Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Mengajar Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru PAUD†Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/39952.
Khori, A. (2016). “Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam†Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27040/.
Lailatussaadah, L. (2015). “Upaya Peningkatan Kinerja Guru†Intelektualita, 3(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/196.
Melisa, A., Frida, S. S., & Wajihan, N. (2022). “Pelatihan Kepemimpinan Bagi Kepala Sekolah (Melalui Kajian Teori-teori Kepemimpinan yang Sesuai Diterapkan untuk Sekolah)†Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). http://karya.brin.go.id/id/eprint/15012/1/Abdi%20Cendekia_Melisa%20Anggraini_Universitas%20Muhammadiyah%20Sumatera%20Utara_2022_2.pdf.
Munawir, M., Fitrianti, Y., & Anisa, E. N. (2022). “Kinerja Guru Profesional Sekolah Dasar†JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1). https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/6251.
Muslimin, I. (2023). “Meningkatkan Profesionalisme Guru dengan Model, Pendekatan dan Teknik Supervisi Pendidikan di Era Society 5.0†An-Nahdliyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). http://ejournal.stainumalang.ac.id/index.php/annahdliyah/article/view/74.
Nurul, Z., Nur, A. M., Putri, A. L., & Kiki, U. (2022). “Supervisi dalam Pendidikan (Kajian Kinerja Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah)†Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). http://karya.brin.go.id/id/eprint/15010/1/Abdi%20Cendekia_Nurul%20Zahriani_Universitas%20Muhammadiyah%20Sumatera%20Utara_2022_1.pdf.
Parisma, A., Palimbong, M. N., Bura, B., Bone, A. A., & Bulan, M. L. (2023). “Profesionalitas dan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membendung Dekadensi Moral di Era Society 5.0†JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4). https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/66.
Pratiwi, S. N., Wastuti, S. N. Y., & Jamila, J. (2022). “Kepemimpinan Transformasional dalam Menghadapi Era Digitalisasi†Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 5(1). https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/biblio/article/view/9886.
Priyatna, M. (2017). “Manajemen Pengembangan SDM pada Lembaga Pendidikan Islam†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09). http://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/87.
Rabiah, S. (2019). “Manajemen Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan†Jurnal Sinar Manajemen, 6(1). https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM/article/view/551.
Ramadhandi, E., Muhammad, A. S., Ainun, N., Sani, N. B. A., & Nurhaliza, S. (2022). “Diagnosis Prestasi Belajar Remaja pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Al-Washliyah Medan Tembung†Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 1(2). https://zia-research.com/index.php/cendekiawan/article/view/43.
Rohmah, N. (2017). “Guru Madrasah Ideal di Era Kontemporer†Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 2(2). http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3283.
Rohman, H. (2020). “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru†Jurnal Madinasika: Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 1(2). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/481.
Rozi, M. A. F. (2015). “Profesionalisme Guru: Antara Beban dan Tanggung Jawab†EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2). http://www.ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/edukasi/article/view/102.
Sahiba, A. (2022). “Ruang Lingkup Pendidikan Islam Kontemporer†Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 2(5). http://jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/26.
Subronto, S., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). “Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, dan Tenaga Pendidikan†Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(1). https://www.dinastirev.org/JEMSI/article/view/671.
Syahfitri, D., & Anggeraini, D. (2022). “Analisis Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ditengah Pandemi Covid-19 pada Siswa SD Islam Terpadu Al-Anshar Tanjung Pura†Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 1(2). https://zia-research.com/index.php/cendekiawan/article/view/41.
Tajhi, A. I., Fitria, A., Sabella, D., Oktavia, D., Al Munawwaroh, R., Hafiz, S., & Ani, Y. S. (2022). “Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19†Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 1(1). https://zia-research.com/index.php/cendekiawan/article/view/14.
Wardany, D. K. (2020). “Kontribusi Kepemimpinan dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru†Jurnal Madinasika: Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 1(2). https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/479.
Zubair, A., Sasongko, R. N., & Aliman, A. (2017). “Manajemen Peningkatan Kinerja Guru†Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4). https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/article/view/3291.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).