Implementasi Sistem Evaluasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam Melalui Swot Balanced Scorecard (BSC) di Ponpes Al Minhaj Bogor

Authors

  • Mufid Mufid Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Abas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5167

Keywords:

Evaluasi, Manajemen Mutu, SWOT, BSC

Abstract

Artikel penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem evaluasi manajemen mutu pendidikan melalui SWOT Balanced Scorecard (BSC) di institusi pendidikan Islam. Penelitian ini mengambil lokasi di Ponpes Alminhaj Kabupaten Bogor pada tahun 2023, untuk menemukan implementasi evaluasi manajemen mutunya berdasarkan metode analisis SWOT BSC dengan menggunakan metode penelitian kualitatif studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ponpes Alminhaj Bogor walaupun telah memiliki sistem manajemen mutu melalui lembaga penjaminan mutu yang bernama Dewan Pengembang dan Penjamin Mutu Sekolah (DPPMS); namun berdasarkan analisis SWOT BSC direkomendasikan secara internal dan eksternal serta berdasarkan faktor-faktor lainnya masih harus memperbaiki lembaga mutunya dan untuk terus mengembangkan rencana strategis dan usaha kreatifnya agar mampu menghadapi tantangan zaman dan persaingan global yang semakin kompleks. 

References

Arifudin, O. (2020). Manajemen Perguruan Tinggi Era Revolusi 4.0 dalam Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi Nasional. Jurnal Al-Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan), 02(01), 1-8.

Asikin, L. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Pendidikan Tinggi. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 06(02), 318-340.

Bairizki, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Fatimah, F, N, D. (2020). Teknik Analisis SWOT Pedoman Menyusun Strategi yang Efektif & Efisien serta Cara Mengelola Kekuatan & Ancaman. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Harsono, O. (2016). Pengaruh Strategi Bisnis dan Strategi Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Lembaga Pendidikan: Studi Kasus Perguruan Islam Al-Izhar Pondok Labu. Telematika MKOM, 02(01), 52-58.

Harper, W. (2000). Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Jakarta: Erlangga.

Maryamah. (2013). Total Quality Management (TQM) dalam Konteks Pendidikan Islam. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 18(01), 95-106.

Kusuma. V. (2017). Pengukuran Kinerja Balanced Scorecard (BSC) Pada Yayasan SMA Pawyatan Daha Kediri. Skripsi. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rangkuti, F. (2013). SWOT Balanced Score Card. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2017). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rosidin, A. (2017). Pemetaan dan Perencanaan Peningkatan Mutu Berbasis SWOT Balanced Scorecard di Perguruan Darul Hikam Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 1-13.

Suharsimi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Susilawati, I. M., & Harun, M. (2017). Analisis SWOT Sebagai Dasar Strategi Branding Pada Madrasah Ibtidaiyah Alhidayah, Cirende, Ciputat. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 03(01), 111-128.

Syahid. (2017). Penerapan Total Quality Management Pada Program Studi MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(02), 192-210.

Wahyudi, K., Pratiwi, N, A., dan Eliza, M. (2021). Penerapan Balanced Scorecard Serta Analisis SWOT dalam Perancangan Strategi Pada Badan Usaha Milik Daerah PT Bank X. Jurnal Ilmu Manajemen, 09(04), 1487-1499.

Published

2024-01-29

How to Cite

Mufid, M., & Tamam, A. M. (2024). Implementasi Sistem Evaluasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam Melalui Swot Balanced Scorecard (BSC) di Ponpes Al Minhaj Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5167

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.