Implementasi Sistem Evaluasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam Melalui Swot Balanced Scorecard (BSC) di Ponpes Al Minhaj Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5167Keywords:
Evaluasi, Manajemen Mutu, SWOT, BSCAbstract
Artikel penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem evaluasi manajemen mutu pendidikan melalui SWOT Balanced Scorecard (BSC) di institusi pendidikan Islam. Penelitian ini mengambil lokasi di Ponpes Alminhaj Kabupaten Bogor pada tahun 2023, untuk menemukan implementasi evaluasi manajemen mutunya berdasarkan metode analisis SWOT BSC dengan menggunakan metode penelitian kualitatif studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ponpes Alminhaj Bogor walaupun telah memiliki sistem manajemen mutu melalui lembaga penjaminan mutu yang bernama Dewan Pengembang dan Penjamin Mutu Sekolah (DPPMS); namun berdasarkan analisis SWOT BSC direkomendasikan secara internal dan eksternal serta berdasarkan faktor-faktor lainnya masih harus memperbaiki lembaga mutunya dan untuk terus mengembangkan rencana strategis dan usaha kreatifnya agar mampu menghadapi tantangan zaman dan persaingan global yang semakin kompleks.Â
References
Arifudin, O. (2020). Manajemen Perguruan Tinggi Era Revolusi 4.0 dalam Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi Nasional. Jurnal Al-Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan), 02(01), 1-8.
Asikin, L. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Pendidikan Tinggi. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 06(02), 318-340.
Bairizki, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Fatimah, F, N, D. (2020). Teknik Analisis SWOT Pedoman Menyusun Strategi yang Efektif & Efisien serta Cara Mengelola Kekuatan & Ancaman. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Harsono, O. (2016). Pengaruh Strategi Bisnis dan Strategi Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Lembaga Pendidikan: Studi Kasus Perguruan Islam Al-Izhar Pondok Labu. Telematika MKOM, 02(01), 52-58.
Harper, W. (2000). Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Jakarta: Erlangga.
Maryamah. (2013). Total Quality Management (TQM) dalam Konteks Pendidikan Islam. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 18(01), 95-106.
Kusuma. V. (2017). Pengukuran Kinerja Balanced Scorecard (BSC) Pada Yayasan SMA Pawyatan Daha Kediri. Skripsi. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rangkuti, F. (2013). SWOT Balanced Score Card. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2017). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rosidin, A. (2017). Pemetaan dan Perencanaan Peningkatan Mutu Berbasis SWOT Balanced Scorecard di Perguruan Darul Hikam Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 1-13.
Suharsimi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Susilawati, I. M., & Harun, M. (2017). Analisis SWOT Sebagai Dasar Strategi Branding Pada Madrasah Ibtidaiyah Alhidayah, Cirende, Ciputat. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 03(01), 111-128.
Syahid. (2017). Penerapan Total Quality Management Pada Program Studi MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(02), 192-210.
Wahyudi, K., Pratiwi, N, A., dan Eliza, M. (2021). Penerapan Balanced Scorecard Serta Analisis SWOT dalam Perancangan Strategi Pada Badan Usaha Milik Daerah PT Bank X. Jurnal Ilmu Manajemen, 09(04), 1487-1499.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).