Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di PKBM Anugrah Desa Bungku Kabupaten Batanghari
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5136Keywords:
Strategi, Kepala Sekolah, Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK
Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah dalam mengupayakan peningkatan prestasi belajar siswa melalui starategi kepemimpinan Kepala Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala dalam meningkatkan hasil belajar siswa di PKBM Anugrah Desa Bungku Kabupaten Batanghari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif dengan subjek penelitian yaitu Kepala PKBM, Guru, dan Siswa yang belajara di PKBM Anugrah Desa Bungku Kabupaten Batanghari. yang ditentukan dengan mengunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan alur, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan tahap verifikasi. Pengujian kredibilitas data dilakukan dengan pendekatan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Kepala PKBM dalam meningkatkan hasil belajar siswa di PKBM Anugrah Desa Bungku Kabupaten Batanghari yaitu melakukan bimbingan dan konseling sebagai bentuk nasehat dan motivasi oleh Kepala PKBM mengenai cara belajar yang efektif, mengumpulkan data nilai siswa sebagai bentuk perhatian dan kontrol Kepala PKBM kepada siswa dan guru, melakukan diagnosis terhadap data siswa sebagai bentuk Upaya menggali informasi, dan melakukan prognosis melalui program terencana sesuai kebutuhan siswa yaitu bimbingan belajar tambahan, melibatkan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, membentuk kelompok belajar siswa, dan program pendampingan keluaga bermasalah.
References
Budiyono Amirullah Haris. (2006). Manajemen Strategi. Jakarta: Mitra Wacana Media
Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Fathurrohman, P dan Sutikno, S. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.
Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press.
Michael Huberman Mattew B. Milles. A. (2009). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjef Rohendi Rohidi. Jakarta: Judul Penerbit Universitas Indoneisa
Moleong Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya
Mulyasa, E. 2012. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahman. 2006. Peran Starategis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Mutu Pendidikan.
Jatinangor: Alqaprint.
Rudin, A dan Siregar, N.R. 2014. Hubungan Aktivitas Belajar di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Kendari. Kendari. Jurnal Humanika ISSN 1979-8296.
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sarwono Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.
Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).