Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di PKBM Anugrah Desa Bungku Kabupaten Batanghari

Authors

  • Nur Asia Universitas Jambi, Indonesia
  • Amirul Mukminin Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5136

Keywords:

Strategi, Kepala Sekolah, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah dalam mengupayakan peningkatan prestasi belajar siswa melalui starategi kepemimpinan Kepala Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala dalam meningkatkan hasil belajar siswa di PKBM Anugrah Desa Bungku Kabupaten Batanghari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif dengan subjek penelitian yaitu Kepala PKBM, Guru, dan Siswa yang belajara di PKBM Anugrah Desa Bungku Kabupaten Batanghari. yang ditentukan dengan mengunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan alur, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan tahap verifikasi. Pengujian kredibilitas data dilakukan dengan pendekatan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Kepala PKBM dalam meningkatkan hasil belajar siswa di PKBM Anugrah Desa Bungku Kabupaten Batanghari yaitu melakukan bimbingan dan konseling sebagai bentuk nasehat dan motivasi oleh Kepala PKBM mengenai cara belajar yang efektif, mengumpulkan data nilai siswa sebagai bentuk perhatian dan kontrol Kepala PKBM kepada siswa dan guru, melakukan diagnosis terhadap data siswa sebagai bentuk Upaya menggali informasi, dan melakukan prognosis melalui program terencana sesuai kebutuhan siswa yaitu bimbingan belajar tambahan, melibatkan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, membentuk kelompok belajar siswa, dan program pendampingan keluaga bermasalah.

References

Budiyono Amirullah Haris. (2006). Manajemen Strategi. Jakarta: Mitra Wacana Media

Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Fathurrohman, P dan Sutikno, S. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Michael Huberman Mattew B. Milles. A. (2009). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjef Rohendi Rohidi. Jakarta: Judul Penerbit Universitas Indoneisa

Moleong Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman. 2006. Peran Starategis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Mutu Pendidikan.

Jatinangor: Alqaprint.

Rudin, A dan Siregar, N.R. 2014. Hubungan Aktivitas Belajar di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Kendari. Kendari. Jurnal Humanika ISSN 1979-8296.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sarwono Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi

Published

2024-01-29

How to Cite

Asia, N., Mukminin, A., & Sofwan, M. (2024). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di PKBM Anugrah Desa Bungku Kabupaten Batanghari. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/im.v7i01.5136

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.