MOTIVASI KERJA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU MUTIARA INSANI DELANGGU)

Authors

  • Siti Zairotun IAIN Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v2i02.481

Abstract

Lambaga pendidikan Islam merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, eksistensinya diakui masyarakat mampu mempertahankan nilai-nilai dan norma yang berlaku dimasyarakat dan sesuai kaidah Al Qur’an. Kehadiran TKIT Mutiara Insani Delanggu mampu membantu masyarakat Delanggu dalam memfasilitasi anak usia dini  untuk berkembang sesuai tahapannya. Motivasi merupakan dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan. Dengan motivasi pengabdian yang tulus maka mereka para pendidik dan tenaga kependidikan akan dapat bekerja dengan optimal. Lembaga ini berusaha untuk mengimplementasikan teori-teori motivasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Teori kebutuhan oleh Abraham Maslow tentang variasi kebutuhan manusia dipandang tersusun dalam bentuk hierarki atau jenjang. Setiap jenjang kebutuhan dapat dipenuhi hanya kalau jenjang sebelumnya telah relative terpuaskan. Teori harapan yang dipostulatkan Vroom bahwa semakin tinggi ekspektansi seseorang terhadap suatu keberhasilan maka semakin besar pula motivational force yang akan timbul dalam mengerjakan tugas tersebut. Teori tujuan (goal setting) berpandangan bahwa sumber kekuatan motivasional (motivational force) seseorang adalah tujuan yang menantang sehingga seseorang terpicu semangatnya untuk mencapainya. Model-model motivasi ada dua yaitu motivasi intrinsik didefinisikan sebagai suatu keinginan untuk melakukan sesuatu karena memang menikmati kepuasan dalam melakukan tindakan tersebut, dan motivasi ekstrinsik yang didefinisikan sebagai suatu keinginan untuk mengejar suatu tujuan yang diakibatkan oleh imbalan-imbalan yang bersifat seperti gaji, popularitas.

 

Kata kunci : Lembaga Pendidikan Islam, Motivasi Kerja, Teori Motivasi.

Author Biography

Siti Zairotun, IAIN Surakarta

Pascasarjana IAIN Surakarta

References

Aisyah, Noor. 2018. Motivasi Kerja di Lembaga Pendidikan Islam. Al-Manba, Jurnal STAI Al-Ma’arif Buntok. Vol. VII, No. 13, Januari-Juni 2018.

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press.

Aminuddin, M. Yusuf. 2019. Perubahan Status Kelembagaan pada Perguruan Tinggi Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam. Vol. 2, No. 1, Januari 2019.

As’ad, Moh. 2008. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia: Psikologi Industri. Yogyakarta : Liberty.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Erlangga.

Elfachmi, Kuneifi Amin. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Erlangga.

Feist, Jess dan Feist Gregory J. 2011. Teori Kepribadian. Terjemahan. Jilid 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Iskandar. 2016. Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan. Khizanah Al-Hikmah. Vol. 4, No. 1, Januari-Juni 2016.

Nata, Abuddin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta : Gramedia.

Nurdin, Irfan Bahar. 2018. Faktor-faktor Motivasi Kerja pada Karyawan Lembaga Huda Group di Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 1, No. 1, Januari 2018.

Purwanto, Edy. 2014. Model Motivasi Trisula : Sintesis Baru Teori Motivasi Berprestasi. Jurnal Psikologi. Vol. 41, No. 2, Desember 2014.

Putri, Nadia Kurnia, Pujangkoro, Sugih Arto, dan Ishak, Aulia. 2013. Penggunaan Expectancy Theory dalam Upaya Mengukur Motivasi Kerja Karyawan di PDAM X. e-Jurnal Teknik Industri FT USU. Vol. 3, No. 1, September 2013.

Riyono, Bagus. 2012. Motivasi dengan Perspektif Psikologi Islam. Yogyakarta : Quality Publishing.

Saefullah. 2013. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia.

Schultz, Duane P and Schultz, Sydney Ellen. 2010. Psychology and Work Today: An Introduction to Industrial an Organizational Psychology. USA: Pearson Education, Inc., Publishing.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : CV. Mandar Maju.

Setiawan, Kiki Cahaya. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Level Pelaksana di Divisi Operasi PT. PUSRI Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islam. Vol. 1, No. 2, Desember 2015.

Suhartini, dan Gustiansyah, Romy. 2004. Analisis Motivasi Kehadiran Mahasiswa Fakultas EkonomiUniversitas Islam Indonesia (Pendekatan Teori Pengharapan). Jurnal Siasat Bisnis. Vol. 1, No. 9, Juni 2004.

Suripto, Teguh. 2015. Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Expectancy Theory dalam Motivasi. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia. Vol. V, No. 2, Desember 2015.

Wade, Carole dan Tavris, Carol. 2007. Psikologi. Terjemahan. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Wukir. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah Yogyakarta : Multi Presindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published

2019-07-31

How to Cite

Zairotun, S. (2019). MOTIVASI KERJA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU MUTIARA INSANI DELANGGU). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 119–132. https://doi.org/10.30868/im.v2i02.481

Issue

Section

Artikel

Citation Check