Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di TK Islam Al-Fath Leuwiliang Bogor

Authors

  • Agus Ali Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor, Indonesia
  • Pirman Pirman Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3661

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum
dalam meningkatkan mutu lulusan. Metode dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Kurikulum yang berlaku di TK Al-Fath adalah Kurikulum
2013, pembelajaran agama menggunakan metode hafalan yaitu hafalan doadoa
harian, tahfiz juz 30. Setiap hari Rabu program keagamaan melaksanakan
solat dukha, mulai dari bacaan, doa, wudlu dll. Bahkan ada anak yang mencapai
1 juz hafalannya. Makhorijul huruf , hafalan semester 1 dan 2 minimal 15 surat
pendek, kualitas hafalannya bagus dan ditambah bantuan orang tuanya di
rumah.

References

Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal

Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65–74.

Bahran, B. (2021). IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU SISTEM FULL

DAY SCHOOL (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Ibnu Atha’illah

Kandangan). Cross-Border, 4(1), 232–246.

Cahyana, A. (2010). Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Satuan

Otonomi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(2), 109–

Dacholfany, M. I. (2017). Inisiasi strategi manajemen lembaga pendidikan

Islam dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia islami di

Indonesia dalam menghadapi era globalisasi. At-Tajdid: Jurnal

Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01).

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Pustaka

Setia.

Fathoni, A. (2015). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI. Al-

Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1).

Fathurrohman, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Islam Dalam

Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education

Studies, 3(2), 180–196.

Haq, A. N. (n.d.). Strategi Peningkatan Mutu Lulusan di MA Qudsiyyah Kudus

Jawa Tengah. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

HARAHAP, F. A. (2018). PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI

BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI

MIA MAN LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2017/2018. UNIMED.

Hargadon, A., & Sutton, R. I. (2000). Building an innovation factory. Harvard

Business Review, 78(3), 157.

II, B. A. B. (n.d.). KONSEP PENGEMBANGAN BUDAYA MUTU MADRASAH.

Indana, N. (2017). Implementasi total quality management (TQM) dalam

meningkatkan mutu pendidikan:(studi kasus di MTs Salafiyah Syafi’iyah

Tebuireng). Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 1(1),

–86.

Indana, N. (2018). Penerapan Kurikulum Terintegrasi Dalam

Mengembangkan Mutu Belajar Siswa (Studi Kasus Di Sma Darul ‘Ulum 1

Unggulan Bppt Jombang). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan

Islam, 3(2), 121–147.

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan

karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Khairuddin, K. (2020). Implementasi Inovasi Manajemen Pembelajaran Dalam

Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri

Model Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Muradi, A. (2014). Tujuan pembelajaran bahasa asing (Arab) di Indonesia.

Jurnal Al-Maqayis, 1(1).

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan. RajaGrafika

Persada.

Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah kajian teoritis. Idaarah:

Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Oktiani, I. (2019). Peningkatan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah

Muhammadiyah Pekuncen Banyumas. IAIN.

Saajidah, L. (2018). Fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan kurikulum.

Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 201–208.

SETYARDI, R. W. (2019). MANAJEMEN MUTU OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM

MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Multi Kasus di MTs Plus

Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek).

IAIN Tulungagung.

Subiyakto, B., & Akmal, H. (2020). Profesi Keguruan. Program Studi

Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ….

Suharsono, S. (2017). Pendidikan Multikultural. EDUSIANA: Jurnal

Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 13–23.

Suhelayanti, S., Aziz, M. R., Sari, D. C., Safitri, M., Saputra, S., Purba, S., Revida,

E., Purba, R. A., Muharlisiani, L. T., & Simarmata, J. (2020). Manajemen

Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Suhendra, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran

SD/MI. Prenada Media.

Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum di Sekolah.

Supriyadi, E. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan

Statistical Proses Control (SPC) di Pt. Surya Toto Indonesia, Tbk. JITMI

(Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri), 1(1), 63–73.

Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan

Mutu Lulusan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 257–

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran

aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru:

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Tien, Y. C. (2015). Manajemen peningkatan mutu lulusan. Manajer

Pendidikan, 9(4).

Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Yahya, M. (2022). BAB 4 PERENCANAAN SISTEM PEMBELAJARAN.

Manajemen Sistem Pembelajaran, 44.

Yusuf, M. (2018). Pengantar ilmu pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit

Kampus IAIN Palopo, 29.

Zuhdi, M. (2006). Political and social influences on religious school: a historical

perspective on indonesian islamic school curricula

Published

2023-01-29

How to Cite

Ali, A., & Pirman, P. (2023). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di TK Islam Al-Fath Leuwiliang Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 119–132. https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3661

Citation Check