Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di TK Islam Al-Fath Leuwiliang Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3661Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum
dalam meningkatkan mutu lulusan. Metode dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Kurikulum yang berlaku di TK Al-Fath adalah Kurikulum
2013, pembelajaran agama menggunakan metode hafalan yaitu hafalan doadoa
harian, tahfiz juz 30. Setiap hari Rabu program keagamaan melaksanakan
solat dukha, mulai dari bacaan, doa, wudlu dll. Bahkan ada anak yang mencapai
1 juz hafalannya. Makhorijul huruf , hafalan semester 1 dan 2 minimal 15 surat
pendek, kualitas hafalannya bagus dan ditambah bantuan orang tuanya di
rumah.
References
Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal
Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65–74.
Bahran, B. (2021). IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU SISTEM FULL
DAY SCHOOL (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Ibnu Atha’illah
Kandangan). Cross-Border, 4(1), 232–246.
Cahyana, A. (2010). Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Satuan
Otonomi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(2), 109–
Dacholfany, M. I. (2017). Inisiasi strategi manajemen lembaga pendidikan
Islam dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia islami di
Indonesia dalam menghadapi era globalisasi. At-Tajdid: Jurnal
Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01).
Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Pustaka
Setia.
Fathoni, A. (2015). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI. Al-
Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1).
Fathurrohman, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Islam Dalam
Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education
Studies, 3(2), 180–196.
Haq, A. N. (n.d.). Strategi Peningkatan Mutu Lulusan di MA Qudsiyyah Kudus
Jawa Tengah. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
HARAHAP, F. A. (2018). PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI
BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI
MIA MAN LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2017/2018. UNIMED.
Hargadon, A., & Sutton, R. I. (2000). Building an innovation factory. Harvard
Business Review, 78(3), 157.
II, B. A. B. (n.d.). KONSEP PENGEMBANGAN BUDAYA MUTU MADRASAH.
Indana, N. (2017). Implementasi total quality management (TQM) dalam
meningkatkan mutu pendidikan:(studi kasus di MTs Salafiyah Syafi’iyah
Tebuireng). Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 1(1),
–86.
Indana, N. (2018). Penerapan Kurikulum Terintegrasi Dalam
Mengembangkan Mutu Belajar Siswa (Studi Kasus Di Sma Darul ‘Ulum 1
Unggulan Bppt Jombang). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan
Islam, 3(2), 121–147.
Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan
karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.
Khairuddin, K. (2020). Implementasi Inovasi Manajemen Pembelajaran Dalam
Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri
Model Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Muradi, A. (2014). Tujuan pembelajaran bahasa asing (Arab) di Indonesia.
Jurnal Al-Maqayis, 1(1).
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan. RajaGrafika
Persada.
Nasbi, I. (2017). Manajemen kurikulum: Sebuah kajian teoritis. Idaarah:
Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Oktiani, I. (2019). Peningkatan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah
Muhammadiyah Pekuncen Banyumas. IAIN.
Saajidah, L. (2018). Fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan kurikulum.
Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(2), 201–208.
SETYARDI, R. W. (2019). MANAJEMEN MUTU OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM
MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Multi Kasus di MTs Plus
Raden Paku Trenggalek dan SMP Hasan Munahir Karangan Trenggalek).
IAIN Tulungagung.
Subiyakto, B., & Akmal, H. (2020). Profesi Keguruan. Program Studi
Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ….
Suharsono, S. (2017). Pendidikan Multikultural. EDUSIANA: Jurnal
Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 13–23.
Suhelayanti, S., Aziz, M. R., Sari, D. C., Safitri, M., Saputra, S., Purba, S., Revida,
E., Purba, R. A., Muharlisiani, L. T., & Simarmata, J. (2020). Manajemen
Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Suhendra, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran
SD/MI. Prenada Media.
Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum di Sekolah.
Supriyadi, E. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan
Statistical Proses Control (SPC) di Pt. Surya Toto Indonesia, Tbk. JITMI
(Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri), 1(1), 63–73.
Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan
Mutu Lulusan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 257–
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran
aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru:
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.
Tien, Y. C. (2015). Manajemen peningkatan mutu lulusan. Manajer
Pendidikan, 9(4).
Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Yahya, M. (2022). BAB 4 PERENCANAAN SISTEM PEMBELAJARAN.
Manajemen Sistem Pembelajaran, 44.
Yusuf, M. (2018). Pengantar ilmu pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit
Kampus IAIN Palopo, 29.
Zuhdi, M. (2006). Political and social influences on religious school: a historical
perspective on indonesian islamic school curricula
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).