MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS AL-HUDA BOJONG KONENG BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3632Abstract
Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, faktor penunjang dan penghambat pembelajaran serta solusi dan hasil pelaksanaan pembelajaran di MTs Al-Huda Bojong Koneng Bandung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptip. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa; Pertma, Perencanaan pembelajaran bahasa arab dimulai dari penyusunan silabus dan RPP yang akan digunakan di kelas dengan menyesuaikan kondisi anak dilingkungan setempat, dan melihat input siswa, kemudian kurikulum diatur oleh waka kurikulum. Kedua, Pengorganisasian telah teroganisir dengan baik, baik dari segi pembagian tugas, penyusunan jadwal pelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi sampai dengan penyusunan jadwal kegiatan siswa dan penentuan buku pelajaran. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran yaitu berupa pembukaan, inti dan penutup. Keempat, Evaluasi pembelajaran untuk siswa yang dilakukan itu dari empat aspek keterampilan pertama; aspek kalam (berbicara), kedua; tasmi (mendengar), ketiga; qiroah (membaca), keempat; kitabah (menulis). Evaluasi semester diberikan kepada guru masing-masing, bentuknya multifle choice atau bentuk uraian. Evaluasi strategi pembelajaran kepala sekolah meninjau ke kelas membawa instrumen penilaian. Kelima, Faktor pendukung pembelajaran yaitu adanya media pembelajaran dan ekstrakulikuler. Faktor penghambatnya yaitu sumber belajar, media belajar dan peserta didik. Keenam, Solusi menanggulangi hambatan dalam pemebelajaran adalah dengan mengadakan ekskul BTQ bagi yang belum lancar baca. Ketujuh, Hasil Yang Telah Dicapai Dalam Pelaksanaan Manajemen Pembelajan yaitu Juara lomba pidato bahasa arab tingkat kabuten lolos ke tingkat Provinsi tahun 2013-2014. Hasil yang kedua; mayoritas siswa sudah bisa membaca teks arab yanng berharokat. Hasil ketiga; siswa dapat membuat kalimat sesuai kaidah yang telah dicontohkan terlebih dahulu kemudian siswa mampu mendemonstrasikan di depan kelas.
Kata Kunci : Manajamen, Pembelajaran Bahasa Arab
References
Badrudin. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis TIK di Madrasah Aliyah Daarul
Uluum Majalengka. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 2, Nomor 1, Mei 2017/1438. hlm. 156-161.
Didin Hafidhudin, Hendri Tanjung. Pengantar Manajemen Syariah. Depok: PT Rajagrafindo
Persada. 2019.
Farhad, Sa’diyah, Maemunah. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di
Madrasah Aliyah Al Kahfi Bogor ). Royah Al-Islam : jurnal Ilmu islam. Vol. 5, No. 2, Oktober 2021, hlm. 601-602: 19-09-2021 Disetujui: 29-09-2021. Dipublikasikan: 28-10-2021 600P – ISSN : 2503 – 3816E – ISSN : 2686 – 2018.
Ida Siti Nurhamidah, A. Heris Hermawan. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab
Menggunakan Metode Kaidah Dan Terjemah Di Smp Plus Al-Aqsham. Jurnal Isema : Jurnal Islamic Education Manajemen. 5 (2) (2020). hlm. 160. p-ISSN: 2541-383X e-ISSN: 2541-7088.
Imam Makruf. Manajemen Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Berbasis
Pondok Pesantren. Cendekia V ol. 14 N o. 2, J uli - D esember 2016. Hlm. 270.
Nurul Hidayatul Amalina, Muh. Nashirudin. Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Arab
Pada Tingkat Tsanawiyah Di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam. J U R N A L T A T S Q I F: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Volume 15 No.2. Desember 2017. hlm. 175. P ISSN: 1829-5940 E ISSN: 2503-4510.
Rifal Efendi, Azhar Arsyad, Munir. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Nurul
Fikri. Makassar Shaut Al-‘Arabiyah. Vol. 9 No. 2, December 2021. hlm. 203, P-ISSN : 2354-564X; E-ISSN : 2550-0317.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group. 2015.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta. 2014.
Tumaji, Sampiril Taurus. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab. DAR EL-ILMI : Jurnal
Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora. Volume 5 No 1 2018.
Syaifudin, Masykur Hasan, Ilzam Naufal, M. Habib Ihsanudin, Azmi Abdillah Agustian.
Manajemen Pesantren dalam Menerapkan Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam P-ISSN: 2614-4018 Doi: 10.30868/im.v4i02.3004 E-ISSN: 2614-8846. Hlm. 270.
Muallim Wijaya. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek. Al-
Tanzim Vol. 1 No. 1 Januari 2017. Hlm. 2.
UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wakhidati Nurrohmah Putri, M. Agung Hidayatulloh. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab
dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Arab Peserta Didik MTs N 4 Sragen. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab- Volume 05, Nomor 01, Juni 2022. Hlm. 2.
Depi Kurniati. Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Model
Blended Learning. Ta’limi: Journal of Arabic Education & Arabic Studies, Vol. 1No. 2, Juli2022. P-I S S N 2 8 2 8-0 3 1 8 , E-I S S N 2 8 2 7-9 0 8 5. Hlm. 126.
Kasbiadi , Mario Kasduri. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Imla’ Pada
Peserta Didik Di SMP Swasta Al-Ikhlas. Edumaniora : Journal of Education and Humanities.
Ade Nandang S, Hary Priatna Sanui2. Arab Language Learning Management In Pesantren.
a l - i l t i z a m , Vol.4, No.1, Mei 2019.
Imam Makruf. Manajemen Integrasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Berbasis
Pondok Pesantren. Cendekia Vol. 14 No. 2, Juli - Desember 2016.
Khairul Azmi. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Di Lpq Tahfidzul Qur’an Ar-
Rahman.’limi: Journal of Arabic Education & Arabic Studies, Vol. 1 No. 1, Januari 2022: 73-87.
Nginayatul Khasanah. Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Uregensi
Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam Volume 03, No. 02, Juli-Desember 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).