Metode Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa Tingkat Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i01.2841Keywords:
Kecerdasan Spiritual, Siswa, Sekolah Menengah.Abstract
Pendidikan Islam selalu menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual seperti keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt dalam setiap proses pendidikannya serta menanamkan nilai-nilai spiritual tersebut ke dalam hati peserta didiknya agar mereka yakin bahwa nilai spiritual itulah yang akan menjadi dasar utama dalam menjalankan kehidupannya. Dengan demikian para peserta didik akan lebih mudah dalam beristiqomah untuk tetap berada di jalan yang benar dan dapat menjauhkan diri dari pebuatan maksiat kepada Allah Swt, mengetahui tujuan penciptaannya yaitu agar selalu beribadah dan menghambakan diri kepada Allah Swt serta berakhlak mulia, dan dapat bertindak sesuai dengan fitrah manusia yang telah Allah Swt tetapkan. Kecerdasan spiritual sangatlah berkaitan erat dengan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional bahkan kecerdasaan intelektual dan emosional tidak akan dapat seimbang tanpa diiringi dengan kecerdasan spiritual. Mengetahui besarnya manfaat kecerdasan spiritual bagi peserta didik dalam sebuah proses pendidikan maka perlu adanya sebuah metode dalam meningkatkan kecerdasan spiritualnya guna mempermudah dalam mencapai tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research. Sumber data primer pada penelitian ini adalah literature dan karya ilmiah yang terfokus langsung pada peningkatan kecerdasan spiritual. Berdasarkan data penelitian bahwa kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang dapat mengoptimalkan fungsi kecerdasan intelektual dan emosional dengan tanpa menafikan esensial kecerdasan intelektual dan emosional dalam pendidikan.
References
Alim, A. (2018). Pendidikan Jiwa Terapi Spiritual Manusia Modern. Jakarta: Al Mawardi Prima.
Agustian, A.G. (2001). ESQ (Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual) Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Al ‘Ushaimi, S. (2011). Khulashoh Ta’dzim Al – Ilmi. Riyadh.
Azis, M.R. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Fikrah: Journal of Islamic Education, 5(1). https://doi.org/10.32832/fikrah.v5i1.1022
Al Haddar, G. (2016). Upaya Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Kegiatan EkstrakurikulerRohani Islam Di Smp Yapan Indonesia, Depok. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 42-53. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/38
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yoyakarta: Deepublish.
Fadillah, M. (2020). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Manajemen Peserta Didik. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i1.505
Fitriani, A., Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa, Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2). http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v3i2.527
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/metode
Langgulung, H. (1985). Pendidikan dan Peradaban Islam Suatu Analisis Sosio – Psikologi. Jakarta: P.T. Maha Grafindo.
Maulidi, A. (2020). PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MATA PELAJARAN AL-ISLAM. Reflektika, 15(1). http://dx.doi.org/10.28944/reflektika.v15i1.398
Nisa, K. (2009). Hidden Curriculum:Upaya Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa. Lentera Pendidikan:Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 72-86. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a6
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Syaodih, N., Novi, A., Ahman. (2008). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (Konsep, Prinsip, dan Instrumen). Bandung: Refika Aditama.
Sirozi, M. (2004). Politik Kebijakan Pendidikan di Indonesia (Peran Tokoh-tokoh Islam Dalam Penyusunan UU No.2/1989). Jakarta: INIS Leiden.
Tafsir, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Tafsir, A. (1995). Metodelogi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).