KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 KARAWANG JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v1i2.277Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam (PAI). Kompetensi pedagogik adalah salah satu dari empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru untuk dapat memahami indikator-indikator dalam mengukur keberhasilan melaksanakan tugasnya secara pedagogik yang mencakup pemahaman landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum, rancangan pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pemahaman terhadap pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kabupaten Karawang Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey teknik korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan statistik model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh r hitung sebesar 0,183 dalam indeks korelasi r product moment berkisar antara 0,00 - 0,20, artinya terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI. Hasil perhitungan dan analisis tersebut menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kompetensi pedagogik guru mata pelajaran PAI untuk mewujudkan efektivitas pembelajaran.
Â
Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi pedagogik, guru PAI.References
Arikunto, Suharsimi, Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara, 2006.
Darwansyah, dkk. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: GP Press, 2010.
Dhofier, Zamakhsyari. Sumbangan Visi Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional dalam Menggagas Paradigma Baru Pendidikan Demokratisasi Otonomi Civil Society Globalisasi, Sindunata, ed.,Yogyakarta: Kanisius, cet.5, 2004.
Djiwandono, Globalisasi dan Pendidikan Nilai, dalam “Menggagas Paradigma Baru Pendidikan Demokratisasi Otonomi Civil Society Globalisasi, Sindunata, ed., Yogyakarta: Kanisius, cet.5, 2004.
Ginanjar, M. H. (2018). KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MASJID. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01).
Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Khalifah, Mahmud. Usamah Quthub. (2012). Menjadi Guru Yang Dirindukan Bagaimana Menajadi Guru yang Memikat dan Profesional. Surakarta: Ziyad Books. 2012.
Koonttz, et.al., Management, Seventh edition, by McGrow-Hill, Inc,1980.
M. As-Swaidan, Thariq, dan Umar, Faishal Basyarahil. Melahirkan Pemimpin Masa Depan. Jakarta: Gema Insani, 2005.
M. Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Mulyasa, Enco. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group, 2015.
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008.
Sagala, Syaiful, Kemampuan Professional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2009.
Sulistiyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi dan Aplikasi Yogyakarta: Teras, 2009.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Tanuredja, Tukiran. 2012). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta, 2012.
Uha, Ismail Nawawi, Manajemen Perubahan, Bogor: 2014.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Th. 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.
Winardi. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
____________. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Yukl, Gary A, Leadership in Organizations, Prentice-Hall, Inc.,Englewood Cliffs, .N.J.07632, 1981.
Rujukan Internet:
http://www.pengertianmenurutparaahli.net. (2016). hari. rabu. tgl. 22. bln. Meret 2017pukul. 08.35 Wib.
https://akhmadsudrajat.wordpress.com. hari. senin. tgl. 20 Meret 2017. pukul 19.15 Wib.
https://kbbi.web.id, diposting tanggal 15 April 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).