ANALISIS TIGA PILAR MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN STUDI DI MADRASAH ALIYAH SE-SURAKARTA

Authors

  • Prihari Darwiyono UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA, Indonesia
  • Andi Arif Rifai UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v6i02.2469

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mengetahui implementasi tiga pilar manajemen berbasis madrasah di Madrasah Aliyah Negeri se-Surakarta, dan juga untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan tiga pilar manajemen berbasis madrasah di Madrasah Aliyah Negeri se-Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif analitis. Data dalam penelitian ini dikumpulan melalui wawancara, dokumentasi dan FGD (Focused Group Discussion). Model analisis yang digunakan adalah model interaktif (interactive model of analysis). Implementasi tiga pilar manajemen berbasis madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Surakarta berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan madrasah belum secara optimal dilaksanakan khususnya pada pilar ketiga, yaitu partisipasi masyarakat. Pemahaman manajemen berbasis madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 Surakarta oleh warga madrasah sudah baik, namun belum dimplementasikan pada semua aspek pengelolaan madrasah. Kepala madrasah sebagai penanggung jawab utama dalam pengembangan madrasah telah melaksanakan tugas manajemen dengan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Namun perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak, baik internal madrasah maupun eksternal.

References

Balitbang Semarang, Panduan Implementasi Tiga Pilar Manajemen Berbasis Madrasah.2014.

Departemen Pendidikan Nasional, Acuan Operasional dan Indikator Kinerja Komite Sekolah, Jakarta 2004.

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Hery, Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 1999.

H.B. Sutopo, Metodologi Penelitian Kualitatif , Surakarta: Sebelas Maret University Press, 2002.

Husaini Usman, Manajemen (Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan), Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM,Semarang: RaSAIL Media Group, 2008.

Joko Subagyo, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. , Jakarta: CV. Renika Cipta, 2004.

Khan, M., et.al. Impact of school coun¬cils on head teachers’ efficiency. Journal of educational research dept of educa¬tion IUB Pakistan, 16(1), 15-26, tahun (2013).

Kim A. Parent school partnership for¬mation through the school council in Korea. Educational Research for Policy and Practice, 3, 127–139.(2004)

Koenjaraningrat, Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia 1981.

Lexy. J. Moleong., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Malik Fajar, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Cet. I, Bandung : Mizan, 1998.

Matthew B. Miles and A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif, Terj. Tjetjep Rohandi Raihidi, Jakarta: UI Press, 1992.

Moh. Arif. Manajemen Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Episteme, Vol.8, No. 2, desember 2013.

Moh. Zaini. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Madrasah (Studi Mutikasus di MAN 1, MAN 2, dan MA Salafiyah Syafi’iyah Kabupaten Situbondo). Disertasi. Malang: UIN Malang, tahun 2016.

Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000.

Nurkholis, Manajemen berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi, Jakarta: Grasinso, 2003.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2005.

______________, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Nanang Fattah, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Sadruddin, B.Q. dan Jan-e-Alam, Kh. The Role of a Principal/headteacher in School Improvement : A Case Study in a Community Based School in Karachi Pakistan. Journal of research and Reflections in Education. Vol. 8, No. 2 Desember 2014.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rhinneka Cipta, 1993.

Wahdjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Zamroni, Panduan Pendidikan Masa Depan, Jakarta: Biografi Publising, 2003.

Published

2023-07-28

How to Cite

Darwiyono, P., & Rifai, A. A. (2023). ANALISIS TIGA PILAR MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN STUDI DI MADRASAH ALIYAH SE-SURAKARTA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(02). https://doi.org/10.30868/im.v6i02.2469

Citation Check