PENGEMBANGAN PROFESIONALISME PENDIDIK DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v1i01.220Abstract
ABSTRAK
Pendidik merupakan unsur pendidikan yang paling berpengaruh dalam
peningkatan kualitas pendidikan. Dalam sejarah peradaban dunia, pendidik
berada di garda terdepan dalam menciptakan kualitas sumber daya manusia.
Pendidik merupakan profesi yang hanya dapat dilaksanakan secara efektif
dan efisien oleh seseorang yang dipersiapkan untuk menguasai kompetensi
tertentu melalui pendidikan atau pelatihan khusus, terutama pendidikan
profesi. Dalam rangka mencapai mutu yang tinggi dalam bidang pendidikan,
peranan pendidik sangatlah penting, bahkan sangat utama. Untuk itu,
profesionalisme pendidik harus ditegakkan dengan cara pemenuhan syaratsyarat
kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap pendidik, baik di bidang
penguasaan keahlian materi keilmuan maupun metodologi. Untuk mencapai
kondisi pendidik yang profesional, para pendidik harus menjadikan orientasi
mutu dan profesionalisme pendidik sebagai etos kerja mereka dan
menjadikannya sebagai landasan orientasi berperilaku dalam tugas-tugas
profesinya. Begitu pula, seorang yang ingin menjadi pendidik yang
profesional perlu senantiasa beradaptasi dan merespon tantangan
paradigma baru profesi pendidik. Seorang pendidik hendaknya memiliki
motivasi kuat untuk menjadi maju dan profesional. Semua pendidik bisa
menjadi profesional asalkan ada niat, keinginan, motivasi, dan komitmen
dalam melakukan dan menggapainya.
Kata Kunci: pendidik, profesionalisme, mutu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).