Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara

Authors

  • Achmad Mudrikah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ahmad Khori Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Hamdani Hamdani Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Abdul Holik Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Luki Luqmanul Hakim Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Bambang Yasmadi Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Hamdan Hidayat Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2177

Abstract

Pendidikan menjadi bagian yang sangat penting dalam meningkatkan kulitas sumber daya manusia, sehingga diperlukan banyak terobosan program pendidikan pada berbagai jenjang pendidikan termasuk perguruan tinggi seperti Universitas Islam Nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan proses pembelajaran dengan fokus pada peningkatan kualitas lulusan, peningkatan kualitas dosen dan peningkatan kualitas kurikulum di perguruan tinggi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan responden sebanyak 2897 terdiri dari mahasiswa, 164 dosen dan 122 tenaga kependidikan dengan total responden dalam penelitian sebanyak 3223 responden. Setelah dilakukan analisa data, menujukkan bahwa kesiapan mahasiswa dengan program ini sebesar 66 %, kesiapan dosen sebesar 53 %, kesiapan tenaga kependidikan sebesar 83 %. Hasil ini menujukkan kesiapan seluruh unsur pendidikan yang ada di kampus dalam melaksanakan program MBKM, dengan asumsi angka yang dihasilkan diatas 50%. Beberapa kendala terkait program ini lebih karena sosialisasi yang kurang masif pada beberapa program studi. Selebihnya mahasiswa yang siap terlibat dalam MBKM sebesar 57,75 %.   

References

Deni Sopiansyah, dkk. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1): 34-41 P-ISSN 2656-274x E-ISSN 2656-4691 DOI: 10247476/reslaj.v4i1.458.

Hansen Alandi. (2021). Pentingnya Program MBKM dalam Perguruan Tinggi. https://www.kompasiana.com/hansen46708/61b5d92b06310e746a4bc4a2/ pentingnya-program-mbkm-dalam-perguruan-tinggi.

Paristiyanti Nurwardani. (2020). Kampus Merdeka, https://lppmp.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/03/Kampus-Merdeka-ver-17-FEB-.pdf.

https://sevima.com/kelebihan-dan-kekurangan-merdeka-belajar-kampus-merdeka/

https://www.dosenpendidikan.co.id/pendidikan-formal/ Pendidikan Formal – Pengertian, Ciri, Tujuan, Perbedaan Dan Pentingnya (ojel, 2021) diunduh 20 Desember 2021.

https://www.lldikti4.or.id/wp-content/uploads/2021/09/MBKM-11-September-2021.pdf.

https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/latar-belakang.

UU SISDIKNAS No 20 Tahun 2023.

Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Published

2022-01-31

How to Cite

Mudrikah, A., Khori, A., Hamdani, H., Holik, A., Hakim, L. L., Yasmadi, B., & Hidayat, H. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 137–148. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2177

Citation Check