MANAJEMEN FACEBOOK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v1i01.217Abstract
ABSTRAK
Teknologi merupakan suatu kebutuhan bagi bangsa dan negara, pada saat ini ilmu
teknologi semakin berkembang pesat, masyarakat di tuntut untuk ikut serta
mengikuti arus globalisasi, sala satunya adalah layanan jejaring social, terutama
Facebook. munculnya fenomena dan perkembangan zaman yang sedang booming
diseantero jagad raya ini salah satunya perkembangan teknologi, perkembangan
teknologi yang semakin canggih mampu menghipnotis seluruh manusia dari
berbagai lapisan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai pada lansia
(dewasa lanjut usia) hal ini menuntut orang tua dan seluruh pendidik di dalam
maupun di luar sekolah untuk dapat memperhatikan dan mengawasi setiap gerakgerik
langkah anak didiknya, karena perkembangan teknologi yang sedang marak
saat ini dapat mempengaruhi kondisi lingkungan dan prestasi belajar, sehingga
perhatian dan pengawasan orang tua serta tenaga pendidik di dalam sekolah
maupun di luar sekolah harus lebih waspada. Pada saat ini masyarakat Indonesia
mengenal Facebook sebagai media pertemanan ternyata mampu membius warga
Indonesia untuk berlomba-lomba dalam menguasai situs jejaring sosial ini. Akan
tetapi pada saat sekarang banyak sekali kita temukan kejadian-kejadian yang
kurang baik, kejadian kriminal yang disebabkan oleh Facebook, sering kita jumpai
anak perempuan remaja di perkosa oleh temennya yang ia baru kenal lewat jejaring
Facebook, pembegalan atau kejadian-kejadian kejahatan lain sebagainnya. Oleh
sebab itu perlunya ada pengolahan yang benar berkaitan dengan jejaring sosial ini,
jika digunakan kedalam hal yang sipatnya positif sebagai alat untuk prosesÂ
pembelajaran maka hasilnya sangat bermanfaat untuk memperbanyak ilmu
pengetahuan, atau sebaliknya digunakan untuk kesia-siaan atau hal-hal negatif
maka hasilnya kurang baik atau buruk.
Kata Kunci: manajemen, facebook, pembelajaran pendidikan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).