Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Hafizh Jundu Muhammad UIN Jakarta, Indonesia
  • Zahruddin Zahruddin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Maftuhah Maftuhah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v5i2.2023

Keywords:

Strategi, PPDB, Promosi

Abstract

Kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini yang menghambat proses penerimaan peserta didik baru, sekolah swasta dituntut untuk mengerahkan strategi inovatifnya agar lembaga pendidikan swasta dapat terus eksis mempromosikan sekolah dan diminati orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara mendalam dan menyeluruh terkait strategi penerimaan peserta didik baru yang dilakukan di SMA 1 Perguruan Cikini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode in-depth interview. Berdasarkan hasil wawancara didapatkanlah bahwa strategi dengan analisis SWOT dikerahkan untuk menghasilkan sebuah strategi yang tepat guna sesuai dengan kondisi pandemi. Pemanfaatan luas lahan sekolah dan kerjasama dalam program vaksinasi menjadi kunci kesuksesan promosi penerimaan peserta didik baru. Peningkatan yang cukup signifikan terkait jumlah penerimaan peserta didik baru selama kurun waktu 3 tahun terakhir, bahkan hingga dua kali lipat jumlah penerimaan di tahun sebelumnya. Padahal tahun 2020 dan 2021 merupakan tahun yang cukup sulit untuk bisa melakukan promosi sekolah karena terhambat pandemi yang menimpa seluruh dunia khususnya di Indonesia. Padahal pesaing lainnya yakni SMA swasta lainnya yang ada di daerah Jakarta selatan khususnya terdapat lebih dari 50 sekolah dengan nilai akreditasi A.

References

Annur Syubhan, dkk, 2018, Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan, Seminar Nasional Pendidikan, Banjarmasin

Buchari Alma, 2019, Manajemen dan Coorporate Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima, (Bandung: Alfabeta) Hlm. 64

Dewi Ratna Sari, 2019, Pelayanan Publik dalam Pemerataan Pendidikan dan Sistem Zonasi, diakses pada https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pelayanan-publik-dalam-pemerataan-pendidikan-dan-sistem-zonasi, pada minggu, 27 Desember 2021, pukul 19:57

Edward N. Luttwak. 2009, The Grand Strategy Of Rhe Byzantine Empire. (President and Follows Of Hervard College: United States Of America) hlm. 259

Husein Umar, 2018, Trategic Management in Action (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, ) hlm. 31

Indy Ryan, dkk, 2019, Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara, Journal Of Social and Culture, Vol. 12 No. 4 Oktober

Kemendikbud, 2018. Sistem Zonasi Strategi Pemerataan Pendidikan yang Bermutu dan Berkeadilan. Pusat Data & Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan

Neil Thomson and Charles Baden Fuller. Basic Strategy In Context. (Jhond Willey and Sons: West Sussex, 2010)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak- Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Atau Bentuk Lain Yang Sederajat

Purwanto Agus, Dkk.2020. “Studi Explorative Dampak Pandemic Covid19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar†Jurnal Of Education, Psychology And Counseling Vol 2 Nomor 1 2020 (hal 1-2).

Suwartini Sri, 2017, Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan, Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol.4 No.1, September

Tim Prima Pena, 2010, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia) hlm. 287

YS. Marjo, 1997, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, (Surabaya: Beringin Jaya Surabaya), h. 214

Additional Files

Published

2022-08-03

How to Cite

Muhammad, H. J., Zahruddin, Z., & Maftuhah, M. (2022). Strategi Penerimaan Peserta Didik Baru di Masa Pandemi Covid-19. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(02). https://doi.org/10.30868/im.v5i2.2023

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.