PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • Hafizin Hafizin Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah (STAIA) Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis bentuk strategi kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu madrasah di MI Wali Songo Asy-Syirbaany Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan Moleong dkk yaitu mengecek kebenaran data dari beberapa sumber yang dirasa memiliki pengetahuan yang baik terkait fokus penelitian yang diteliti. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu: Strategi kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu madrasah, yaitu meliputi tiga hal yaitu input, proses, dan output. Input dalam artian adanya seleksi yang ketat bagi siswa baru dan guru yang ingin mengajar di MI Wali Songo Asyirbaany. Ketiga hal itu saling berkaitan satu sama lain, tanpa input dan proses pembelajaran yang bagus maka output yang dihasilkan oleh sebuah lembaga pendidikan juga tidak akan maksimal.

References

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmani, J. M. (2012). Tips menjadi Kepala Sekolah Profesional. Yogyakarta: DIVA Press.

Asmani, J. M. (2015). Manajemen Efektif Marketing Sekolah Strategi Menerapkan Jiwa Kompetisi dan Sportivitas untuk Melahirkan Sekolah Unggulan. Yogyakarta: DIVA Press.

Azra, A. (2014). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Baedowi, A. (2015). Manajemen Sekolah Efektif. Jakarta: PT Pustaka Alvabet.

Bafadal, I. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu sekolah dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Danim, S. (2008). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Danim, S. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Engkoswara. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fatah, N. (2013). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fathurrohman, P. (2011). Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Hendarman. (2018). Kepala sekolah sebagai Manajer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayat, I. M. (2018). The Hand Book of Education Management. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Holidi, D. (2012). Pedoman Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dan Pengawas. Tangerang: PT Griya Widya Pustaka.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustofa, J. A. (2013). Supervisi Pendidikan Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.

Nata, A. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PR RajaGrafindo Persada.

Nata, A. (2012). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Nurhayati, A. H. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pidarta, M. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Purwanto, M. N. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rawita, I. S. (2010). Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Rawita, I. S. (2013). Mengelola Sekolah Efektif Perspektif Manajerial dan Iklim Sekolah. Jakarta: LaskBang.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru - karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rivai, V. (2012). Education Management. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rivai, V. (2013). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rohiat. (2012). Manajemen Sekolah. Bndung: PT Refika Aditama.

Rosyada, D. (2013). Paradigma Pendidikan Demokratis sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rosyada, D. (2017). Madrasah dan Profesionalisme Guru salam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Depok: Kencana Prenadamedia Group.

Sallis, E. (2010). Total Quality Management in Education Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSod.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhardiman, B. (2012). Studi Pengembangan Kepala sekolah . Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tilaar, H. (2012). Standarisasi Pendidikan Nasional suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Triatna, A. K. (2010). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Umiarso. (2010). Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan . Yogyakarta: IRCiSoD.

Usman, H. (2013). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Wukir. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Multi Presindo.

Yamin, M. (2012). Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: DIVA Press.

Yukl, G. (2010). Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: PT Indeks.

Downloads

Published

2021-01-28

How to Cite

Hafizin, H. (2021). PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 157–175. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1179

Citation Check