UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN HIFZH QUR’AN PADA RUMAH TAHFIDZ INSAN QUR’ANI WONOSOBO KABUPATEN BENER MERIAH.â€
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1128Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) upaya peningkatkan mutu pembelajaran Hifzh Qur’an pada Rumah Tahfidz Insan Qur’ani (2) bentuk pelaksanaan peningkatkan mutu pembelajaran Hifzh Qur’an pada Rumah Tahfidz Insan Qur’ani (3) faktor pendukung dan penghambat terhadap peningkatkan mutu pembelajaran Hifzh Qur’an pada Rumah Tahfidz Insan Qur’ani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pengurus, pimpinan rumah ahfidz, komite, guru/ustadz/ustadzah, sekretaris/wakil, dan bendahara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Proses analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) upaya peningkatan mutu pemebelajaran meliputi: training upgrading untuk guru/ustadz/ustadzah, pembinaan SDM, memberikan kajian keislaman kepada guru/ustadz/ustadzah, meningkatkan kesejahteraan guru/ustadz/ustadzah, (2) bentuk pelaksanaan peningkatkan mutu pembelajaran  pertama memberikan bimbingan penuh pada santri, mengecek buku muttaba’ah santri, mengecek kehadiran santri, memadukan kurikulum daerah dengan kurikulum yayasan, mengadakan wisuda tahfidzul qur’an, mengadakan lomba antar santri rumah tahfidz, memberikan reward, ujian/evaluasi, pembiasaan menabung dan wajib infaq, kedua menyetor hafalan, mengadakan les tambahan, tahsin dan tahfidz, penerapan pembelajaran bahasa arab, pembiasaan pembelajaran akidah akhlak, karantina pada bulan ramadhan ketiga, mewajibkan para santri untuk mengulang dan menambah hafalan di rumah, penugasan praktek ibadah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).