IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMA MUAHAMMADIYAH CIPANAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER

Authors

  • Iwan Setiawan uin suan gunung jadit bandung, Indonesia
  • Dede Ramdani UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Deasy Nurma Hidayat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Arif Maryadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.604

Keywords:

Implementasi, Kegiatan, SMA Muhammadiyah, Karakter, Peserta didik

Abstract

Penelitian ini diawali dengan kebutuhan masyarakat yang banyak terhadap kebutuhan kemampuan peserta didik memiliki karakter. Beranjak dari masalah di atas SMA Muhammadiyah Cipanas tertarik untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan melaksanakan program implementasi pengembangan keberagamaan peserta didik dengan pembiasaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif partisipatoris. berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti di simpulkan bahwa dengan dilaksanakannya pembiasaan di SMA Muhammadiyah Cipanas dapat meningkatkan intensitas peserta didik dan berimplikasi pada meningkatnya karakter yang baik padapeserta didik melalaui kegiatan; Kantin (Kajian Tentang Islam), Metal (Mengkaji Tajwid Al-Quran), Sholat dhuha, Membaca al-Qur’an sebelum memulai pelajaran, Berlatih infaq setiap hari, Shalat dzuhur berjamaah dan IMMA (Intensitas Membaca Menulis al-Qur’an). Saran dari penelitian di harapkan sekolah bisa lebih memaksimalkan kegiatan dan menambahkan program keagamaan yang berkaitan dengan karakter.

References

Nurchaili. (2010). Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. Jakarta: Balitbang Kementrian Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaab, 16(9).

Raharjo, S.B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaah, 16(3).

Saihu, S. (2019). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BALANCED SCORECARD DI PONDOK PESANTREN JAM’IYYAH ISLAMIYYAH TANGERANG SELATAN. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman, 3(1), 1-22.

Saihu, S. (2019). KOMUNIKASI PENDIDIK TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH KHUSUS ASY-SYIFA LARANGAN. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 418-440.

Saihu, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pluralis Melalui Model Pendidikan Transformatif Learning Pada Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Negara. Kordinat| Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 18(1), 226-249.

Sumber dari Buku

Arifin. (1989). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Azzet, A.M. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitri, A.Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Bilai & Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Kemendikans. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Soekamto, S. (2000). Kamus Sosiologi. Jakarta: Raja wali Press.

Sukanto, S. (1984). Kamus Sosiologi. Jakarta: Rajawali Press.

Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, U. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.

Published

29-02-2020

Citation Check