Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswadi Sekolah Penggerak Smp Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4184Keywords:
Based-Learning, Kreativitas Dan Sekolah PenggerakAbstract
Di era revolusi industri 4.0 dan menyongsong abad 21, sekolah perlu mempersiapkan siswa yang memiliki kompetensi communication (komunikasi),collaboration(kerja sama),critical thinkingand problem solving(berpikirkritisdanpemecahanmasalah), dan creativityand innovation (dayacipta dan inovasi). Pada Era ini kehidupan manusia mengalami perubahan yang fundamental berbeda dengan tata kehidupan pada abad sebelumnya dalam rangka memenagkan persaingan yang terasa sangat ketat dan tajam. Salah satu strategi untuk meningkatkan kreativitas siswanya agar bisa survive di era pesaingan global ini, Sekolah Penggerak SMP Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor menerapkan model pembelajaran berbasis projek (Project BasedLearning). Siswa kreatif tentu akan melahirkan banyak ide dan daya cipta dalam menghadapi kesulitan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis projek (Project BasedLearning). Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode survai melalui wawancara, observasi kepada sumber data yaitu guru dan siswa dan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah model pembelajaran berbasis projek (Project BasedLearning) dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan indikator siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, berinisiatif, imajinatif, percaya diri, memiliki daya cipta dan inovasi, minat yang luas, berani, bertanggung jawab, bebas dalam berpikir, keyakina untuk berhasil.
References
Ambiyar dkk. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Mata Diklat Gambar Sketsa. Jurnal Kependidikan, 4(1).
Anggraini, Putri Dewi dan Siti Sri Wulandari. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2).
Badriah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(2): 463-472
Beetlestone, Florence. (2011). Creative Learning. Bandung: Nusa Media.
Didi Pianda dan Rahmiati. (2020). Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Google Classroom Sebagai Kelas Digital Berbantuan Aplikasi Geogebra. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(2).
Dinda, Nadia Ulfa dan Elfia Sukma. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(2).
Facette, Fersita Felicia. (2018). Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Buat Lima Kompetensi. Jakarta: Jawa Pos.
Fajri, I., Ar, K., Prajana, A., Yusran, & Sanusi. (2020). Peningkatan Keterampilan 4C Melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2): 371–380.
Hardani at al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Hamjah, B.Uno & Nina,Lamatenggo. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hawi, Akmal. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press
Kharis Sulaiman Hasri. (2021). Analisis Gaya Mengajar Guru Dalam Proses Pembelajaran Al-Quran dan Hadist di MAN 1 Kendari. Jurnal Kependidikan, 13(1).
Kristiawan, Muhammad dan Nur Rakhmat. (2022). Jurnal Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran, 3(2).
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul: Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama.
Lailatunnahar, Triani. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas VII.1 di SMP Negeri Binaan Khusus Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).
Mahmud, Haris, dkk. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kota Gorontalo. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(2).
Maya Yunus dan Margono Mitrohardjono. (2020). Pengembangan Tehnologi Di Era Industri 4.0 Dalam Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar Islam Plus Baitul Maal. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2).
Mills, J.E. & Treagust, D.F. (2013). Engineering Education – Is Problem-based Or Project- Based Learning the Answer. Australian Journal of Engineering Education Online Publication.
Mulia, Sinta, dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 3(3).
Ni’mah, Arifatun dan Sukartono. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2).
Sirait, Ferdinand Eskol Tiar. (2022). Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Industri Teknologi Komunikasi di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 6(1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cetakan Ke-19 Bandung: CV Alfabeta
The George Lucas Educational Foundation. Edutopia Modules. Diakses 6 Juni 2022, dari Instructional Module Project Based Learning: The George Lucas Educational Foundation. Instructional Mhttp://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php.
Rais, Muh. (2013). Project-Based Learning: Inovasi Pmbelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Makassar: UNM
Rifai, Ahmad Syarif, dkk. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia Kelas Xi Iis Sma Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2).
Wena, Meda. (2015). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporar. Jakarta: Bumi Aksara Grant.
Wibowo, Y., Sutarsih, S. Suratsih, & Widowati, A. (2015). Peningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Merancang Kurikulum Melalui Penerapan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3 No.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).