UPAYA GURU AL-QUR’AN DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA CINTA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK RAUDHATUL ATHFAL RIYADHUSH SHALIHIN BOJONG GEDE BOGOR

Authors

  • Dwi Asrofiani STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Moch Yasyakur STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Wartono Wartono STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8849

Keywords:

Guru Al-Qur’an, Budaya Cinta Al-Qur’an, Usia Dini

Abstract

Guru Al-Qur’an merupakan teladan yang baik bagi peserta didik maupun masyarakat. Memiliki fungsi dan tanggung jawab yang berat. Salah satunya mengajarkan Al-Qur’an sesuai dengan kaedahnya, sesuai dengan tuntunan nabi Muhammad Saw. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan melalui pendekatan deskriptif interpretatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Mengetahui upaya guru Al-Qur’an. 2) Bagaimana faktor pendukung guru Al-Qur’an. 3) Mengetaui faktor penghambat guru Al-Qur’an. 4) Bagaimana solusi faktor penghambat guru Al-Qur’an; dalam menumbuhkan budaya cinta Al-Qur’an pada peserta didik RA Riyadhush Shalihin Bojong Gede Bogor. Upaya guru Al-Qur’an di RA Riyadhush Shalihin tentunya cmemiliki strategi, rutinitas, pembiasaan dan Kerjasama yang baik antara guru dan wali siswa. Sehingga budaya cinta Al-Qur’an ini dapat tertanam dengan baik di dalam hati para peserta didik, dan dapat mengamalkan kandungan dari Al-Qur’an

References

Ahmad, Fadli, D., Maya, R., and Sarifudin. (2018). Upaya Orangtua dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Anak dalam Keluarga. Prosiding Al Hidayah: Pendidikan Agama Islam.

Ar-Ramli, Syauman, M., Adhim, Abdul, S., and Al-Hushain, A. (2021). Nikmatnya Menangis Bersama Al-Qur’an (A. Sungkar & M. Bahri (eds.); 1st ed.). Aqwam.

Chandra, M., Maya, R., and Priyatna, M. (2019). Upaya Guru tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan AL-Qur’an Peserta Didik Kelas XI SMAIT Raudhatul Ulum Cigudeg Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam. STAI Al-Hidayah.

Harahap, Hamidah, L., Sawaluddin, and Nuraini. (2019). Keperibadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8, 135–146.

Kusherdyana, R. (2020). Pengertian Budaya, Lintas Budaya, dan Teori yang Melandasi Lintas Budaya. Pemahaman Lintas Budaya, 1(1), 1–63.

Nikmah, Khoirun, A. (2020). Upaya Orang Tua Hufaz dalam Mendidik Anak Cinta Al-Qur’an di Kelurahan Gunung Terang Kecamatan Langkapura Kota Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nurjaman, T. (2021). Upaya Al- Guru Qur’an Dalam Meningkatkan Keterampilan Baca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII DI SMP Al-Hidayah Bogor. STAI Al-Hidayah.

Pramoko, H., Yasyakur, M., and Wartono. (2020). Upaya Guru Pendidikan Islam Dan Budi Perkerti Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas Vii di Smpit Nurul Fajar Dramaga Kabupaten Bogor. Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam.

Ramayulis, H. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Ramayulis, H. (2019b). Ilmu Pendidikan Islam (R. Jaya (ed.); Lengkung G). Kalam Mulia.

Sakban, Andrian, S., Maya, R., and Priyatna, M. (2019). Peran Mudarris Tahfizh Alquran Dalam Meningkatkan Motivasi Santri Menghafal Alquran Di Pesantren Tahfizh Husnul Khotimah Cipanas. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Asrofiani, D., Yasyakur, M., & Wartono, W. (2025). UPAYA GURU AL-QUR’AN DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA CINTA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK RAUDHATUL ATHFAL RIYADHUSH SHALIHIN BOJONG GEDE BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 5(01), 153–166. https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8849

Citation Check