UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI TINGKAT SMP

Authors

  • Abdul Hamid STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8845

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Penangkalan, Penyelewengan Narkoba

Abstract

Dalam mencegah penyalahgunaan narkoba, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi siswa, karena guru PAI dan Budi Pekerti menjadi harapan yang besar untuk orang tua dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi siswa Kelas VIII SMPN 8 Kota Serang terhadap penyalahgunaan narkoba, untuk mendeskripsikan bentuk upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam mencegah penyalahgunaan narkoba, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam mencegah penyalahgunaan narkoba, dan mendeskripsikan Solusi terhadap faktor penghambat upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam mencegah penyalahgunaan narkoba. Hasil penelitian ini adalah adanya tujuan yang dicapai, keaktifan guru PAI dan Budi Pekerti, memberikan arahan serta motivasi, menyampaikan materi dengan baik, dan melakukan evaluasi. Faktor pendukung yaitu teman yang baik, peran keluarga, memiliki prasarana, program, dan metode pembelajaran yang mendukung, dan memberikan evaluasi. Faktor penghambat yaitu kurangnya sarana, program, kesiapan siswa dan tanggapnya keluarga, pengaruh teman, dan terbatasasnya waktu. Solusinya yaitu penambahan sarana, mentertibkan siswa, meningkatkan program, memberikan pembelajaran secara persuasif dengan media yang disesuaikan, meningkatkan pengawasan, dan menyediakan waktu yang tepat

References

Rahmanto, T. Yuri. (2017). Kepastian Hukum bagi Pengguna Penyalahgunaan Narkotika: Studi Kasus di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Penelitian Hukum, 17 (2).

Ariyanti, V. (2017). Kedudukan Korban Penyalahgunaan Narkotika dalam Hukum Pidana Indonesia dan Hukum Pidana Islam. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 11(2)

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(12).

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(02).

Yasyakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09).

Zuriah, N. (2011). Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Surayain. (2001). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: CV Yrama Widya.

Depdikbud. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ad-Duweisy, M. Abdullah. (2014). Menjadi Guru yang Sukses dan Berpengaru. Surabaya: PT eLBA Fitrah Mandiri Sejahtera.

Subini, N. (2012). Awas Jangan Jadi Guru Karbitan. Jogjakarta: Javalitera.

Usman, M. Uzer. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2012). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sopiah, P. (2009). Stop! Narkoba dari Segala Penjuru (dari Remaja, Orang Tua, Sekolah, Masyarakat Sampai Pemerintah). Bandung: PT Elisa Surya Dwitama.

Gunawan I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Anggito, A. dan Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Hamid, A., Wahidin, U., & Priyatna, M. (2025). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENCEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI TINGKAT SMP. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 5(01), 129–138. https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8845

Citation Check