UPAYA GURU BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH

Authors

  • Akmal Malik STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Wartono Wartono STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8841

Keywords:

Upaya, Guru BTQ, Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang sering terjadi dalam upaya Guru Baca Tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan upaya Guru Baca Tulis Al-Qur’an. (2) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung upaya Guru Baca Tulis Al-Qur’an.(3) Mendeskripsikan faktor-faktor penghambat upaya Guru Baca Tulis Al-Qur’an. (4) Mendeskripsikan solusi faktor-faktor penghambat upaya Guru Baca Tulis Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). Adapun hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (a), upaya guru BTQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yaitu guru tidak lelah memberi motivasi, tugas dan hukuman kepada siswa. (b), faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari mudir pesantren, Kepala Sekolah, guru-guru, dan sarana prasarana yang lengkap. (c), faktor penghambatnya adalah adanya murid yang tidak disiplin, dan adanya guru yang kedapatan tidak menghadiri halaqoh Al-Qur’an (d) solusi dari faktor penghambat adalah dengan cara pemberian hukuman dan motivasi terus-menerus kepada murid, dan teguran dari mudir kepada guru yang enggan disiplin

References

Abdussamad, Z. (2021). Meitodei Peineiliitiian Kualiitatiif (P. Rappana (eid.); Peirtama). CV. Syakiir Meidiia Preiss.

Amal, M. Ii. (2019). Upaya Guru Peindiidiikan Agama Iislam dalam Meiniingkatkan Keimampuan Meimbaca Al-Qur’an Siiswa SMP Muhammadiiyah ParakanTanggeirang Seilatan. 85.

Anggiito, A., & Seitiiawan, J. (2018). Meitodologii Peineiliitiian Kualiitatiif (Ei. D. Leistarii (eid.); Peirtama). CV Jeijak.

Atsarii, M. (2021). Ahlul Qur’an adalah Keiluarga Allah. Pondok Peisantrein Iibnu Abbas As Salafy.

Ghazalii, Ii. (2019). Meimbaca Al-Qur’an Adab dan Keiutamaan (Ii. Kurniiawan (eid.); Ceitakan Pei). Peineirbiit Marja.

Ghazalii, Ii. (2020). Iihya’ ’Ulumuddiin (Ii. Kurniiwan (eid.); Buku Keitiig). Peineirbiit Marja.

Hamiid, A. (2016). Peingantar Studii Al-Qur’an (Eidiisii Peirt). Preinadameidiia Group.

Khadiijah, Ii. (2022). Deifiiniisii Dan Eitiika Profeisii Guru. 11.

Lubiis, A. F. (2021). Peirjalanan Panjang TNIi dalam Meinjaga Neigara Keisatuan Reipubliik dalam Ancaman Teiroriismei (T. Q. Meidiia (eid.); Eidiisii Peirt). Qiiara Meidiia.

Muhsyanur. (2014). Meimbaca (Suatu Keiteirampiilan Beirbahasa Peirspeiktiif) (A. Ei. Subagyo (eid.); Eidiisii Peirt). Bugiineisei Art.

Mukhtar. (2013). Meitodei Praktiis Peineiliitiian Deiskriipsii Kualiitatiif. GP Preiss Group.

Nata, A. (2016). peindiidiikan dalam Peirspeiktiif Al-Qur’an. peineirbiit Keincana.

Normawatii, S., Anwar, S., & Iindramaya, S. (2019). Eitiika dan Profeisii Guru (Peirtama). PT Iindragiirii Dot Com.

Pramoko, H. (2019). Upaya Guru Peindiidiikan Agama dan Budii Peikeirtii dalam Meiniingkatkan Keimampuan Meimbaca Al-Qur’an Siiswa Keilas VIiIi dii SMPIiT Nurul Fajar Dramaga Kabupatein Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. 91.

Praseityo, H. (2019). Upaya Guru Baca Tuliis Al-Qur’an dalam Meingatasii Keisuliitan Baca Tuliis Al-Qur’an Siiswa Keilas VIiIi dii SMP Yapsa Gunung Putrii Kabupatein Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. 78.

Rohayatii, D. (2013). Peiniingkatkan Keimampuan Meingungkapkan Peindapat Meilaluii Teikniik Peilatiihan Siiswa Keilas VIiIiIi SMP Neigeirii Ii Pageilaran Tahun Peilajaran 2011/2012. 75.

Safiitrii, D. (2019). Meinjadii Guru Profeisiional; (S. Anwar (eid.); Peirtama). PT Iindragiirii Dot Com.

Saliim&Syahrum. (2012). Meitodei Peineiliitiian Kualiitatiif (Keieimpat). Ciitapustaka Meidiia.

Sardiiman. (2012). Deifiiniisii Peiniingkatan.

Siiyoto, S., & Sodiik, M. A. (2015). Dasar Meitodologii Peineiliitiian (Ayup (eid.); Peirtama). Liiteirasii Meidiia Publiisheir.

Sya’banii, M. A. Y. (2018). Profeisii Keiguruan Meinjadii Guru yang Reiliigiius dan Beirmartabat (peirtama). Careimeidiia Communiicatiion.

Syariif, M. Z. H., Dutei, H., & Yunus. (2021). Meinguniiveirsakan Peindiidiikan Pluraliismei Agama dalam Ranah Keiiindoneisiiaan (Zulkiiflii (eid.)). Leimbaga Studii Agama dan Masyarakat Aceih (LSAMA).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Malik, A., Maya, R., & Wartono, W. (2025). UPAYA GURU BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 5(01), 105–118. https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8841

Citation Check